Slow Cooker a.k.a Crock Pot

4:20 PM



Kenalin nih, asisten baru saya. Namanya Slow Cooker. Walaupun tampangnya sekilas mirip Rice Cooker, tapi ini bukanlah penanak nasi. Dan sejak saya beli ini 3 bulan yang lalu, kini saya makin jadi pemalas. Gimana gak, semua urusan memasak sudah dihandle sama asisten baru saya ini, jadi saya tinggal makan begitu masakannya matang. Ah menyenangkan sekali. :)

Sebenarnya Slow Cooker sudah biasa digunakan oleh ibu-ibu di luar negeri. Dan di Indonesia sendiri, Slow Cooker lebih banyak dikenal di kalangan ibu-ibu yang memiliki anak balita yang  menggunakannya untuk membuat MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu).

Dan sesuai namanya, alat masak yang satu ini memasak menggunakan panas dengan suhu rendah untuk memasak. Dan karena menggunakan suhu rendah inilah maka dibutuhkan waktu memasak yang lebih lama dari pada memasak dengan menggunakan peralatan masak konvensional.

Saya yakin begitu saya bilang 'membutuhkan waktu lama untuk memasak' pasti anda langsung berkomentar; "Vo, Vo... di jaman serba cepat dan instan gini kok malah beli alat masak yang proses pematangannya butuh waktu lama?" :D Nah! itu dia. Justru di situ istimewanya.

Banyak keistimewaan memasak menggunakan alat masak yang proses pematangannya butuh waktu lama ini. Tidak seperti ketika memasak dengan suhu tinggi yang nutrisi dan vitaminnya akan banyak hilang ketika dimasak, justru memasak dengan suhu rendah, akan mempertahankan kandungan gizi dalam masakan akan lebih baik. Bahan makanan lebih sedikit kehilangan vitamin dan nutrisi lainnya. Selain itu, kematangan bahan makanan yang dimasak juga lebih merata.

Trus apa senangnya kalo cuma bisa mempertahankan kandungan gizi dalam makanan aja?
Nih ya.... Slow Cooker ini bisa dipake untuk memasak hampir segala macam masakan. Mau masak gudeg? Bisa! Bikin sop buntut, sop iga, semur, rawon bahkan rendang? Ah, itu sih gampang. Apalagi cuma untuk bikin bubur nasi, bubur ketan hitam atau bubur kacang hijau, mudah itu. Bahkan saya juga sudah mencoba membuat Bread Pudding pake Slow Cooker dan rasanya, hmm... so yummy! 


Dan yang paling menyenangkan, masaknya gak perlu pake ditungguin dan tanpa khawatir masakan jadi gosong. Selain itu karena Slow Cooker ini pakai tenaga listrik dengan daya rendah, jadi pemakaian listriknya benar-benar hemat. Seperti Slow Cooker punya saya dengan kapasitas 2.5 liter dan dayanya cuma 100 watt aja. Malah pada sebuah artikel yang pernah saya baca, menggunakan Slow Cooker selama 24 jam sebanding dengan pemakaian oven listrik selama 1 jam. Wow banget kan?! Oia, semakin kecil kapasitas Slow Cookernya, makin kecil juga wattnya. Bahkan beda merk, beda juga daya listriknya. Nah, tinggal anda deh yang menentukan mau memilih merk apa dan kapasitas berapa liter.


Mau makan rawon buat sarapan? Mudah saja. Malam menjelang tidur, saya akan merebus daging yang sudah dipotong-potong dalam panci biasa di atas kompor sebentar saja hingga berubah warna, kemudian daging disaring dan buang bekas rebusannya. Lalu bumbu rawon yang sudah saya haluskan, saya tumis hingga wangi. Setelah itu, berturut2 maukkan dalam Slow Cooker, daging, bumbu rawon dan air. Masak dengan settingan slow. Besok paginyta begitu saya bangun, dapur saya sudah menebar aroma rawon dan saya tinggal memberi garam, gula dan bumbu lainnya. 


