,

bolu kukus polkadot

3:20 PM




Aliya, si bungsu saya sakit. Setelah saya jemput dari asramanya dan saya bawa ke dokter, Aliya disarankan untuk istirahat beberapa hari di rumah. Sepulang kantor sejak hari pertama Aliya di rumah, saya mendapati beberapa bungkus kosong bekas makanan ringan tergeletak di atas meja makan. Wah, pasti sesiangan tadi Aliya iseng kepengen ngemil, begitu pikir saya. Kasihan juga ngebayanginnya. Malamnya, saya lantas menimbang-nimbang makan apa yang bisa saya buatkan untuk Aliya. Tapi yang jelas harus dengan bahan sederhana dan simpel buatnya. Akhirnya terdamparlah saya pada kue ini. Di blog aslinya kue ini bernama apam dot dot, lalu dengan kurang ajarnya saya mengganti judulnya dengan bolu kukus polkadot yang menurut saya mempunyai arti yang sama. Semoga saya dimaafkan.



Bolu kukus polkadot ini sebenarnya sama saja dengan bolu kukus merekah yang pernah saya buat kemarin. Yang membedakan, kue yang satu ini tidak menggunakan air bersoda agar permukaan kue tidak merekah sebagaimana layaknya bolu kukus. Telur yang digunakan juga berbeda, yaitu menggunakan telur yang benar-benar baru keluar dari kulkas. Maksudnya tentu saja agar si bolu 'dipaksa' mingkem. Tapi jangan coba-coba menggunakan telur yang baru keluar dari kulkas ketika membuat bolu kukus merekah ya! bisa-bisa si bolu kukus ngambek dan gak mau ketawa ngakak.


Oia, satu lagi yang membedakan bolu kukus merekah dengan bolu kukus polkadot ini, yaitu ada di tehnik pengukusannya. Gunakan selalu api yang kecil saat mengukus.

Udah, segitu aja tips-tipsnya agar bolu kukus polkadotnya bisa cantik manis kaya saya. (˘▽˘┐)

Yuk, mari disimak resepnya biar bisa dipraktekin di rumah.



Bolu Kukus Polkadot
Source : azlitamasammanis

Bahan :

3 butir telur (dari dalam lemari)
275 gram tepung terigu
210 gram gula halus
150 gram susu cair
3 sdt baking powder
1 sdt ovalette
1 sdt vanilli ekstrak
Filling blueberry secukupnya.

Cara :

- Masukkan semua bahan dalam mangkuk, lalu mikser dengan kecepatan maksimum selama 6 s.d 8 menit.

- Bagi adonan dalam beberapa warna.

- Isikan dalam loyang bolu kukus yang telah dialasi dengan papercup hingga 1/2 penuh, lalu isikan selai blueberry di tengah adonan, kemudian tutup lagi dengan adonan bolu kukus hingga 3/4 penuh.

- Lalu hias permukaannya dengan adonan tak berwarna dengan bentuk bulat-bulat hingga nampak seperti pola polkadot pada permukaan kue.

- Kukus dalam kukusan yang telah dipanaskan lebih dahulu dengan api kecil saja selama 10 hingga 15 menit.




- Setelah matang, angkat dan dinginkan.




You Might Also Like

0 comments