,

Puding Telor Ceplok

5:08 PM



Sering banget lihat puding telor ceplok ini mondar mandir di berbagai blog masakan. Ah, nampaknya lagi musim nih... begitu pikir saya. Ngeliat bentuknya yang unik macam telor ceplok ini lantas bikin saya juga kepengen coba, apalagi kalo dilihat dari resepnya, kok sepertinya gampang yah.... Namun begitu, ada dua hal yang akhirnya menyurutkan keinginan saya untuk mencobanya. Pertama, karena beberapa hari belakangan ini saya lagi dilanda kemalasan yang luar biasa. Kedua, rasanya aneh aja menghidangkan dessert lucu kaya gini untuk disantap saya dan suami, mengingat penghuni rumah hanya ada kami berdua. Lagi pula, sepanjang pengetahuan saya, sepertinya saya dan suami gak perlu dipancing pake makanan yang bentuknya aneh dan menarik kaya begitu untuk membangkitkan selera makan. :))

Tapi ada hal yang akhirnya membuat saya bersemangat untuk mencobanya, yaitu keinginan untuk membuatkan bingkisan bagi anak-anak yatim piatu karena kebeneran hari minggu kemarin di musholla perumahan mengadakan acara santunan untuk anak-anak yatim piatu. Ide untuk memberikan bingkisan bagi mereka ini tercetus begitu aja dalam perjalan berangkat ke kantor di hari sabtu. 

Pada awalnya saya sempat mikir mau bikin apa untuk mereka. Lantas aja saya jadi ingat sama puding telor ceplok ini... wah, pasti menarik nih bagi mereka. Setelah berusaha mengingat-ingat isi lemari persediaan di rumah, pulang kerja langsung saya mampir ke Ingredient buat beli beberapa bahan yang saya gak punya.

Dengan dua tentengan di tangan kiri kanan, saya ternyata musti mampir lagi ke supermarket langganan untuk beli bahan-bahan yang gak tersedia di Ingredient. Keluar dari supermarket, menambah satu tentengan lagi. Tapi rupanya saya juga harus mampir ke toko alat rumah tangga di lantai dua untuk beli plastik goodie bag. Total akhirnya, saya musti menenteng empat kantong belanjaan dan satu tas yang bertengger di bahu. Mana tasnya berat lagi karena kemana-mana saya selalu bawa payung dan sebuah buku. Kebayangkan? ampun deh, rempoooonngg....!

Sampe rumah gak pake istirahat, saya langsung sibuk di dapur. Untuk sementara rasa malas saya singkirkan jauh-jauh. Ada 3 macam makanan kecil yang rencananya akan saya buat untuk bingkisan anak-anak yatim. Dan mengingat saya mengerjakan semuanya sendirian, jadi saya harus bener-bener memanfaatkan waktu agar semua bisa selesai tepat waktu. Saya ambil panci, nimbang bahan, gelas ukur, nyalain kompor dan setting suhu oven. Yes! dapur rumah saya yang belakangan ini hawanya dingin karena kompor jarang nyala, kini jadi menghangat lagi. :)


Yuk, bagi yang mau coba, ini resepnya....




Menurut saya membuat puding ini gampang banget. Meski ada sedikit rasa khawatir karena rata-rata mereka yang pernah buat selalu gagal di puding kuningnya. Entah itu warnanya kuningnya kurang menyerupai warna kuning telur asli, ada yang warnanya jadi kuning pucat, ada juga yang justru warnanya jadi kemerahan, bahkan ada yang puding kuning telurnya hancur ketika dilepaskan dari cetakannya. Tapi syukurlah puding kuning telur yang saya buat warnanya pas dan cantik. Masalah saya cuma satu, yaitu agak kerepotan manasin adonan sisa kuning telurnya agar gak beku karena saya cuma punya dua lusin cetakan untuk mencetak puding kuning telur, sementara saya harus membuat 50 buah. 

Dan inilah hasil puding telor ceplok bikinan saya yang selesai dalam waktu 2 jam. 


Selanjutnya saya membuat cup cake. Nah saat membuat cup cake inilah yang butuh waktu lumayan lama. Menjelang tengah malam, barulah saya benar-benar rampung memanggang, menghias dan memasukkannya ke dalam kotaknya satu persatu. Jangan ditanya badan saya rasanya kaya apa... yang pasti lengket karena belum mandi sejak sore. :P 

Selesai mandi, saya masih kepikiran satu penganan lagi yang harus saya bikin besok. Sambil rebahan di tempat tidur, saya terus menimbang-nimbang sekiranya mau bikin apa yang gak butuh waktu lama pengerjaannya besok. Etapi belum lagi saya dapet ide, tau-tau saya sudah keburu ketiduran saking lelahnya.




Besoknya, pagi-pagi sekali saya sudah mulai ngadonin lagi. Karena waktunya mendesak banget jadi kepikiran mau bikin waffle aja, kan enak tinggal tuang adonan ke dalam cetakan waffle dan biarkan alat yang memanggangnya sementara saya bisa mengemas makanan yang sudah jadi dalam plastik goodie bag.

Tapi rupanya perkiraan saya meleset. Memanggang waffle makan waktu gak sedikit, sekali panggang cuma dapet 2 waffle, eh mana tiba-tiba tukang reparasi pompa dateng mau benerin otomatis pompa yang sudah beberapa hari rusak. Maklum deh, daya listrik di rumah saya cuma 1300 VA, jadi kalo harus pake alat panggang waffle dengan mesin pompa air, udah bisa dipastikan gak bakal kuat. Meminta si tukang pompa ngerjain besok-besok juga gak mungkin karena cuma di hari minggu aja saya ada di rumah. Jadinya saya mengalah.  Saya harus nunggu si tukang pompa selesai ngerjain yang rusak trus kemudian saya bisa lanjut lagi manggangnya. Udah bisa ketebak, ujung-ujungnya hampir menjelang pukul setengah 9, waffle yang terpanggang baru dapat 8 buah. Sementara acara santunan anak yatim akan mulai setengah jam lagi. Trus, gimana yang 42 lagi??!!


Pasrah deh... gak mungkin kekejar kayanya. Akhirnya isi masing-masing goodie bag cuma 2 macam makanan dengan 1 kotak susu kemasan. Itu pun susunya susu jatah Adel yang dia tolak waktu saya bawain saat jenguk dia seminggu yang lalu. Aya, si penyuka susu, tetap ambil jatah susunya dua dus, sementara Adel, dia bilang buat nanti di rumah aja karena tanggal 10 Desember besok mereka sudah libur semesteran. 

Alhamdulillah, acara santunan anak yatimnya berjalan lancar. Semoga bingkisan kecil yang khusus saya buat berkenan bagi mereka semua. :)


You Might Also Like

4 comments

  1. Mbk kotak kardus cupcakenya bagus. Kl beli di toko namanya ap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kotak cupcake ukuran personal, bilang gitu aja mbak Ary...

      Delete
  2. Halo..salam kenal Mba..
    Mau tanya donk, kalo tempat mika seperti itu, belinya dimana ya??

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Inge, salam kenal juga :)

      Saya belinya di toko bahan kue Ingredient di kebon jeruk jakarta barat mbak... Ingredient juga ada di kelapa gading kalo gak salah deh. Atau coba lihat di toko bahan kue Titan mbak, mana tau ada.

      Selamat mencari yaaa...

      Delete