, ,

Banana Cheese Muffin

3:40 PM




Huhuhuuu... produktif sekali saya hari ini, bisa publish dua postingan sekaligus. Sebenarnya begitu muffin ini mateng, mau saya potret buat bikin tulisan di blog. Eh ternyata belum sempet difoto muffinnya udah pada abis. Satu satunya foto ya yang di atas itu. Yang saya ambil begitu muffin mateng pake kamera ponsel. Nah, karena takut resepnya lupa, makanya nekad saya posting aja hari ini juga. Soalnya kalo besok besok takut gak punya waktu lagi buat nulis. Makluuuuum wanita karier...


Cerita ini berawal dari suatu pagi, ketika saya mendapati beberapa buah pisang yang udah mulai dilalerin lalat buah dan mulai bonyok di bagian ujung unjungnya serta copot dari tandannya, tergeletak begitu aja tak berdaya di atas meja cucian piring di dapur. Malam sebelumnya saya lihat pisang pisang itu masih ada di atas meja makan. Melihat kenyataan kalo pagi ini pisang pisang telah berpindah tempat dari meja makan ke meja cuci piring yang mana tepat di bawahnya terdapat tempat sampah, sudah bisa dipastikan jika maksud orang yang memindahkan pisang pisang tersebut berniat untuk membuangnya dan tak berniat untuk mengkonsumsinya lagi. Huufftt...kejadian yang kembali terulang.

Liciknya orang tersebut gak mau menggunakan kedua tangannya untuk membuang pisang pisang tersebut. Apalagi alasannya jika bukan takut dosa karena telah membuang buang makanan. Seperti saya, anda dan saya rasa sang pelaku juga ketahui, bahwa tindakan membuang buang makanan adalah perbuatan yang mubazir. Dan mubazir itu adalah temannya setan. Nah, karena gak ingin dianggap temannya setan, maka diletakkanlah pisang pisang hampir busuk itu ke tempat yang letaknya berdekatan dengan tempat sampah, dengan harapan agar orang lain yang tinggal di rumah itu membuangnya.

Etapi saya juga gak mau dong kalo dianggap sebagai sahabatnya setan, akhirnya mau gak mau pisang pisang itu harus saya karyakan agar bisa termakan. Bikin banana bread kayanya udah sering. Tiap kali punya pisang yang sudah gak kemakan pasti saya olah jadi banana bread. Gimana kalo kali ini dibikin muffin aja? dicetak personal dalam mangkuk kertas jadi gak perlu motong motong lagi. Resepnya hampir sama mudahnya dengan banana bread. Persiapannya cepat banget dan gak perlu pake mikser, cukup aduk aduk pake sendok kayu. Ngaduknya juga gak pake lama, cukup sampai adonan tercampur rata aja.

Yang sering punya masalah kaya saya dan bingung ingin memberdayakan pisang yang sudah tidak dikonsumsi sama orang rumah, silakan dicontek resepnya...


Banana Cheese Muffin


Bahan :

260 gr tepung terigu serbaguna

100 gr gula kastor

50 gr brown sugar

1 sdm susu bubuk full cream

1½ sdt baking powder

¼ sdt garam

100 gr keju cheddar, cincang kasar

300 gr pisang ambon, kupas, haluskan

3 butir telur

100 gr mentega tawar, lelehkan

¼ sdt vanili bubuk

Almond slice, untuk hiasan


Cara membuat :

- Panaskan oven pada suhu 200 derajat C. 

- Siapkan Loyang muffin berlubang 12 @100 ml, alasi semua lubang dengan mangkuk kertas, sisihkan. 

- Dalam mangkok besar, campur tepung terigu, gula kastor, brown sugar, baking powder, garam dan keju, aduk rata,sisihkan.

- Campur pisang lumat, telur, mentega leleh, dan vanili dalam mangkuk lain, aduk rata menggunakan spatula.

- Tuang adonan pisang kedalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk asal campur menggunakan sendok kayu/spatula dalam 5 kali adukan.

- Tuang adonan kedalam lubang cetakan.
- Masukkan ke dalam oven, panggang selama kurleb 25 menit hingga matang.

- Keluarkan muffin dari oven, diamkan selama 5 menit, keluarkan muffin dari loyang, pindahkan ke atas rak kawat. Sajikan.


Penambahan keju dalam adonan muffin emang maut pokoknya! Enaaaakk banget. Muffin gak hanya wangi, perpaduan asin keju dengan manis pisang nyaris busuk kematengan itu loooo... yang bikin rasanya berubah jadi rasa legit. Udah gitu, makan satu biji aja udah kenyang. Jadi muffin ini cocok banget untuk dijadikan sarapan dan untuk dibawa bekal ke sekolah/kantor. Oia, rahasia membuat muffin yang enak itu terletak pada saat pengadukkannya. Lakukan pengadukan seminim mungkin. Campur sekedar rata aja. Adonan muffin yang terlalu lama diaduk akan membuat muffin menjadi keras dan bantet.

Ssttt... cukup kita berdua yang tau ya, ternyata orang yang berniat buang pisang taunya yang paling banyak makan muffin. 

You Might Also Like

0 comments