,

rainbow cake

4:05 PM



Sudah lama ingin mencoba buat rainbow cake, tapi gak jadi melulu gara2 takut ribet bikinnya karena mengingat loyang yang saya punya terbatas dan oven yang selama ini saya pakai hanya mempunyai 2 rak di dalamnya. Selain itu, saya juga ragu... siapa nanti yang bakal makan cake itu jika sudah jadi. Dan akhirnya kesempatan itu pun datang. Pas anak2 libur sekolah, saya pun mencoba membuatnya dibantu sama Aya.

Karena saya gak suka repot, akhirnya saya cari2 resep cake yang mudah untuk membuatnya, mengingat saya musti bolak balik ngocok adonan dan manggang untuk menghasilkan 6 cake dasar dengan 6 warna yang berbeda. Saya pun pakai resep simpel ini untuk cake dasar. Satu resep ini saya gunakan untuk membuat 2 cake. Maka perlu membuat 3 kali resep untuk membuat 6 cake dengan warna yang berbeda. Ini dia rsep yang saya pake :

Rainbow Cake

Bahan Cake :

70 gram tepung terigu
1 sdm susu bubuk
3 butir telur
60 gram gula kastor
60 ml minyak jagung --> saya ganti pakai butter yang dicairkan.
1 sdt esen vanilla
2 sdt ovalete
pewarna food grade : merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu.

Cara membuatnya :

Panaskan oven suhu 170 - 180 'C
Siapkan loyang, olesi mentega dan alasi kertas roti.
Campurkan semua bahan menjadi satu kecuali minyak goreng dan pewarna. Mikser dengan kecepatan tinggi hingga putih dan mengembang.
Masukan minyak goreng sambil diaduk rata dengan kecepatan rendah.
Bagi 2 adonan lalu beri warna masing2 dengan merah dan kuning.
Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 20 menit.
Jika sudah matang, lepaskan dari dalam loyang dan sisihkan.
Lakukan hal yang sama untuk menghasilkan 4 cake dengan warna yang berbeda.



Whipped Cream Frosting :

200 gram whip cream bubuk (ikuti petunjuk penggunaan dalam kotak kemasan untuk menghasilkan whipped cream)
100 gram unsalted butter.

Cara :

Kocok butter hingga lembut. Campur ke dalam whipped cream kaku. Kocok kembali hingga rata dengan mikser berkecepatan rendah. Simpan di kulkas hingga nanti akan digunakan.



Penyelesaiannya :

Ambil selembar cake, olesi whipped cream diatasnya, lalu tumpuk lagi dengan selembar cake dan olesi kembali dengan whipped cream. Lalukan semuanya sampai cake tersusun. Pastikan susunan warnanya dimulai dari dasar yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru dan terakhir ungu. Terakhir, balut semua permukaan cake dengan whipped cream. Hias sesuai selera.


Tips :

Jangan mengaduk2 adonan terlalu sering karena akan membuat adonan yang sudah mengembang menjadi turun. Harus pede waktu memasukan pewarna dalam adonan, cukup sekali lalu aduk seperlunya. Jangan masukan setetes trus aduk... setetes lagi, trus aduk lagi, bisa2 adonannya cair trus hasilnya bantet.

Panggang dalam suhu tinggi kira2 190'C. Cukup sebentar saja. Hingga cake matang tapi masih lembut tidak kering dan permukaannya tidak kecoklatan.


Oia, catatan buat saya sendiri!
Lain kali kalo bikin lagi, jangan lupa ukur kue dengan waterpass biar gak miring kaya' gini.....


You Might Also Like

0 comments