Sajian Kue Lebaran 2014

9:41 PM



Haloooww pembaca setia dapur48...!! *yang gak setia gak disapa* Apa kabar anda semua? Semoga kabarnya baik seperti saya yah. :) 

Oia, yang pada nanya selama ini saya kemana aja, kok lama gak posting apa apa? Harap dimaklumi, karena beberapa hari kemarin saya disibukkan oleh kegiatan kantor. Memasuki bulan puasa, kesibukan saya bukannya berkurang eh malah justru makin menjadi jadi. Sedikit pun saya gak punya kesempatan untuk mengupdate blog ini. Jadi, bukan berarti saya pemalas makanya sebulan kemarin saya gak posting apa apa di blog ini.

Baiklah, untuk mengobati rasa rindu anda pada saya, kali ini saya hadir dengan beberapa resep kue kering sekaligus. Ah, sudahlaaah... tak perlu mengelu elukan saya seperti itu... *ditimpuk panci*


Yuk, langsung disimak aja resep resepnya.

Berikut ini cuplikan kisahnya;



Yang pertama, Ananas Taarjes.

Kok kelihatannya kaya Nastar? Emang iya! Hehehe... Kalo jaman voor de oorlog (tempo doeloe) kue yang awalnya berasal dari negeri Belanda ini dikenal dengan nama Ananas Taartjes yang jika diartikan bermakna Pie Nanas. Bentuk awalnya pun seperti pie yang saya bikin ini loh. *bangga* Seiring waktu, kue ini banyak mengalami modifikasi baik dari segi bentuk, rasa hingga nama. Tak heran jika kini banyak bahan ditambahkan dalam proses pembuatannya, salah satunya keju sebagai variasi dan memperkaya rasa.

Etapi alasan saya membuat nastar dalam bentuk pie bukan karena ingin menghormati pencipta kue paling populer di hari raya lebaran, natal dan tahun baru ini loh, tapi lebih karena proses pencetakannya yang gak makan waktu dan gak bikin nyeri pinggang jika saya mencetaknya bulat bulat seperti kue nastar yang pada umumnya kita lihat sekarang.

Jadi untuk menghemat waktu, tenaga dan karena saya masih sayang sama pinggang saya, maka saya pun mencetaknya dalam bentuk seperti ini dengan menggunakan cetakan pie yang besarnya sebesaaar... ehm, tutup tempat krim malam saya *perumpamaan macam apa ini?* Maksud saya diameter cetakan 6 cm. <~ abis lari ke dapur trus ngukur cetakan pake penggaris. Meski hasil Ananas Taartjes saya besar besar, tapi gak masalah bagi saya. Selain puas makannya, nanti di tutup toplesnya tinggal saya tulisi peringatan agar tamu hanya boleh mengambil satu tak boleh lebih. Pemikiran cerdas bukan? :P 

Ananas Taartjes


Bahan bahan :

  50 gram margarin
100 gram butter
  60 gram gula bubuk
    2 kuning telur
    1 putih telur
  25 gram susu bubuk full cream
300 gram tepung terigu protein sedang
150 gram keju permesan/cheddar


Olesan :

    5 kuning telur
    1 sdm air
 ½ sdt minyak sayur
100 gram keju cheddar, parut.


Cara membuat :

- Kocok margarin, butter, gula dan telur, asal rata saja. Masukkan keju parut, aduk rata. Masukkan terigu secara bertahap hingga tercampur rata.

- Cetak menggunakan cetakan pie. Letakan isian selai nanas di dalamnya. Buat anyaman menggunakan sedikit adonan di bagian atasnya. Lakukan hingga semua adonan habis.

- Panggang dengan suhu 125'C hingga setengah matang. Keluarkan dari oven, lepaskan dari cetakan kemudian beri olesan kuning telur pada bagian atasnya. Panggang kembali hingga matang. Angkat dan letakan dalam rak kawat hingga benar benar dingin sebelum dimasukkan dalam toples.




Yang kedua, Almond Cheese Crisps.

Kue kering ini lagi happening banget nih di Surabaya. Jika anda berkesempatan singgah di kota Surabaya, kini anda bisa membeli camilan ini sebagai buah tangan untuk dibawa pulang selain oleh oleh lain yang sudah lebih dulu ada seperti bandeng asap, aneka keripik dan Sambal Bu Rudi yang pedesnya mantap itu.

Meski belum terlalu lama Almond Cheese Crisps ini mengklaim diri sebagai oleh oleh khas Surabaya, tapi ketenarannya denger denger udah mengalahkan ketenaran Syahrini. :P Saya sendiri sih belum pernah ngerasain langsung produk hasil inovasi ini, tapi resepnya udah banyak diposting di berbagai blog masakan. Jadi kenapa gak saya coba aja? Itung itung saya jadi bisa nyicipin seperti apa sih rasa kue kering yang ngehits banget itu.

