, ,

Bolu Sakura

7:00 AM



Boleh dibilang jika ini adalah postingan telat. Karena kalo ada yang mendadak ngiler begitu liat foto-foto bolu ini trus mau nyicipin satu, maaf! kue ini udah habis dua minggu yang lalu. :D
Tapi kalo ada yang nanya, gimana rasanya? Wuih! dengan mantap pasti saya bilang enyaaaakk...!!

Siapa sih yang gak kenal kue yang satu ini, kue yang selalu mengingatkan saya ketika diajak nemenin mama arisan. Kue ini biasanya ada sebagai salah satu makanan kecil yang disajikan dalam acara tersebut. Kue jadul ini menurut saya istimewa karena rasa bolu yang pematangannya diproses dengan cara dikukus ini berbeda dengan rasa bolu kukus pada umumnya yang rasanya hanya manis saja. Namun di bolu sakura ini ada rasa karamel yang membuatnya berbeda dengan yang lain.

Gak pake banyak prolog, mari dilihat resepnya.


Bolu Sakura
Source : Dapurnya Rina
Hasil : 50 buah

Bahan :

500 gr gula pasir
500 ml air matang
220 ml telur ayam (4 butir telur ukuran sedang)
100 mentega, lelehkan

Ayak :

450 gr terigu gluten sedang
1 sdm baking powder
1 sdm soda kue



Cara Membuat :

1. Siapkan cetakan bolu sakura, semir dengan mentega hingga rata. Sisihkan. 

2. Masak 250 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air dan jangan diaduk! [saya pakai air panas agar karamel tidak nyiprat kemana-mana saat dituangi air] Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan.

3. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata. Saat ini adonan akan terlihat encer banget tapi gak perlu khawatir.

4. Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan mentega cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.




Selamat mencobanya di rumah, and happy cooking ya! ^_^





You Might Also Like

0 comments