Mau menyantap semur daging sepulang kerja? Sama aja caranya. Hanya saja saya memasaknya pagi sebelum saya berangkat kerja. Jadi begitu pulang ke rumah, saya tinggal mandi sore dan menyantap sepiring nasi hangat dengan semur daging bertabur bawang goreng yang wangi. hmm... 


Buat ibu rumah tangga yang males kaya saya, terus terang alat ini berguna banget. Apalagi kalo harus masak masakan yang rumit. Dengan Slow Cooker saya hanya butuh nyiapin masakan malemnya sebelum tidur. Setelah saya setting programnya dengan settingan Low trus saya tinggal tidur deh. Besok paginya, saya tinggal makan. Hehehe... enak kan?.

Jadi gimana, udah mempertimbangkan buat punya Slow Cooker? Alat masak ini recomended banget deh. Bener!. Saya aja rencananya mau beli satu lagi, selain bisa saya warisin buat dua putri saya nanti, juga biar bisa dipake untuk bikin dua macam masakan sekaligus kalo mau menjenguk Adel dan Aya. :) Wuaaahh, makin males aja deh sayaaaahh... ^_^



You Might Also Like

64 comments

  1. beli berapa jeng, aku juga mau beli ah, maklum newmom so(k) sibuk,haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lupa berapa harga pastinya, kurang lebih 350ribuan gitu deh dengan kapasitas 2,5 liter. iya, mbak, punya slow cooker ngebantu banget, apalagi buat new mom dan perempuan perkerja :)

      Delete
  2. mba delva,
    boleh tau yang mba beli, slow cooker merek apa?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Mba, tolong share resep2nya slow cooker nya donk Hehehe. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya sudah pernah posting beberapa masakan yang saya masak menggunakan slow cooker kok, mbak Dian.
      Coba cek disini : http://dapur48.blogspot.com/2014/01/bubur-ayam.html dan
      disini : http://dapur48.blogspot.com/2013/11/sop-iga-sapi-berempah.html
      Memang belum banyak sih, mendatang akan saya perbanyak lagi deh.
      Salam :)

      Delete
  4. Mba Delva, kalau ada resep semur daging nya, mau ya.. Itu liat fotonya pengen nyicip Hehehe.. Makasih

    ReplyDelete
  5. Mba kl pake slow cooker sama pake pressure cooker bagusan mana ya Mba?krn br aja beli pressure cooker biar kl bikin sop buntut cepet empuknya.makasih Mba Delfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya dua duanya bagus kok, mbak... masing masing punya keunggulan sendiri. Daging yang dimasak menggunakan slow cooker dan pressure cooker juga sama empuknya, hanya saja kembali pada kita, ingin memasak dalam waktu singkat atau justru lama. Kalo pressure cooker hanya butuh waktu masak sekejap sementara slow cooker, sesuai dengan namanya, membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. Cuma kelebihan lain dari slow cooker, saya jadi bisa memasak tanpa takut hangus dan juga bisa saya tinggal tidur :P Semoga penjelasan saya membantu ya, mbak. :)

      Delete
  6. Salam mba fauziyah.. mau tanya mba saya baru beli slow cooker 2.5 L trus coba bikin bubur bayi ternyata gosong bawahnya mba.. Mungkin kesalahan saya airnya kurang banyak..terus set di high..krn di petunjuknya kalau masak 5 jam set ke high..padahal saya masak cuma sedikit..

    Apa ada batasan ga mba minimal bikin berapa kalau pake yg 2.5L? Takutnya belinya kegedean..:( Kmren beli yg 2.5 supaya bisa masak masakan lainnya juga.. Mohon bantuannya mba makasi banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Afifah, kemungkinannya ada dua, bisa jadi air yang mbak gunakan untuk memasak bubur terlalu sedikit. Coba deh tambahkan lagi airnya. Atau bisa juga karena bubur yang mbak masak sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama mengingat beras yang dimasak sedikit dan dimasak menggunakan settingan high.

