,

lapis legit prunes

4:06 PM



Barangkali,  saya ini adalah tipe-tipe orang yang gak tabah kala bersinggungan dengan kegagalan. Seperti beberapa waktu yang lalu misalnya, saat saya dengan penuh percaya diri nekat nyoba bikin Lapis Legit, dan hasilnya.... gagal! Semenjak itu, lamaaaaa banget saya gak mau bikin lagi. Ceritanya sih kapok gitu. Hehe... 

Tapi kalo boleh saya dibilang, kejadian kemaren itu bukan gagal sih, cuma gara-gara saya maen seenaknya ganti jenis tepung yang digunakan dalam resep, itu aja. Tepung yang digunakan dalam resep adalah tepung Hongkong. Padahal jelas-jelas dalam resep disebutkan jika penggunaan tepung Hongkong bisa diganti dengan tepung terigu biasa, cumaaa... karena saya pengen hasilnya perfect maka saya bela-belain lah nyari itu tepung Hongkong.


Setelah cari kemana-mana, **hehe.. cuma dua tempat ding :)** mulai dari supermarket yang biasa tempat saya belanja sampe toko bahan kue langganan saya, hasilnya tetep nihil. Jawaban mereka sama, baru dengar yang namanya tepung hongkong. Gak aneh sih kalo mereka bilang belom pernah denger, karena kebeneran resep yang saya mau uji coba ini adalah resep yang saya ambil dari blog milik negara tetangga sebelah. Namanya aja Lapis Malaka bukan Lapis Legit seperti yang kita kenal di Indonesia. Bisa jadi tepung Hongkong gak populer di negara kita.

"Tapi kalo tepung Teng mien ada, bu..." kata embak-embak yang melayani saya di In.gre.dient.  Saya mikir sebentar. Ah, kali aja tepung Hongkong itu sebenernya tepung Teng mien. Di negara jiran barangkali tepung tersebut dikenal dengan nama tepung Hongkong, tapi di Indonesia mungkin namanya tepung Teng mien. Kan dari namanya kedengeran kaya bahasa kantonis gitu. Bahasa yang digunakan di negara Hongkong. Wuih! sungguh kesimpulan yang cerdas kan? makanya saya lantas bilang "saya ambil dua ya, mbak!"

Rupanya hasil akhir Lapis Malaka yang saya buat bentuknya padat, keras dan gak mengembang sama sekali. Setelah saya cari-cari informasi di google, rupanya antara tepung Teng mien dengan tepung Hongkong berbeda. Tepung Teng mien biasa digunakan untuk membuat adonan bakpao. Yasalaaaamm....

Tapi dengan bangga saya bilang jika Lapis Malaka gagal saya akhirnya habis juga disantap sama om, tante, dan adik-adik. **ya terang aja, saya suguhin buat buka puasa :D** Trus dapet pujian dari ibu mertua; "Tetep enak kok walaupun gagal". Cieeee....  


Setelah sekian lama, akhirnya saya mulai berani untuk memcobanya lagi. Kali ini yang saya buat bener-bener Lapis Legit nya Indonesia pake resepnya Ny. Liem yang udah terkenal itu. Proses buatnya sama dengan Lapis Malaka, dibakar selapis demi selapis. Bedanya, pada Lapis Malaka bahan-bahan yang digunakan banyak macamnya sementara pada Lapis Legit bahannya hanya terdiri dari gula pasir, mentega, terigu, susu dan telur. Jangan kapok ya, trus batal nyoba bikinnya begitu liat telur yang digunakan untuk seloyang Lapis Legit! :) 

Berikut resepnya.



Lapis Legit Prunes
by : Ny. Liem
source : lynaracakes. blogspot.com


Bahan:

A.
 25 butir Kuning Telor
180 gram Gula Halus
1/2 sdt vanili bubuk

B.
250 gram Mentega
100 gram Margarine
   2 sdm Susu Kental Manis

C.
33 gram Tepung Terigu
10 gram Susu Bubuk
  1 sdt bumbu spekuk



Cara Membuat:

1. Kocok Bahan B sampai lembut & putih, sisihkan.

2. Ayak bahan C jadi satu, sisihkan.

3. Kocok Bahan A sampai naik & kental. Masukkan bahan B, kocok rata. Masukkan bahan C, aduk rata dengan spatula.

4. Tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti & dioles mentega. Gunakan loyang kotak ukuran 18x18x4cm.

5. Oven dengan menggunakan api bawah selama 10 menit dengan suhu 170'C.

6. Angkat dari oven, tekan2 permukaan cake dengan alat khusus penekan lapis legit, kemudian tuangi lagi dengan 1 sendok sayur adonan cake ke atas lapisan pertama, ratakan. Panggang dengan api atas selama 10 menit. Lakukan sampai adonan habis, setiap lapisan ketiga beri manisan buah prunes.

7. Terakhir, panggang dengan api bawah selama 10 menit.




Setelah hampir 2 jam duduk anteng di depan oven buat ngelapis, hasilnya sama sekali gak mengecewakan. Lapis Legit percobaan kedua saya sukses! Empuk, gurih dan aroma spekuknya menebar wangi kemana-mana. Mantab. Pokoknya bener-bener legit deh. :) 

Sekarang saya jadi ngerti deh, kenapa seloyang Lapis Legit yang dijual di bakery bisa dihargai hingga hampir setengah juta.

Ah, seandai saya benar-benar bisa membaginya pada anda...





You Might Also Like

0 comments