,

bola-bola coklat

2:44 PM




Saya menyebut kue bola2 coklat ini sebagai kue kenangan. Kenapa saya sebut kenangan? Karena dulu, saat saya masih kecil, saya gemar sekali makan kue ini.  Kue bola2 coklat ini biasanya saya beli di sebuah bakery di ujung jalan raya rumah nenek saya. Kalau gak salah, pada tahun 80 an, kue ini dihargai sekitar dua puluh lima atau lima puluh rupiah per buah. Saat saya dan beberapa sepupu saya bertemu di rumah nenek ketika arisan keluarga besar ayah saya, biasanya kami beramai2 mendatangi bakery tersebut dan pulang dengan sebuah kue bola2 coklat di tangan kami masing2. Saat memakannya beramai2 dengan sepupu2 saya itulah yang kemudian membuat kue ini kaya akan nostalgia.

Barangkali kue bola2 coklat ini diperkenalkan oleh orang2 Eropa pada jaman dulu. Hal ini disebabkan adanya penggunaan minuman brandy dan rum yang selalu dipakai sebagai salah satu bahan untuk membuat kue bola2 coklat ini. Penggunaan minuman keras tersebut di ataslah yang belakangan saya tau mengapa dulu mama saya melarang saya memakan kue ini lebih dari satu. Padahal dulu, pikiran kanak2 saya sama sekali gak paham korelasi makan kue coklat kok bisa mabuk. :]


Nah, ceritanya hari minggu kemarin saya harus menjenguk Adel dan Aya. Sebenarnya hari minggu kemarin bukan jadwal saya menjenguk mereka karena mengingat Adel dan Aya baru sekitar seminggu kembali ke asrama. Tapi karena hari minggu besok saya harus menghadiri resepsi nikah kerabat, jadi menjenguk Adel dan Aya pun dipercepat. Karena mendadak, saya pun berpikir apa yang harus saya bawa untuk Adel dan Aya. Mau bikin cake, kayanya gak terkejar. Ya sudah, akhirnya kue bola coklat ini jadi pilihan saya. Kue ini benar2 mudah bikinnya karena gak perlu pake dipanggang atau pun dikukus, tinggal campur dan aduk semua bahan jadi satu lalu buat bola2, jadi deh! Selain itu, Adel dan Aya pun gemar sekali dengan kue bola2 coklat ini.

Baiklah, ini saya sediakan resepnya bagi yang ingin mencobanya di rumah.


Bola-bola Coklat


Ingredient :

250 gram biskuit Marie Regal
    2 sdm coklat bubuk
150 gram gula halus
    2 sdm mentega, lelehkan
 1/2 kaleng susu kental manis coklat 
    1 sdm rum esens, bila suka


Untuk coating :
Dark cooking chocolate dan meises secukupnya.

Method :
  • Hancurkan biskuit sampai halus
  • Letakkan dalam wadah, biskuit yang telah dihaluskan, gula halus dan coklat bubuk dalam wadah lalu tuang susu kental manis coklat, mentega leleh dan rum esens, aduk rata hingga bisa dipulung.
  • Bentuk bulat2, lalu celupkan ke dalam coklat yang sebelumnya telah dilelehkan kemudian masukkan dalam coklat meises.
  • Simpan dalam lemari es selama 30 menit.
  • Sajikan di dalam mangkuk kertas kecil.




You Might Also Like

1 comments