      Jadi meski mbak menggunakan slow cooker ukuran besar, saya rasa gak berpengaruh meski digunakan untuk memasak sedikit makanan.

      Kalo saya sendiri biasanya memasak bubur pada malam hari sebelum tidur dengan settingan low dan bubur sudah matang begitu saya bangun pada esok paginya tanpa berkerak dan gosong bawahnya.

      Demikian, semoga penjelasan saya membantu ya, mbak Afifah... Practice makes perfect :)

      Delete
  7. Dear Mba Fauziyah....
    Posting lagi yah resep-resep slow cookernya...jadi nggak sabar mau praktek nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiipp...mbak Meidi, nanti saya tambah lagi deh resep resep makanan yang menggunakan slow cooker. Oia, makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  8. Mbak, sebentar lagi saya mau mulai mpasi nih. saya jadi tambah kepincut baca ini hihihi. Tapi bingung mau beli yang ukuran berapa. Tadi sih mau yang paling kecil. Setelah baca ini kok jadi pengen yang besar :'( kalau beli ukuran 2,5 l masih bisakah buat mpasi yg porsinya sedikit? Selain 2,5 l, ukuran berapa ya yg bisa buat menu rumahan juga. Asumsi yg makan 2 orang sih.makasihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bis kok mbak membuat bubur dalam porsi sedikit dengan slow cooker ukuran 2,5 liter, bahkan waktu memasaknya jadi bisa lebih singkat.

      Cuma saran saya, beli slow cooker dengan merk yang bagus. Pengalaman saya karena pengen punya 2 slow cooker, akhirnya belum lama saya membeli slow cooker lagi dengan ukuran 1,5 liter merk masp***. Begitu saya pakai untuk membuat semangkuk bubur, hasilnya berkerak tebal dan hangus bagian bawahnya. Mengecewakan deh pokoknya.

      Semoga uraian saya bisa membantu ya, mbak... peluk cium buat si kecil :*

      Delete
  9. Akhirnya ada juga yang menulis ttg crockpot ini hehe salut sebagai pecinta crockpot. Sangat membantu banget dan masakannya mmg lebih harus

    ReplyDelete
  10. Dear mba Fauziah,
    Mba slow cooker akebonno uk 2,5 L besar bgt ya mba?
    Kalo boleh tau beli dmn ya mba? Saya domisili di bali cari gak nemu2 si akebonno.
    Boleh minta email mba Fauziah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi saya slow cooker ukuran 2,5 liter cukup untuk memasak makanan untuk kami sekeluarga mbak Mariana. Saya membelinya di swalayan alat rumah tangga di jakarta barat.

      Email saya : fauziyah.fuad@gmail.com

      Delete
  11. Sy pny info toko besar yg jual slow cooker.. Di Ace Hardware jual merk yili uk 4,5lt 600rb kl uk 3,8lt 900rb (g tau nih hrg kbalik pa gmn) wattnya 380, trus toko mitra 10 jual merk maspion uk 2,5lt dg 180watt hrg 305rb uk 4,5lt 500rb, trus tempst lain di toko perabot rumah kita yg ada di mall ada maspion uk 2,5lt dg 180watt & aneka merk akebono..merk akebono ternyata bnyak pilihan harga krn bagian dlmnya ada yg bkn tanah liat spt pny mbak fauziyah, tp dalamnya ada yg aluminium..jd kl beli merk akebono perhatikan dulu spt apa lapisan dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyaknya infonya, pasti ngebantu banget deh...
      saya malah baru tau kalo ada slow cooker yang panci bagian dalamnya terbuat dari aluminium. Selama ini yang saya tau haya ada dua, yaitu yang terbuat dari keramik seperti slow cooker merk maspion dan yang terbuat dari tembikar seperti pada slow cooker merk Akebono. Dan kabarnya sih, yang terbuat dari tembikar lebih bagus.

