, ,

Pisang Goreng Keju Wijen

11:00 AM



Sudah beberapa hari ini kota saya diguyur hujan. Sepertinya Jakarta mulai memasuki musim penghujan karena hampir setiap sore menjelang jam pulang kantor, hujan turun dengan deras.

Barangkali, hujan yang turunnya sering berbarengan dengan jam pulang kantor itu, agak menyusahkan sebagian orang. Gimana gak, sudah bisa dipastikan para pejalan kaki harus menepi bahkan memperlambat jam pulang kantornya karena harus menunggu hingga hujan reda. Sementara itu, jalanan pasti jadi macet dimana-mana karena genangan air di beberapa ruas jalan membuat para pengendara mobil dan motor harus berjalan pelan demi menghindarinya. 

Tapi gak bagi saya. Justru saya suka berjalan dibawah guyuran hujan menggunakan payung. (tapi gak pake petir dan gledek ya, kalo itu sih saya ngeri). Bisa merasakan tetesan air hujan yang membasahi kaki hingga ujung celana panjang saya, menghirupi dalam-dalam udara dingin yang dibawa hujan serta mendengar gemericik hujan yang jatuh pada permukaan payung di atas kepala saya, bagi saya itu punya keistimewaan tersendiri.

Namun dengan kondisi sebagian tubuh yang basah dan harus terpapar suhu dingin yang agak lama karena harus bermacet-macetan di jalanan, mendadak jadi pengen bikin sesuatu yang enak dan hangat buat mengusir rasa dingin setiba di rumah nanti. Menyantap pisang goreng hangat dengan secangkir teh madu yang diberi sedikit perasan air jeruk lemon ditemani sebuah novel yang beberapa bab lagi rampung sambil mendengar nyanyian gerimis di sore hari, wih, mantap kali ya!  

Lantas aja saya jadi teringat kalo masih punya sesisir pisang raja yang baru saya pakai beberapa buah untuk bread pudding seminggu yang lalu. Setiba di rumah saya langsung cek sisa pisang raja yang saya simpan dalam kulkas. Kondisi pisang masih bagus meski bagian warna kulit luarnya sudah berubah rada kecoklatan. Tapi jangan khawatir, sepanjang bagian dalam pisang masih utuh, padat dan tidak benyek, pisang masih bisa digunakan. Justru rasa pisang akan jadi semakin manis karena kondisinya yang makin matang. Usai mandi, saya pun langsung mengolah pisang raja menjadi pisang goreng.

Sengaja saya mengolah pisang hanya menjadi pisang goreng karena saya memang butuh penganan yang gak pake waktu lama proses pembuatannya. Tapi saya juga gak mau jika rasa pisang goreng saya biasa aja. Kalo memang biasa aja, mending tadi saya mampir beli pisang goreng di pinggir jalan pas perjalan pulang, iya gak?

Nah, rupanya saya masih punya persediaan 2 pak keju cheddar slice isi 6 dari 3 pak yang saya beli sebulan lalu di sebuah supermarket saat turun harga. Akhirnya saya tambahkan potongan keju lembaran ini diantara irisan-irisan pisang. Hmm... penambahan keju kok rasanya masih kurang istimewa yah! Lagi, saya ngecek lemari persediaan di dapur. Ah, ternyata saya menemukan sebungkus wijen putih yang saya beli di ingredient tiga bulan yang lalu, waktu itu sih niatnya beli buat ditaburin di atas roti burger bun. Etapi rupanya rencana bikin burger bun belum kesampean sampe sekarang. Ya sudahlah, mending saya pake dulu buat ditambahin ke dalam adonan pisang goreng. Wuih! pasti tambah yummy...




Pisang Goreng Keju Wijen


Bahan:

6 buah pisang raja, diiris putus dan tata berjajar.
6 lembar keju cheddar slice, bagi dua dan sisipkan diantara irisan-irisan pisang.
minyak untuk menggoreng. 

Bahan adonan pencelup :

150 gram tepung terigu protein sedang 
20 gram maizena 
25 gram gula tepung 
1/4 sdt garam 
1 sdt baking powder 
225 ml air es 
2 sdm wijen putih
1 sdm minyak goreng 

Cara membuat :

Campur tepung terigu, maizena, gula tepung, garam, dan baking powder, aduk rata.
Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan wijen dan minyak goreng. Aduk rata.
Celup pisang ke dalam larutan tepung.
Goreng dalam minyak banyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan dan matang.
Sajikan hangat.




Gak salah dugaan saya, penambahan wijen dalam adonan pisang goreng membuat rasa tepung menjadi makin gurih. Belum lagi rasa keju yang berpadu dengan manisnya pisang dalam tiap gigitan makin menambah lezat rasa pisang goreng yang lantas saya namakan bukan pisang goreng biasa ini. :D

Dan ternyata benar! Suhu dingin serta kondisi perut lapar, sungguh nikmat sekali bisa menyantap beberapa potong pisang goreng keju berwijen serta ditemani secangkir teh hangat di sore berhujan ini. Lezat, bergizi tinggi dan mengenyangkan. Mantap! ^_^

You Might Also Like

0 comments