, , ,

Lapis India

1:10 PM




Hari minggu pertama sejak anak anak kembali ke sekolahnya, otomatis saya sama sekali gak punya aktifitas. Biasanya selagi Adel dan Aya di rumah, saya bisa masakin mereka makanan setiap hari. Sekarang mendadak saya gak ngapa ngapain. Ah, kenapa gak iseng iseng nyoba resep aja? ada resep lapis india yang udah saya bookmark sejak kapan tau tapi belom sempet dicoba. Baiklah kalo begitu, sepulang dari nemenin Pap renang minggu pagi, saya pun mencoba mempraktekan lapis india yang saya salin resepnya dari blog cozy kitchen.

Namanya boleh lapis india, tapi sebenarnya kue ini bukan berasal dari India. Ada yang bilang kue ini merupakan salah satu wadai (jajanan) khas dari Kalimantan Selatan. Di setiap bulan ramadhan, di Banjarmasin banyak sekali pedagang yang menjajakan lapis kukus, salah satunya lapis india ini. Lalu mengapa harus pakai nama india, kenapa bukan lapis banjar aja? Hmm.... karena nama banjar sudah lebih dulu disandingkan di belakang kata soto. Dan jika diperhatikan, sebenarnya ditiap lapis kue ini membentuk gelombang dan lekuk lekuk kecil sehingga terlihat kue ini seolah dibuat sambil menari india. Demikianlah makanya kue ini disebut dengan nama negara yang terkenal dengan tariannya itu. ~> itu sekedar analisa sotoy saya, jadi pembaca boleh percaya boleh gak :)




Lapis India
By : Kamelia Marfuah


Bahan-bahan :

500 ml santan kental dari 1 butir kelapa

200 gram gula merah

400 ml air

200 gram tepung hunkwee

1 kaleng susu kental manis putih

8 butir telur, kocok lepas

1/2 sdt garam


Cara membuat :

- Panaskan dandang dengan api sedang.

- Oles dasar dan sisi sisi loyang dengan minyak goreng dan alasi dasarnya dengan plastik tahan panas atau kertas minyak.

- Aduk hunkwee dengan susu kental manis hingga rata dan licin.

- Masukkan telur yang telah dikocok lepas, aduk rata.

- Masukkan gula merah cair, santan dan garam, aduk hingga rata.

- Masukkan loyang ke dalam dandang, biarkan loyang panas.

- Tuang adonan sesendok sayur besar (kurleb 100 ml) ke dalam loyang, masak selama 5 menit.
- Ingat! pastikan selalu aduk adonan sebelum dituang ke dalam loyang.

- Setelah 5 menit, tuang kembali adonan ke dalam loyang dan lakukan berturut turut hingga semua adonan habis.

- Kukus selama 15 menit setelah lapisan terakhir dituang.

- Setelah matang, matikan api dan buka tutup dandang untuk menghilangkan uap panasnya.

- Setelah agak dingin, masukkan loyang ke dalam kulkas agar adonan set.

- Potong potong dan Lapis India siap disajikan.


___saya pakai loyang bulat karena dandang di rumah saya kecil sehingga gak bisa memuat loyang berbentuk kotak___

___aduh, tobaaatt...! besok besok diingat ya, agar gak memotret kue lapis pake latar ayaman rotan... jadi bisa salah fokus ini yang liat___


Membuat lapis india ini lumayan lama, kalo menurut resep sih makan waktu sampe 3 jam. Etapi kenapa ditangan saya jadi butuh 5 jam-an gitu ya? etapi segitu lamanya juga gara gara di tengah proses memasak, saya matikan api dan saya tinggal keluar rumah untuk makan siang berdua Pap dulu sih... 

Proses mengukus merupakan proses yang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Melapis selembar demi selembar kue ini juga rasanya cocok untuk dijadikan terapi kesabaran bagi orang yang gampang emosi dan lekas marah. Belum lagi begitu kue matang, lapis india ini pun belum bisa langsung dicicipi karena harus didiamkan selama beberapa jam agar lapis benar benar set dan gak gampang lepas lembar demi lembarnya. Jadi menurut saya, wadai ini lebih cocok dinamakan lapis sabar kali ya... 

Setelah saya cicipi, lapis india ini bercita rasa manis, berlemak dan bersantan sesuai ciri wadai wadai khas Banjarmasin kebanyakan. Tapi satu yang bikin saya kurang begitu suka dengan kue ini, yaitu aroma amis telur yang selalu tertinggal pada kue kue tradisional yang menggunakan banyak telur seperti lapis india ini. Jadi begitu selesai kue saya dokumentasikan, saya potong potong dan saya bagi bagiin tetangga. Yang tersisa di piring ya tinggal irisan pinggir pinggiran kue aja yang kemudian saya cuekin sampe besok.

Besok paginya saya lihat irisan kue yang tersisa nampak basah. Saya pikir kue pasti basi karena semalaman saya biarkan berada di atas meja makan. Tapi begitu saya cium, tak ada aroma basi sama sekali. Begitu pun ketika saya sentuh. Ternyata wet-look itu karena kue mengeluarkan minyak bukan basah-sah seperti yang saya bilang tadi. Dan begitu saya cicipi, jeng jeng jeeeng... rupanya rasa kue semakin enaaaak.... nah ini barangkali yang dinamakan "pacah di ilat" kalo orang banjar bilang. Hehe, tau bener tau gak. Daaann... yang paling penting nih, ternyata gak ada lagi tercium aroma amis telur seperti ketika saya menyicipinya ketika baru matang. Jadi sedikit catatan buat saya, besok besok kalo bikin lapis india lagi, selain akan menambahkan beberapa lembar daun pandan saat menerbus gula merah dan menambahkan sedikit vanili pada adonan, saya juga akan menunggu mengkonsumsi lapis india ini besok harinya saja.




Akhir kata, saya jadi nyesel udah bagi bagi lapis india ke tetangga dan nyisain cuma pinggiran kue doang saya bangga udah bisa bikin satu dari sekian banyak wadai khas kota kelahiran leluhur saya. ~> aslinya sih gara gara takut dikutuk sama Kai dan Nini karena semenjak punya blog yang dibikin cuma makanan khas dari kampung orang lain melulu. Mudah mudahan selanjutnya bakal ada lagi jenis wadai lain yang bisa saya coba trus saya pamerin di sini. Do'akan yaaa.... 


You Might Also Like

5 comments

  1. Assalaamu'alaykum kak Fauziyah. Terima kasih sdh mencoba resep dr cozy kitchen.

    Sekalian titip sdkt tips utk meminimalisir bau telur biasanya diberi vanili juga kak. Dan saat merebus gula merahnya kasih daun pandan. Insyaa Allaah ga bau telur lg, setidaknya berkurang lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaahh... master masakan Banjar mampir ke blog sayaa...! *pingsan*
      *Bangun dari pingsan lalu lanjut ngetik* Terima kasih buat tips nya ya kak Kamelia. Saya sering nyontek resep dari Cozy Kitchen loh. Semuanya enak enak deh, apalagi soto Banjar nya. Sayang ada beberapa bumbu yang tidak tersedia di Jakarta jadi rasa sotonya kuräng Banjar hehe...

      Delete
    2. Master ?...."gedubrak" ( gantian pingsan ) ^^.... bukan master sayanya kak

      Makasiiih kak atas ujicoba resep dr cozy kitchen.

      Delete
  2. Aku nyari lapis india di jakarta kayak nyari jarum diantara tumpukan jerami... kadada yg jual.. huhhh 😅🙈 coba ahh resep ini...

    ReplyDelete