, ,

talam ubi

12:31 PM



Kue tradisional kedua yang saya coba semalam adalah kue talam. Talam merupakan kue tradisional yang dikukus. Pada awalnya bahan baku kue talam adalah ubi, namun seiring waktu kue talam banyak mengalami variasi. Berbagai jenis umbi-umbian bisa digunakan sebagai bahan utama kue talam. Bahkan tak hanya umbi-umbian, bahan baku lain juga banyak digunakan untuk membuat kue ini, sehingga kita bisa temui ada talam durian, talam nangka, talam ebi dan lain sebagainya. Meski begitu, tetap saja bahan baku utama pembuatan kue talam adalah campuran santan dan tepung beras.

Dan tak hanya populer di Indonesia, di negeri jiran pun kue talam banyak dikenal dengan nama kuih talam. Bahkan dari sumber yang saya baca, kuih talam dipromosikan oleh Kementrian Pariwisata Malaysia sebagai makanan khas Malaysia yang dijual di salah satu pusat perbelanjaan Bukit Bintang, Kuala Lumpur. Nah, akan tetapi, tugas saya disini bukan untuk mengklaim siapa yang paling berhak atas kue talam. Yang jelas, sepengetahuan saya kue talam merupakan kue yang berciri khas Melayu. Sementara itu, baik Indonesia maupun Malaysia merupakan masyarakat yang berumpun Melayu, sehingga tak heran jika kita sama-sama mewarisi kue talam ini.

Well, saya mengadaptasi resep kue talam ini dari blog beelittlefood, namun penggunaan labu kuning sebagai bahan dasar pembuatan kue talam dalam resepnya saya ganti dengan menggunakan ubi merah karena kebetulan sekali saya masih punya stok ubi merah di kulkas.


Kue Talam Ubi
Source : beelittlefood


Bahan Bagian Dasar (adonan ubi)


180 gram labu kuning, kukus lalu dihaluskan [saya menggunakan ubi merah]
200 ml santan kental
50 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka [saya menggunakan tepung sagu tani]
90 gram gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt garam
Minyak goreng untuk mengoles.

Bahan Bagian Atas (adonan atas)

180 ml santan kental
40 gram tepung beras
1/2 sdt garam


Cara Membuat Bagian Dasar (adonan ubi) :

Campur jadi satu labu kuning, santan, tepung beras, tapioka, gula pasir, telur dan garam dalam blender/foodprocessor. Proses hingga adonan lembut, lalu sisihkan.




Cara Membuat Bdonan Atas (adonan santan) :

Dalam baskom, campur jadi satu santan, tepung beras dan garam. Aduk rata hingga tercampur.



Penyelesaian :

- Tuang adonan dalam loyang kue talam (cucing) yang sebelumnya telah diolesi minyak goreng, hingga 2/3 penuh.
- Kukus selama 10 menit dalam kukusan yang telah dipanasi terlebih dahulu. Jangan lupa bungkus tutup kukusan menggunakan serbet agar uap air pada tutup tidak jatuh mengenai kue.
- Setelah matang, kemudian tuangkan lapisan atasnya dengan adonan santan hingga penuh dan kukus kembali selama 5 menit.
- Setelah matang, angkat dari kukusan lalu dinginkan.
- Keluarkan kue talam dari cetakan lalu sajikan.


Kunci dasar dalam pembuatan kue ini adalah ada pada tehnik pengukusan. Gunakan api yang kecil hingga adonan ubi tidak menggembung ketika dikukus. Begitu juga saat mengukus adonan santan, gunakan juga api kecil.



Oia, dikarenakan kue talam ini berbahan dasar santan, maka kue ini hanya bisa bertahan selama satu hari saja. Dan hindari menyimpannya di tempat yang panas hingga talam cendrumg 'berkeringat'. Meletakkannya pada tempat yang sejuk dan wadah yang tertutup, setidaknya bisa sedikit memperpanjang usia kue talam.

Tertarik mencoba dan ingin juga merasakan legitnya kue talam? Yuk, coba sendiri di rumah!

You Might Also Like

0 comments