      Semoga info ini membantu ya... :))

      Delete
    2. Bedanya tembikar sama keramik apa ya, kekurangan yg 2,5 apa ya.ada otomatis waktunya gak

      Delete
  12. Mau tanya kalo merk takahi bahus ga ya? (Salam kenal unt semua) ☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heater pada slow cooker yang bagus biasanya melingkar sepanjang dinding bagian bawah body slow cooker bukan hanya terletak pada dasar body, sehingga panas yang dihasilkan lebih merata dan tidak meninggalkan kerak makanan pada bagian dasar bowl, jadi bagus banget digunakan untuk memasak bubur hingga tidak lekas berkerak dan gosong pada dasarnya.

      Dan setahu saya merk takahi salah satu slow cooker yang memakai tehnik ini deh, jadi gak heran kalo harganya mahal.

      Salam kenal juga :)

      Delete
  13. Sempat bingung juga perbedaan antara slow cooker dan crock pot, hehe.. Tyt croc pot itu slow cooker, tapi brandnya aja yg "Crock Pot" dan memang sangat terkenal di Amerika sono :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Dewi, crock pot lebih populer di Amerika sono ketimbang slow cooker :))

      Delete
  14. Mom mau tanya kalau slow cooker bisa untuk merenus telur? Kalau pake yg ukuran kecil kurang lebih berapa lama ya? Semoga berkenan membalas makasih mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa mbak Putri. Untuk lama memasaknya saya rasa sama antara slow cooker yang besar dengan yang kecil. Yang membedakan justru banyak sedikitnya telur yang dimasak. Semakin banyak sudah tentu waktu memasaknya agak lebih lama. Mungkin sekitar 5 s.d 6 jam. Dan 10 jam atau lebih untuk merebus telur pindang.
      Smog membantu penjelasan saya ya mbak...

      Delete
  15. Salam mba fauziah, saya ary yg sudah 2th berkecimbung dengan sc buat masak. Saya jg ada 2 sc merk takahi yg kecil bt bubur mpasi anak saya dulu terus kepincut beli lagi merk mas*ion dan kecewa juga. Kalau pake mas*ion kl untuk lauk daging atau ayamnya jadi hambar beda kalau pake sc takahi. Apa sama menurut mba fauzia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos ah, mbak Ary! ternyata kita punya pengalaman yang sama dengan sc merk mas*ion.
      Tapi saya belum pernah coba sc mas*ion untuk memasak daging tau ayam sih mbak karena sudah kecewa duluan waktu dipakai untuk memasak bubur.

      Semarang mas*ion nya saya pake buat manasin sop aja di atas meja. Eia satu lagi.... saya pake buat bikin dulce de leche. Hasilnya gak mengecewakan loh. Ahh....akhirnya si mas*ion ada gunanya juga :))

      Delete
  16. Mba bisa buat ngagetin makanan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak July, bisa mbak untuk menghangatkan makanan berkuah seperti sop. Setting di low aja mbak dan mulai memanaskan 2 jam sebelum makanan dihidangkan. Setelah itu matikan untuk menghindari isi sop lunak.

      Delete
  17. Hi Mba. Saya penggemar SC awalnya krn MPASI sih. Krn di awal yg saya dapat adl Takahi, jadinya dari awal pakai Takahi. Sekarang mau nyoba merk lain dan agak ngelirik Yili krn full clay. Pernah denger2 review ttg Yili ga Mba? Apakah sama dengan Takahi yg sekeliling dinding ikut memanasi? Makasig

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gak bisa jawab mbak karena belum pernah dengar/baca review tentang merk tersebut.

      Delete
  18. Halo Mba fauziah, saya baru aj mau pke sc buat mpasi, minjem ama mertua merk maspion itu ternyata reviewnya jg krg oke ya, mertua jg g dipke karna berkerak dipakenya itu pun dpt hadiah dr org JD gak ada petunjuk pemskaiannya, bs tolong detail g Mba klo ada waktu cara pakenya
    Mksh ya, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Vie,

      Saran saya sih kita harus sering sering ngecek aja ketika membuat bubur menggunakan sc masp*on mbak. Misalnya sejam sekali diaduk aduk buburnya agar tidak berkerak. Dan satu lagi, pastikan waktunya memasaknya tepat. Maksudnya jika membuat bubur cukup dengan waktu 2 jam, nah diusahakan memasaknya benar benar 2 jam agar bubur tidak terlalu lama berada dalam pemanas sc. Memang perlu eksperimen mbak utk mengetahui berapa lama waktu yang tepat yang dibutuhkan untuk membuat bubur. Karena sedikit banyaknya bubur yang dibuat, pasti membutuhkan waktu yang berbeda beda juga.

