, ,

Sop Iga Sapi Berempah

12:37 PM




Makanan yang satu ini adalah kegemaran putri sulung saya Adel. Setiap pulang ke rumah, selalu minta dimasakin sop ini. Sebenernya sih gak cuma Adel aja yang doyan, pap dan saya juga suka. Tapi karena udah setua ini menginjak usia segini, nampaknya makanan-makanan yang kandungan kolesterolnya tinggi kini harus banyak saya kurangi. Meski kandungan kolesterol pada iga sapi 100 mg/ 100 gram, tidak setinggi kandungan kolesterol pada cumi yang mencapai 1170 mg/100 gram dan kuning telur 2000 mg/100 gram, namun iga sapi termasuk dalam daftar makanan berkategori hanya boleh dikonsumsi sesekali.

Sop iga sapi berempah ini cocok sekali dikonsumsi pada kondisi cuaca akhir-akhir ini yang kerap diguyur hujan. Penggunaan rempah-rempah pada sop ini tak hanya membuat sop jadi beraroma dan bercita rasa rempah, tapi juga bermanfaat untuk mencegah flu, mengatasi masuk angin, memperkuat sistem kekebalan tubuh, merangsang sirkulasi darah hingga bermanfaat untuk menghangatkan badan di tengah musim penghujan.

Penggunaan berbagai rempah dalam sop juga membuat rasa amis daging iga jadi hilang. Si bungsu saya, paling gak suka makan sop iga atau sop buntut yang dijual di rumah makan. Alasannya sih katanya karena bentuk dagingnya yang masih kelihatan seperti daging mentah dan juga aroma amis daging pada kuah sop yang masih kentara. Etapi gak disangka dia bisa begitu lahap makan sop iga buatan saya. :)




Oia, sop iga ini saya masak dengan menggunakan Slow Cooker. Hasilnya, selain dagingnya benar-benar empuk, juga memasaknya jadi lebih praktis tanpa harus repot seperti dulu saat saya harus memasaknya menggunakan kompor. Kini, semua bahan tinggal saya siapkan sesaat sebelum tidur malam, nah besok paginya, siapa saja yang lebih dulu bangun, punya tugas untuk memasukkan sayuran segarnya ke dalam sop iga di Slow Cooker. Gampang kan?

Yuk ah, dicoba. Saya harap anda cocok dengan sop iga berempah hasil resep kreasi saya ini. Demikian bahan-bahannya.




Sop Iga Sapi Berempah
resep kreasi saya 

Bahan-bahan :

1 Kg Iga sapi.
3 buah wortel, kupas dan potong-potong.
2 buah kentang, kupas dan potong-potong.
2 batang daun seledri, ikat.
1.5 liter air.
2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus.
garam dan gula secukupnya.

Haluskan :

8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica

Rempah-rempah :

8 cm kulit kayu manis
6 butir cengkih
10 butir kapulaga, geprek
1/2 butir biji pala, geprek
2 buah pekak/bunga lawang/star anise

Cara membuat :

- Rebus iga sapi yang sudah dicuci bersih, sebentar saja. Setelah berubah warna, matikan api, saring dan buang air bekas rebusannya. 

- Tumis bumbu halus hingga harum, disusul masukkan rempah-rempah, tumis sebentar lagi lalu matikan api.

- Masukkan iga yang sudah direbus, bumbu halus yang telah ditumis dan air ke dalam Slow Cooker. Masak dengan settingan Low selama 8 - 9 jam.

- Masukkan kentang, wortel dan seledri,  satu jam sebelum sop iga matang.

- Masukkan garam dan gula. Cicipi rasanya sesuai selera.

- Sajikan hangat bersama rajangan daun bawang, bawang goreng, sambal, perasan jeruk nipis serta emping.




Enjoy! ^_^


You Might Also Like

0 comments