Mix Fruit Shortbread

4:37 PM



Masih sama dengan hari-hari sebelumnya, beberapa hari belakangan ini saya masih didera penyakit malas. Jangan coba-coba cari tau dengan menggugel jenis penyakit saya ini, karena penyakit ini rupanya sukar didiagnosa dokter. Dan sayangnya, belakangan ini penyakit malas saya itu makin parah. Penyakit yang tak kunjung ada obatnya itu akhirnya berdampak juga pada kondisi dapur saya. Bukan, bukan menyebabkan dapur saya gak ngebul, kalo yang itu sih emang dalam rangka saya lagi ngirit karena mau beli berlian.. :) Yang iya, dapur saya yang memang sudah berantakan meski saya sedang rajin sekali pun, kini makin gak sedap dipandang mata saking kemalasan yang menguasai dirikuuu....

Akhirnya hari minggu kemarin, seharian saya bebenah dapur. Trus sekarang udah rapi dong?? Hmm... gak juga sih, karena selama beberes, saya lebih banyak istirahatnya dari pada kerjanya. Dan lagi-lagi saya dengan mudahnya mengkambing hitamkan rasa malas atas berantakannya dapur saya. Hehe...

Belakangan saya heran sendiri, kenapa ya kemalasan yang mendera saya gak menular pada nafsu makan? Apalagi selesai seharian bersih-bersih kemaren, setelah selesai mandi dan rapi jali, trus nongkrong di depan tipi, tiba-tiba terasa ada sesuatu yang kurang... ah iya! saya gak punya cemilan yang biasa saya cemilin. Apalagi siang menjelang sore itu kota saya di guyur hujan, uh! makin kepengen banget makan sesuatu.


Dan di sore yang dingin itu, akhirnya saya mendadak kepengen banget makan cookies alias kue kering dengan segelas susu hangat. Catet yaaa... KEPENGEN MAKAN, BUKAN KEPENGEN BIKIN!. Tapi niat kepengen makan aja gak bakal ngebantu apa-apa. Nunggu natal tiba dengan harapan bisa ikutan nyicipin satu, dua toples di rumah tetangga, kayanya masih terlalu lama. Mau gak mau, saya memang harus tetap membuatnya.

Tak hanya saya, semua orang saya rasa juga paham kalo tantangan terberat bikin kue kering adalah nyetakin dan ngebentukinnya. Dan menyedihkannya, kecepatan makan kue kering selalu berbanding terbalik dengan kecepatan membuatnya. Apalagi kalo kadar rasa males lebih dominan dari pada rajinnya kaya saya begini, udah bisa dipastiin sebelum adonannya habis dibentuk, yang ada saya udah minta dipijitin.


Nah, pas lagi ngebayangin nikmatnya makan setoples kastangel sambil sesekali nelen ludah dan nyekain bibir pake tissu, trus saya baru keingetan kalo dulu almarhum mama saya pernah bikin kue kering yang gak pake dicetak-cetak. Ringkes banget cara buatnya. Adonannya tinggal diratakan pada dasar loyang, lalu beri sukade di atasnya trus dioven deh. Wih, wanginya menebar kemana-mana. Setelah matang, cookies baru dipotong-potong. Oia, cookies ini biasanya mama saya buat beberapa hari menjelang natal untuk kami berikan pada tetangga dan relasi ayah saya yang merayakannya.

Tapi sayangnya saya gak tau apa nama cookies yang sering dibuat mama saya ini. Namanya aja gak tau apalagi resepnya! Yang saya ingat cuma wanginya yang menebar keseluruh penjuru rumah saat kue ini dipanggang serta penghianatan saya saat didelegasikan menyusun kue ke dalam toples.

Buru-buru saya gugel resepnya. Aha! dapat juga akhirnya. Nama kuenya .....Shortbread. Mengapa saya isi titik titik? Titik-titik itu bisa diisi dengan bahan buah-buahan kering yang digunakan dalam cookies. Jika menggunakan kismis, nama kuenya jadi raisin shortbread. Jika menggunakan blueberry kering, namanya jadi blueberry shortbread. Kalo pake cranberry kering, namanya cranberry shortbread. Kalo pake sendal jepit? Yah, sendal jepit pakenya di kaki lah, jeng..... :P


Kebetulan banget saya punya banyak persediaan ceri merah dan hijau yang saya beli berabad-abad yang lampau, jadi bisa dibilang buat cookies ini dalam rangka ngabisin ceri-cerian tersebut. Selain itu saya juga masih punya sedikit buah kiwi kering, kismis sisa oleh-oleh pulang umroh, kacang mede mentah dan kepingan almond. Jadilah saya bikin mix fruit shortbread. :)

Kue kering ini adalah kue asli Scotlandia. Wuih... hebat ya, mama saya jaman dulu aja udah kenal kue beginian. Kue kering ini sangat mengandalkan wangi butter. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan butter dengan kualitas yahud saat membuat kue ini. Tapi saya sendiri cuma punya orchid butter di kulkas. Itu pun udah tinggal separuh. Sisanya saya pake margarin blueband.



Mix Fruit Shortbread

Bahan :
226 gram mentega
1 sdt ekstrak vanilla
120 gram gula halus/gula tepung
325 gram terigu protein sedang
1/2 sdt garam
260 gram mix fruit
1 kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

- Panaskan oven suhu 180'C.
- Olesi tipis loyang dengan mentega.
- Kocok mentega dengan vanilla hingga lembut dan creamy. 
- Lalu tambahkan gula halus, lanjutkan mengocok hingga ringan dan mengembang.
- Di mangkuk lain, campur tepung terigu dengan garam. aduk rata. Lalu masukkan ke kocokan mentega dan kocok kembali hingga membentuk adonan.
- Bagi dua adonan.
- Padatkan sebagian adonan dan ratakan hingga memenuhi dasar loyang. Kemudian taburkan mix fruit di atasnya. Tekan-tekan agar mix fruit menempel di adonan.
- Ambil setengah adonan sisa lalu padatkan lagi di bagian atasnya.
- Olesi seluruh permukaannya dengan kuning telur kemudian buat guratan dengan ujung pisau untuk menandai garis potong. Tak perlu hingga menembus, cukup dipermukaannya saja.
- Panggang selama 30 s.d 40 menit hingga kuning keemasan.
- Dinginkan lalu kemudian potong-potong sesuai garis yang telah ditandai tadi.



Satu resep dapetnya seloyang doang. Sebenarnya dalam resep disarankan untuk menggunakan loyang dengan ukuran 23 x 33 cm. Tapi sayang, kalo saya pake loyang ukuran segitu, sudah bisa dipastikan gak akan bisa masuk ke dalam oven milik saya. Akhirnya saya pake loyang dengan ukuran 25 x 25 cm. Dan sudah bisa ditebak kalo cookies saya jadi tebel-tebel banget. Saat memanggang saya juga khawatir takut gak renyah tengah-tengahnya. Tapi ternyata kekhawatiran saya tak berasalan. Cookies saya renyah pada seluruh bagiannya. Horeee...! :D

Gimana, asyik kan bisa makan kue kering tanpa harus nyetak-nyetak? Nah, makanya silakan dicoba buat sendiri di rumah karena meski dirayu pun saya tetap gak akan mau bagi-bagi. Selain emang cuma dapet segitu-gitunya, rencananya juga setoples saya mau saya abisin sendiri mumpung anak-anak suami saya yang gembul-gembul itu belum pada pulang ke rumah buat liburan. :P




You Might Also Like

0 comments