, ,

Bolu Gulung Ala Meranti

12:12 PM




Kalo ditanya apa yang bikin saya kangen dengan kota Medan? jawaban saya salah satunya adalah ini, Bolu Meranti, tentu saja... selain segudang alasan lain yang terlalu kepanjangan jika saya tuliskan di sini.

Saking sukanya dengan penganan khas Medan ini, kadang saya selalu minta dioleh-olehin Bolu Meranti sama temen yang kebetulan sedang berkunjung ke kota Medan. Kalo gak ada yang ke sana, sementara saya lagi kepengen banget, saya kadang minta dikirimin sama Tata atau Lisa, temen-temen tercinta saya yang memang tinggal di sana. Etapi lama-lama kadang suka rikuh juga kalo keseringan minta dikirimin. Gak enak soalnya, abis mereka sering ngiriminnya cuma satu. *eaa..* Sementara saya aja sekali makan bisa habis beberapa iris sekaligus. :D



Lama-lama saya mikir, wah! gak enak juga nih terus terusan minta dikirimin tiap kali kangen menyantap bolu meranti. Akhirnya saya coba cari cari resep bolu meranti.

Ternyata cara membuatnya cukup mudah dan hasilnya enak! Ini dia resepnya;


Bolu Gulung Ala Meranti
By : Hadi Tuwendi


Bahan-bahan :

Bahan A

6 butir kuning telur
5 butir telur antero
125 gram gula pasir
10 gram emulsifier
20 gram susu bubuk
100 gram tepung terigu
1 gram baking powder
1 sdm air


Bahan B

Cairkan :
100 gram butter
25 gram margarine
1 sdm ekstrak vanila


Bahan isi :

Selai strawberry ~ untuk bolu gulung isi strawberry
Buttercream & keju cheddar parut ~ untuk bolu gulung isi keju



Cara membuat :

- Panaskan oven 180 'C.

- Olesi loyang ukuran 30 x 30cm dengan margarin  hingga rata lalu alasi dasarnya dengan kertas roti, sisihkan. [saya gunakan loyang dengan ukuran 22 x 22cm, jadi dapat dua loyang].

- Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental berjejak.

- Masukkan air, kocok kembali.

- Masukkan sambil diayak campuran tepung terigu, susu bubuk dan baking powder, aduk rata.

- Masukkan bahan B, aduk balik hingga rata dan homogen.

Cara saya ~ Masukkan jadi satu dalam baskom bahan A lalu kocok dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 15 menit hingga kental berjejak. Kemudian masukan bahan B, aduk rata dengan metode kaup balik.

- Tuang ke dalam loyang. Angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan. Tujuannya untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada dalam adonan.

- Panggang selama 20 s.d 30 menit atau tergantung kondisi oven masing-masing.

- Jika telah matang, angkat dan keluarkan dari dalam loyang agar bolu tidak turun. Dinginkan dan siap diberi isi lalu digulung.




Karena dapet dua loyang, jadi satu loyang saya oles pake selai strawberry homemade bikinan saya dulu. Masih inget kan? Yang ini nih! http://dapur48.blogspot.com/2013/10/strawberry-jam-homemade.html  Hebat yah, masih awet dan layak konsumsi, padahal gak pake bahan pengawet sama sekali. *bangga* *eh, abis makan bolu keracunan* 




Sementara bolu kedua saya olesi buttercream dan beri taburan keju parut. Kasih kejunya sedikit aja yaaa... kan biar hemat! *kenyataannya sih karena gak ada stok lagi kecuali sisa keju cheddar abis bikin cake tape tempo hari yang tinggal separuh, dan makin terlihat sedikit karena sebagian besar dimakanin sepanjang sibuk memarut keju* 




Setelah diberi isi dan digulung rapi menggunakan kertas roti, masukkan sebentar bolu gulung ke dalam kulkas agar bolu lebih padat dan gak terbuka gulungannya. Etapi jangan lama-lama ya...cukup 10 menit aja. Setelah itu, bolu gulung ala Meranti siap disajikan. 

Rasanya enaaaakkk... Æª(˘Ú¡˘)ʃ sambil ngunyah potongan kedua, saya aja sampe muji muji diri sendiri karena bisa bikin Bolu Gulung yang rasanya mirip dengan Bolu Gulung yang terkenal itu *plak!*




Secara rasa, Bolu Gulung Meranti kw 1 buatan saya ini bisa dibilang sudah bisa hampir menyamai kelezatan bolu gulung aslinya. Yah, paling enggak menurut lidah saya sendiri lah, suami serta Adel dan Aya. *ehem! pengakuan dibawah ancaman gak dianggap yah!* Gak percaya? Adel dan Aya aja langsung punya pendapat sendiri-sendiri begitu ngerasain sepotong bolu gulung bikinan saya ini. Mereka bilang kalo kepingin lagi bisa berkunjung ke Medan.

Adel [pencinta segala masakan padang] : "Bun, kita ke Medan lagi yuk! Adel suka sama nasi padangnya". akibat diajak makan nasi padang sama om Jul di kota Tebing yang harganya menurut Adel murah untuk ukuran makan berenam. 

Aya [jengkol's lover] : "Aya juga mauuu! Aya pengen ngerasain sate jengkol yang dibilang om Jul" gara gara diceritain tentang sate jengkol yang rasanya top markotop sama om Jul tapi belom sempet nyicipin.

Saya : *prihatin karena harga diri keluarganya yang berkelas dan elegan tercoreng karena ternyata memiliki anak gembul dan pelahap jengkol* (ˇ_ˇ")




Akhir kata, sungguh gak nyangka.... kalo ternyata saya bisa juga bikin Bolu Gulung Meranti meski cuma tiruannya. *ngaca sambil sisiran* (˘⌣˘)



You Might Also Like

2 comments

  1. hahahahah....asli deh vo, kamu dah bisa buka toko kue nihhh....saluuttt sayah!!
    buat adel dan aya..tenangg sayang, ntar kalo kalian ke medan lagi, kita makan jengkol sepuasnya yag..hahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssttttt....! ngomong jengkolnya pelan-pelan keleess...

      Delete