black and white russian cake

8:11 PM


Si sulung saya ulang tahun. Tapi menjelang Adel ultah, badan ini rasanya remuk redam. Seminggu penuh istirahat cuma sebentar. Pertama-tama, seperti biasa hari minggu harus ke asrama negok anak-anak. Eh, hari senin siangnya, ada telepon dari asrama yang ngabarin kalo Aya pingsan dan saat ini ada di ruang kesehatan asrama. Akhirnya senin sore sepulang kerja saya berdua suami langsung berangkat untuk melihat kondisi di bungsu. Setelah mendapat izin dari bagian pengasuhan, akhirnya Aya bisa saya bawa pulang. Dari asrama langsung ke rumah sakit, yah sekedar make sure aja kalo Aya memang gak kenapa-napa. Rupanya bener, tekanan darahnya rendah.

Dua hari Aya istirahat di rumah. Otomatis saya harus masak pagi-pagi untuk Aya sebelum berangkat ngantor. Sorenya bikin cemilan buat Aya. Hari ketiga, saya dan Aya balik lagi ke dokter untuk memeriksakan lagi kesehatan Aya. Diberi surat istirahat selama tiga hari lagi oleh dokter. Itu artinya Aya harus kembali ke asrama hari sabtu.Wah kebeneran banget kalo gitu. Saya bareng suami udah niat banget bakal mundur sehari saat ngembaliin Aya. Itu berarti jatuhnya pada hari minggu, hehe... niatnya sekalian mau nengok Adel karena tiga hari kemaren barusan ulang tahun.

Bener kata orang tua, kalo segala niat yang jelek pasti gak bakal diretui. Dalam perjalanan pulang dari dokter, Aya bilang kalo peraturan sekarang, jika ingin memperpanjang izin harus datang langsung ke bagian pengasuhan di asrama sambil bawa surat keterangan dokter tersebut. Gak lagi bisa difax atau pun hanya via telepon seperti yang sudah-sudah. Barangkali pihak sekolah udah paham banget sama tipu-tipu gaya saya begini ya, hehe... sampe akhirnya bikin peraturan yang lebih ketat lagi.

Iseng-iseng saya tanya ke Aya, gimana kalo saya tetap mengantarkan dia hari minggu tanpa memperpanjang izin pulang. "Paling Aya dapet hukuman hapalan lagi dan dapat peringatan pertama, nanti kalo terulang kedua kali, akan dikembalikan ke orang tuanya masing-masing, gitu bun..." Denger begitu lantas saya garuk-garuk kepala sambil adu pandang sama suami.

Akhirnya mau gak mau hari rabu suami nyempatin diri ke asrama buat ngurus perpanjangan izin Aya. Diizinin sih.... tapi dengan syarat harus balik ke asrama hari sabtu titik. Dan gak cuma itu, saat balik nanti harus bawa surat diagnosa dokter atas sakinya Aya. Ya salaaaammm....

Sabtu pagi, suami nganter Aya kembali ke asrama, saya gak ikut karena harus kerja. Tapi pulang kerja saya harus mampir ke supermarket untuk beli beberapa keperluan yang saya perluin buat masak untuk hari minggu.

Sesorean sampe malem saya uplek di dapur. Masak semua yang rencananya mau saya bawa untuk Adel. Kepengennya sih gak bikin apa-apa buat ultahnya Adel, tapi masa sih saya setega itu. Wong anak orang lain ultah aja saya bela-belain bikin cake ultahnya ampe nyaris jam 2 pagi, lah ini pas anak sendiri ulang tahun masa mau dianggurin.

Sempet bingung mau bikin cake apa. Kue ulang tahun bertema kartun kaya'nya udah gak cocok lagi buat Adel. Belakangan saya pilih Black and White Russian Cake. Rasanya nyoklat banget karena cake dasarnya dicoating pake ganache yang seluruhnya terbuat dari dark cooking chocolate dan white chocolate. Base cakenya juga saya pake cake dasar coklat yang moist banget. Hmm...*ngebayangin sambil ngences*



Black and White Russian Cake

Source : azlitamasammanis dan sedikit modifikasi saya :)

Cake Dasar Coklat

Bahan A
300 gram tepung terigu
100 gram coklat bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue

Bahan B
3 butir telur
400 gram gula kastor
1 sdt esens vanilla

Bahan C
250 ml susu cair
250 ml minyak jagung
2 sdm susu kental manis

Bahan D
250 ml air panas


Cara membuat :

- Mikser semua bahan B hingga kental dan putih dengan kecepatan maksimum.
- Masukkan minyak, susu cair dan 2 sdm susu kental manis, kocok hingga tercampur rata.
- Kemudian masukkan bahan A yang sebelumnya telah diayak sebelumnya sedikit demi sedikit dan aduk dengan tehnik aduk balik.
- Tambahkan air panas, aduk rata.
- Setelah rata, tuang adonan dalam loyang bulat atau segi empat ukuran 8 inchi yang telah diolesi mentega dan dialasi dengan kertas roti.
- Bakar adonan dalam oven yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170'C selama 60 s.d 90 menit sesuai oven masing-masing. Lalukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan kue.
- Dinginkan cake.




Chocolate Ganache

Untuk Filling dan olesan 

Bahan Ganache Coklat :
250 gram dark cooking chocolate
100 gram whipped cream
50 gram unsalted butter.

Bahan Ganache Coklat Putih :
250 gram white cooking chocolate
100 gram whippd cream
50 gram unsalted butter.

Cara membuat :

- Panaskan whipped cream dengan api kecil, cukup hingga berbuih-buih kecil pada pinggiran panci. Matikan api.
- Segera masukkan coklat yang telah dipotong-potong kecil, masukkan juga butter lalu aduk rata.
- Dinginkan dalam kulkas kurang lebih 6 jam. Keluarkan lalu diamkan hingga agak lunak kemudian kocok dengan mikser sampai lembut dan ringan.
- Masukkan dalam piping bag.

Lalukan hal yang sama dengan coklat putih.


Penyelesaian :

- Belah dua cake yang telah dingin. 
- Semprotkan ganache coklat dan ganache coklat putih di atas cake yang dasar secara menyerong selang seling hingga permukaan kue tertutup dengan ganache jika cake berbentuk persegi empat. Semprotkan ganache secara melingkar selang seling coklat dan putih jika cake berbentuk bulat.
- Kemudian letakkan keping cake yang lain tepat di atas semprotan ganache.
- Tutup semua permukaan cake dengan ganache coklat.
- Hias permukaan cake sesuai selera.

Nah gimana, gampang kan bikinnya?
Gampang sih kalo cuma liat resepnya doang hehehe.... Nyatanya saya menghias cakenya dengan tangan kanan menghias pake piping bag dan tangan kiri megangin perut sambil meringis karena lagi datang bulan. Makanya tulisan ucapannya jadi bercetar-cetar gitu hasilnya. :P


Begini ini hasilnya ganache coklat putih yang disemprotkan secara berselang seling tadi. Dan karena cake ini dihias dengan coklat keseluruhan, maka cake ini gak tahan lama dalam suhu ruang. Keliatan kan hiasan coklatnya sudah mulai meleleh...


Nah kalo yang ini ganache yang diaplikasikan pada cake yang berbentuk segi empat. Cake yang berbentuk kotak ini pernah saya buat jauh sebelum saya membuat cake birthday untuk Adel. Cuma sempat moto doang tapi terjangkit virus males buat posting resepnya disini.


Kalo yang ini, anak yang lagi ulang tahun. :)


Selamat ulang tahun ya, mbak Adel....

You Might Also Like

0 comments