Nasi Goreng Oriental

1:44 PM




Mungkin tiap kali anda makan sepiring nasi goreng, anda akan beranggapan jika membuat nasi goreng itu gampang. Apalagi kalo melihat sendiri tukang nasi goreng membuatnya. Hm, rasanya kok bener bener mudah. Cuma tumis bumbunya dengan sedikit minyak, masukin telur, orak arik sebentar kemudian masukkan nasinya, kasih garam, bumbu penyedap dan beri tambahan sedikit kecap manis trus diaduk aduk sampe rata, jadi deh. Yah, gak salah juga sih kalo anda menganggapnya demikian, karena membuatnya memang semudah yang saya sebutkan tadi. Etapiii... untuk hasil akhir rasanya enak atau gak, itu lain cerita.

Sebenarnya saya yakin jika semua orang bisa bikin nasi goreng, kecuali saya :( *glek!*. Seperti teman saya Lisa, contohnya, yang emang jago banget bikin nasi goreng enak. Eit, saya gak menebar cerita palsu kok, ini serius! karena saya sendiri udah pernah menyicipi langsung nasi goreng kampung andalannya saat berkunjung ke rumahnya beberapa waktu lalu. Sstt...! malah dengar dengar Lisa punya cita cita jualan nasi goreng nantinya kalo udah pensiun bersama suami. Wih! Saya aminkan tiga kali keinginanmu dari sini, Lis... :). Gak cuma itu, seorang teman lelaki saya juga mengklaim jika nasi goreng buatannya selalu laris manis disantap oleh anak anaknya padahal dia jarang jarang masuk dapur. Kok bisa? Diam diam saya jadi  iri mengapa saya gak pernah bisa bikin nasi goreng seenak buatan mereka. 

Barangkali saya adalah satu satunya orang yang paling gak bisa membuat nasi goreng yang lezat. Ada aja masalahnya. Entah itu bumbunya gosong, masih berbau langu, bumbu gak tercampur rata dengan nasi, sampai rasanya yang gak pas karena kurang apaaaa gitu, saya juga bingung. Saya yang pernah mencoba buat nasi goreng dengan bumbu instan nasi goreng pun gak berhasil. Nasib! :'( *nangis di bahu Reza Rahardian*. Jadi alternatifnya, tiap kali kepengen makan nasi goreng ya musti beli.




Tapi bukan saya namanya kalo akhirnya nyerah gitu aja. Suatu ketika, Tuhan akhirnya mempertemukan saya dengan sebuah artikel berisi resep nasi goreng saat iseng buka yahoo!. Ya, ini pasti petunjuk Tuhan atas do'a do'a saya selama ini karena kasihan melihat saya yang gak pernah berhasil bikin nasi goreng enak padahal hobi menyantap nasi goreng lezat. Setelah saya baca bahan bahan dan menyimak video tutorial cara membuatnya, saya jadi begitu tergugah, seolah mendapat pencerahan dan gak sabar ingin segera mencobanya di rumah. *uhuk! bahasanya*

Ya sudahlah, sebelum saya ngomong lebih banyak lagi dan mulai menceramahi anda, silakan disimak resepnya yang saya tuliskan kembali untuk anda;


Nasi Goreng Oriental


Bahan bahan :

2 piring nasi putih
100 gram udang, cincang ~> lagi gak ada jadi saya ganti pakai 2 buah sosis
3 lembar daging asap, potong potong
5 buah bakso ikan, iris
1 batang daun bawang, potong 1 cm
4 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm kecap ikan
1 sdm minyak wijen
5 sdm minyak goreng
75 gram kacang polong


Cara membuat :

- Tuang minyak goreng dan minyak wijen dalam wajan.

- Masukkan bawang putih cincang dan jahe cincang, masak hingga harum.
- Masukkan udang cincang, masak hingga matang.

- Masukkan bakso ikan, daging asap, daun bawang dan kacang polong, aduk aduk hingga semua bahan tercampur rata.

- Masukkan nasi putih, kecap ikan, garam dan merica bubuk, aduk hingga rata dan nasi tercampur rata serta matang sempurna.

- Sajikan selagi hangat.




Setelah beberapa kali nyoba bikin nasi goreng pake resep di atas dan udah rada pinteran bikin nasi goreng *baru bisa bikin satu macem aja ngeklaim pinter*, saya jadi paham kalo gak semua jenis nasi itu enak dibuat nasi goreng. Nasi yang paling enak diolah menjadi nasi goreng itu adalah nasi yang agak keras bukan nasi yang pulen. Nasinya juga harus dalam kondisi dingin, bukan hangat apalagi panas. Saya biasanya sengaja memasukkan nasi dalam wadah kedap udara lalu meletakannya dalam kulkas pada malam hari sebelum tidur untuk diolah menjadi nasi goreng esok paginya. Jadi keputusan mengolah nasi panas langsung dari penghangat untuk dijadikan nasi goreng seperti yang sebelumnya saya lakukan sesungguhnya benar benar keliru karena hal tersebut membuat nasi goreng yang saya buat jadi menggumpal dan bumbu sulit tercampur rata.




Jadi sekarang, meski baru bisa bikin satu macam jenis nasi goreng, saya berani bilang pada anda semua kalo saya udah bisa bikin nasi goreng yang rasanya endang gulindang menggelinjang :)). Dan saya pernah baca kalo saat ini nasi goreng sudah diakui sebagai salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang terkenal di luar negeri selain rendang. Makanya gak rugi deh punya keahlian bisa bikin nasi goreng sendiri dan dengan bangga saya katakan bahwa orang yang bisa bikin nasi goreng itu keren banget!! *nunjuk idung sendiri*

You Might Also Like

2 comments