,

blueberry cheese tart

3:54 PM

 

Ceritanya pas buka kulkas, rupanya saya masih punya dua pak crust pie yang sama sekali belum saya gunakan. Seingat saya crust pie itu saya beli sudah agak lama yaitu sebulan yang lalu, saat saya beli bahan2 kue waktu dapat orderan birthday cake bertema princess tempo hari di TBK Titan di Fatmawati.

Awalnya sih, kepengen banget bikin mini fruit pie. Etapi pas lihat persediaan buah yang ada di kulkas, kok yang ada cuma buah kiwi doang. Mau ke supermarket rasanya males. Ah, ya sudahlah, kenapa gak buat sesuatu yang lain saja? Sesuatu yang juga menggunakan crust pie. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Blueberry cheese tart mengingat saya masih punya persediaan cream cheese di kulkas.

Blueberry cheese tart ini cocok banget buat para penggemar keju. Cream cheese nya yang padat dan gurih berpadu dengan selai blueberry, bikin makannya gak cukup satu. Sambil duduk2 sore, dengan mata asik melahap buku, gak terasa sudah 5 biji yang masuk mulut. Sementara itu, dua peri penggemar keju di rumah, bikin blueberry cheese tart ini gak kuat lama sampai berhari2. Bukan, bukan karena basi...tapi karena mereka bolak balik buka kulkas dan ngemilin sampe habis. :D

Sebenernya blueberry cheese tart ini saya bikin sudah lama, tapi maaf ya, baru sempat diposting sekarang.
Oia, karena untuk bahan crust nya saya beli yang sudah siap pakai, tapi jangan khawatir, disini saya sertakan juga bahan dan cara membuat crust nya. Dan inilah cara buatnya.


Blueberry Cheese Tart

Bahan Crust :

170 gram margarine atau butter
  50 gram gula icing
    1 butir telur
290 gram tepung terigu
    1 sdt esen vanilla.


Cara membuatnya crust :


  1. Campur jadi satu margarine dan gula dengan menggunakan sendok kayu atau spatula. Jangan mengaduk terlalu lama, cukup sampai rata saja.
  2. Masukkan telur dan esen vanilla. Aduk lagi dengan senduk kayu.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  4. Uleni hingga menjadi adonan menjadi lembut dan tidak melekap di tangan. 
  5. Lalu masukkan adonan dalam plastik bag dan simpan dalam lemari es semalaman.
  6. Kemudian ambil sedikit adonan dan cetak dalan cetakan pie. Lubangi dasar crust dengan garpu agar adonan tidak naik ketika dipanggang.
  7. Panggang pada suhu 170'C selama 20 - 25 menit atau hingga masak.
Sebenarnya crust ini bisa kita buat jauh2 hari saat endak membuat blueberry cheese tart karena crust ini sendiri membuatnya cukup makan waktu namun cukup tahan lama jika simpan dalam toples kedap udara.

Setelah crust dingin, letakkan selai bluberry pada dasar crust. Meletakkan selai pada dasar crust boleh menggunakan piping bag agar lebih rapi. Oia, boleh juga menggunakan selai lain sesuai selera misalnya strawberry.

 
Selanjutnya kita buat adonan filling cream cheesenya.


Bahan Filling :

250 gram cream cheese
  50 gram gula kastor / gula halus
    1 butir telur
   ½ sdt esen vanilla.


Cara membuatnya :


  1. Keluarkan cream cheese 20 / 30 menit sebelum digunakan. Tapi jangan biarkan cream cheese mencapai ruang.
  2. Mikser cream cheese dan gula hingga berkrim.
  3. Masukkan telur dan esen vanilla. Kocok lagi hingga tercampur rata.

Penyelesaian :

Masukkan filling ke dalam crust. Untuk memudahkan boleh menggunakan cara yang sama untuk letakkan selai tadi yaitu menggunakan piping bag. Tuang agak penuh supaya terlihat cantik. Kemudian Permukaan cream cheese boleh di hias sesuai selera.
Terakhir, panggang crust dalam oven dengan suhu 170'C selama 5 menit atau hingga cream cheese tidak lagi melekat di ujung jari ketika disentuh.


You Might Also Like

2 comments

  1. Tahan berapa hari pienya di suhu ruang bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tahan 2 hari mbak Vindy. Tapi ada baiknya di simpan saja di kulkas, mbak... jika hendak dikonsumsi tinggal keluarkan dan biarkan di suhu ruang hingga dinginnya hilang atau bisa dihangatkan kembali dengan mengovennya beberapa menit.

      Delete