Dan ternyata bikinnya gak sesulit ngumpulin duit buat beli tiket ke Surabaya pemirsaaahh! Pokoknya Cara buatnya mudah banget semudah belajar Iqro' 1 :D


Almond Cheese Crisps


Bahan bahan :

   2 butir putih telur, kocok sebentar (1 butir putih telur kira kira 34 gram)
 30 gram butter, lelehkan
 60 gram gula halus, ayak
 50 gram tepung terigu protein sedang
¼ sdt vanili bubuk ~ saya pakai vanili ekstrak
 20 gram keju cheddar, parut
Almond slice secukupnya untuk hiasan


Cara membuatnya :

- Campur terigu, gula halus, vanili, butter leleh dan kocokan putih telur, aduk rata menggunakan whisk.

- Masukkan 5 gram keju parut ke dalam adonan, aduk rata.

- Olesi loyang dengan mentega tipis tipis. (lebih baik menggunakan silpat karena adona agak susah diangkat ketika sudah matang)

- Ambil sesendok adonan, tuang dalam loyang lalu tipiskan dengan punggung sendok hingga berbentuk bulat. Beri taburan keju parut di atasnya dan beberapa almond slice. Lakukan hingga semua adonan habis.

- Panggang dalam oven dengan suhu rendah 120'C hingga garing dan berwarna kecoklatan.




Berikutnya, Cheese Balls.

Kalo kue kering yang ini lagi hip dikalangan ibu ibu blogger yang kece kece. Kuker ini bisa disajikan sebagai pengganti Kaastengel yang melegenda itu. Tapi jujur, saya tetep gak rela mengganti kaastengel dengan apapun. :'(  Jadi, apa alasannya saya mencoba membuat Cheese Balls? Selain berbahan dasar keju kesukaan saya, alasan lain adalah karena saya juga pengen dibilang kece dong... gak memble. *ketauan deh berapa umur sayah*

Kalo Almond Cheese Crisps tadi Iqro 1, nah Cheese Balls yang ini Iqro 2 nya nih... sama mudah cara membuatnya. Dan rasanya itu loh yang gak kuat...ngeju banget. Yuk dicoba!


Cheese Balls
By. Fatmah Bahalwan

Bahan bahan :

400 gram margarin
2 butir kuning telur
150 gram keju edam, parut
150 gram keju cheddar, parut
350 gram tepung terigu protein sedang
50 gram susu bubuk full cream
100 gram biskuit keju, haluskan, ayak
200 gram biskuit keju, haluskan, ayak, untuk panir


Cara membuat :

- Kocok margarin dan kuning telur, kurang lebih 5 menit.

- Masukkan keju edam parut dan keju cheddar parut, aduk rata menggunakan sendok kayu.

- Masukkan susu bubuk dan 100 gram biskuit keju halus, aduk rata.

- Timbang adonan @8 gram, bulatkan. ~ saya menggunakan sendok ukur  :1 sdm.

- Gulingkan adonan pada biskuit halus, lalu letakan pada loyang.

- Panggang dalam oven selama 30 menit dengan suhu 160'C.

- Angkat, dinginkan dan susun dalam toples.




Selanjutnya Peanut Butter Cookies.

Ini juga salah satu cookies klasik yang menggunakan selai kacang. Jika anda tertarik membuatnya, saya sarankan anda menggunakan selai kacang berkualitas baik yang masih ada cincangan kacang kasar di dalamnya untuk hasil rasa yang paling top. Jadi, siap siap! buang timbangan badan jauh jauh, biar kalo berat badan naek gak nyesel :P


Peanut Butter Cookies
By : Yulyan


Bahan bahan :

150 gram terigu protein rendah
½ sdt baking powder
½ sdt garam halus
115 gram butter
110 gram gula pasir
1 butir telur
250 gram selai kacang crunchy


Olesan :

2 butir kuning telur


Cara membuat :

- Campur terigu, baking soda dan garam.

- Kocok mentega dan gula hingga lembut dan pucat, tambahkan telur dan selai kacang, kocok rata.

- Tambahkan campuran tepung terigu, aduk hingga rata menggunkan sendok kayu.

- Diamkan selama 30 menit dalam lemari es hingga adona set.

- Ambil adonan sebanyak ½ sdm, bulatkan dan susun dalam loyang.

- Olesi permukaannya dengan kuning telur kemudian panggang dalam oven selama 20 s.d 25 menit dengan suhu 180'C hingga matang.




The last, PennyLane's Chocolate Chips Cookies.

Dulu saya pernah makan kukis coklat yang chewy, bejibun kepingan coklat di atasnya dan nyoklat banget rasanya. Sepanjang menikmati kukis gigitan demi gigitan, saya mikir apa aja ingredientnya dan bagaimana cara membuatnya, sampe gak sadar udah dua keping kukis yang besarnya segede piring kecil buat tatakan cangkir saya habiskan. *bye bye diet* Sejak itu saya jatuh cinta dengan segala kukis coklat.