      Beberapa bulan lalu saya berhasil membuat bubur ketan hitam menggunakan sc masp*ion dengan sedikit kerak. Kok bisa? ya, saya menerapkan trik di atas mbak. Agak repot memang... tapi dari pada sc tersebut dianggurin, kan lebih baik dimanfaatin.

      Demikian mbak saran saya, semoga membantu ya....

      Delete
    2. mau tnya mbak,klu miyako am maspion bagusan mna y merk y

      Delete
    3. Saya belum pernah pakai M*yako mbak Aniar. Untuk M*spion, review nya bisa dibaca pada komentar komentar di atas yaa...

      Delete
  19. Assalamualaikum.pagi mbak fauziah.maaf mau tanya dunia per-SC an.istri saya agak pusing saat buat bubur dengan SC barunya.dia sudah cari resep untuk buat bubur pake SC dr beberapa referensi.sduah di set takarannya.tapi karena masih newbie.dia bingung kenapa buburnya keenceran terus ya.hari pertama mungkin takaranya kelebihan, hari kedua takaran airnya dikurangi.bubur tetep encer (berair banyak) tapi jadi plus ada kerak di bawahnya.tapi setelah didinginkan agak berapa lama.jadi mengental tapi masih encer gt.apa ini normal?mohon infonya?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Mas Gama,

      Kalo boleh tau pakai SC merk apa ya? sebab beda merk SC, beda juga hasil akhirnya. Jika mas baca koment koment di atas, pasti mas tau apa maksudnya beda merk, beda hasil.

      Kemungkinan bubur yang encer karena komposisi air lebih banyak dari pada beras. Coba dikurangi lagi mas, penggunaan airnya.

      Biasanya bubur yang saya buat dengan reses http://dapur48.blogspot.co.id/2014/01/bubur-ayam.html menghasilkan bubur yang kental cendrung padat. Dan tidak berair meskipun bubur sudah dingin.

      Semoga jawaban ini membantu ya mas. Salam untuk istri dan si kecil.

      Delete
  20. Halo mba slmt pagi,
    Reviewnya membantu sekali, krn sy mau beli slow cooker untuk masakan di rumah. Mba, merk akebono py mba ini, bisa dipake diatas api kompor? Trus, kapasitas 2,5 liter, mksdnya kapasitas akhir kan ya mba?
    Soalnya kapasitas rice cooker, itu kapasitas beras mentah sepertinya.
    Mohon pencerahannya mba, ..
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk digunakan di atas kompor gak disarankan ya mbak...
      iya, itu kapasitasnya muat untuk 2,5 liter air mbak di pancinya.
      senang bisa berbagi dengan mbak.

      Delete
  21. Mba, tembikarnya akebono nisa dipakai untuk masak langsung diatas kompor tidk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. digunakan seperti panci ya mbak? sebaiknya tidak mbak... karena sering kali kita menumis bumbu di dalam panci kemudian setelah bumbu matang dituangkan air ke dalamnya. nah kalo penggunaan seperti diatas dikawatirkan tembikar bisa pecah karena perubahan suhu dari panas ke suhu runa dalam waktu singkat.
      demikian yang saya tau mbak.