Nah, pas awal puasa kemarin saya baca resep PennyLane's Chocolate Chip Cookies nya mbak Riani di milis NCC, langsung deh membulatkan tekad untuk membuatnya. Hasilnya gak mengecewakan. Untuk mendapatkan hasil kukis yang teksturnya crispy di luar, lembab dan sedikit liat di dalam kunci utamanya harus menggunakan pemakaian gula yang banyak. Ditambah lagi dengan pemakaian milk chocolate chips yang bejibun. *nelen ludah*


___cookies dicetak dan siap dipanggang___


___cookies fresh from the oven___


___mau pamer dikit ah! ini hamper lebaran yang saya buat untuk ibu mertua biar dipuji *idung kembang kempis*___


Yaudah deh, gak tahan saya nyeritainnya... silakan dicoba aja sendiri, cuma hati hati aja... sugar high banget nih! :)


PennyLane's Chocolate Chips Cookies
By : Riana Ambarsari


Bahan bahan :

300 gram terigu protein sedang
1 sdt soda kue
1½ sdt tepung maizena
½  sdt garam halus
180 gran mentega, lelehkan
200 gram gula palem
1 butir telur
1 kuning telur
1 sdt vanilla ekstrak
200 gram milk chocolate chips
50 gram milk chocolate chips untuk hiasan


Cara membuat :

- Ayak terigu, soda kue, maizena, garam ke dalam mangkuk adonan, aduk rata.

- Pada wadah lain, campur metega leleh, gula pasir dan gula palem, aduk hingga gula larut dan menyatu dengan mentega. Masukkan telur dan kuning telur, aduk rata. Masukkan vanilla ekstrak, aduk rata.

- Tuang adonan basah ke dalam adona kering, aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan chocolate chips, aduk rata kembali.

- Tutup adonan dengan plastik wrap, masukkan dalam lemari es minimal 3 jam.

- Keluarkan adonan, diamkan 10 menit agar mudah dibentuk.

- Bentuk adonan menggunakan tangan membentuk bulatan tidak rata/sempurna. letakan di atas loyang yang sudah di alasi silpat/ baking paper. Beri jarak antar adonan.

- Pipihkan sedikit dengan jari, beri tambahan chocolate chips di permukaan cookies. Letakan dengan agak ditekan agar separuh masuk ke dalam adonan.

- Panggang dalam oven yang sudah di panaskan 180'C selama 11 menit.

- Keluarkan dari oven. Biarkan 10 menit dalam loyang, kemudian pindahkan ke atas rak dan biarkan dingin sepenuhnya.




Demikianlah resep sajian kue kue lebaran yang bisa anda coba di rumah untuk suguhan di hari raya besok. *lebarannya udah lewat kali, bu...* oh gitu yah? hm, gimana kalo anda coba untuk lebaran tahun depan aja? kan judulnya sama sama lebaran juga... *dikejar massa*




Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Idul Fitri untuk anda semua, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Oia, bagi anda yang masih punya stok kaastengel setoples, jangan pelit pelit kirimin ke saya. :P Dan bagi yang mau icip icip kue sajian lebaran saya, silakan mampir ke rumah, saya gak pelit kok orangnya... kalo setoples setoples aja sih masih ada lah... 
Oke, saya tunggu ya... *tebar paku payung di halaman* :P



You Might Also Like

8 comments

  1. lahhhh...aku koq gak kebagian kiriman kuenya yag vo..masak ke ibu mertua ajah!..:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm, punya kastengel setoples gak? kalo punya kita kita barter :P

      Delete
  2. adaaa lohh sini..ambil ke medan yag vo!!..mas yudi kapan ke medan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah! masih ada kastengel di rumah lisa.... *nelen ludah*
      belum tau, lis, kapan mas yudi ke medan lagi... ntar dikabarin. bungkusin yak! sama sate kerangnya juga *ancuuurr diet gue*

      Delete
  3. okeyyyy..yang penting kasih kabar ke aku ya vo....:))

    ReplyDelete
  4. salam kenal... aku penggemar setia dapur 48 nih, sekarang lg coba resep pennylane'schocolate chips. tp knp ya ko hasilnya jd pd meleber???? pdhal sesuai resep. huaaaaaaaa gmn dok??? :'(

    ReplyDelete
  5. Salam kenal, aku peggemar setia dapur 48, sekarang lg coba resep pennylane'schocolate chips, tp knp ya ko hasilnya meleber???? Padahal dah sesuai resep, huaaaaaaa gmn donk?
    😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adonan chocolate chip kan memang meleber saat dipanggang mbak, makanya beri jarak tiap adonan ketika meletakkannya dalam loyang. Atau mbak bisa juga mencetaknya menjadi bulatan kecil menggunakan sendok ukur setengah sendok makan hingga hasilnya tidak lebar dan besar besar. Dicoba lagi ya mbak....dan salam kenal kembali :*

      Delete