      Delete
  22. Ikutan nyimak ya mba.. jg lg milih2 sc.. sedih kmrn crockpot nya ga kebawa.. ga bs dipake di sini katanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak Indri...senang bisa berbagi.
      Crockpotnya dari luar negeri ya mbak? Katanya barang elektronik dari luar bisa dipake di indonesia hanya saja harus menggunakan stabilizer karena voltase di negara kita berbeda dengan negara asal barang. Saya sendiri mau buktikan mbak, sedang beli mesin potong kain yang saat ini sudah 2 bulan dalam pengiriman. Semoga bisa digunakan di Indonesia negara tercintaaahh... :)

      Delete
    2. Bu Fauziyah or Ibu Indri.. saya lagi cari crock pot di jakarta ada yg jual gak ? Dibantu infonya.

      Terima kasih

      Delete
  23. Lagi cari crock pot.. dijakarta yg jual dimna ya ?

    Mohon infonya.

    Thanks,
    Rully
    081513253244

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas Rully baru reply...
      Sekarang Crock pot sudah banyak dijual di toko peralatan rumah tangga kok Mas. Mungkin Crock pot kurang popular Mas di Indonesia, coba ketika hunting bilangnya Slow Cooker gitu...
      Di Electronic City ada kok. Tapi kalo saya beli di supermarket alat rumah tangga JAMESON di Meruya, Kebun Jeruk. Jika dekat boleh dibeli di situ.

      Delete
  24. Mba,,mungkin pernah ad pengalaman dg sc merk iq baby yg 2 tembikar??pengen beli tp takut mengecewakan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah tau merk itu mbak, maaf... jadi gak bisa ngasih pendapat deh :)

      Delete
  25. Terimakasih sdh berbagi pengalamanx Bu.. sya mw tax jg ni.. klo manasin kuah sop pke Slow Cooker (mi*ako) emang kuahx ga sampe mendidih ya?? Atw kira2 butuh waktu brp lama sampe mendidihx??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuahnya gak mendidih mbak tapi tétap bisa buat manasin. Lamanya? kira kira 30 menit kalo pake program high.

      Delete
  26. Replies
    1. udah lama gak ada resep baru ya? hehehe lagi punya hobi baru soalnya. InshaAllah ya mbak, segera saya nulis blog lagi. Doakan dan salam kenal :*

      Delete
  27. punya saya miyako, kok yg high ga bisa nyala ya lampunya?
    kalau saya pakai low lama banget banget donk ya bund??? mau buat MPASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harusnya nyala lampunya mbak... diservice gih!
      kalo pake low, masaknya malam mbak.... jadi bisa ditinggal bobo deh :)
      salam kenal mbak dan sun gemes buat si kecil :*

      Delete
  28. Wahh stlh nemu blog mbak sy jdi makin bingung mau pake slow cooker merk apa. Sy newbie mom mbak, anak sy bntr lgi usia 8 bulan. Sebaikny slow cooker bagi pemula apa y mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking lama saya balesnnya, sekarang baby nya udah jalan 10 bulan ya mbak? :)

      pake sc merk apa aja bisa kok mbak, gak ada sc khusus utk pemula atau mahir. cuma saran saya beli yang bagus aja sekalian biar awet dan gak kecewa.

      salam kenal dan peluk cium buat baby nya :*

      Delete
  29. Hai mba sudah adakah review sc merk kris dari krisbow adanya di ace hardware sedang menimbang2 ingin beli sc yg terjangkau karna adik ipar punya merk maspi*n dia bilang juga ga enak pakai itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya belén pernah pakai merk krisbow mbak jadi gak bisa review nya deh, maaf ya..

      Delete
  30. mba.. mau tanya kalo akebonno itu pemanasnya di sekeliling apa hanya di dasar aja ya. lg bingung mau beli akebonno apa masp***. makasih

    ReplyDelete
  31. mba.. mau tanya kalo akebonno ini heater nya di sekeliling atau di dasarnya aja ya?

    trus kalo 1.5 liter kekecilan ga ya kalau untuk buat bubur atau makan keluarga kecil?

    ReplyDelete
  32. Assalamu alaikum mbak. Sy bru rncana mau beli sc tuk mpasi anak2. Merk baby safe. Yh multifunction 10 in 1. Bgs gk yah?

    ReplyDelete