,

Spaghetti Aglio E Olio

1:54 PM





Sejak saya memutuskan berhenti bekerja jadi orang kantoran, sekarang saya selalu bikin masakan yang ringkas ringkas untuk makan siang saya sendiri. Iya sendiri, kan suami Alhamdulillah kerja, jadi tinggal saya sendirian di rumah pas jam makan siang. Eia, udah pada tau belom sih kalo saya udah resign dari perusahaan tempat saya bekerja selama 20 tahun itu? Engg....saya belom cerita ya? Singkat cerita, begitulah akhirnya saya berhenti kerja setelah gamang lumayan lama atas keputusan yang mau saya ambil sebelum resign.

Trus apa yang saya kerjakan sekarang setelah menjadi orang rumahan? Yang pasti saya jadi bisa melakukan semua hobi hobi saya yang dulu gak sempat saya lakukan. Memasak, misalnya. Memasak salah satu hobi positif yang saya sukai dari sekian banyak hobi negatif yang saya punya. Dan ternyata setelah saya punya banyak waktu di rumah, hobi positif saya nambah lagi. Ngedadak saya jadi hobi banget menjahit. Sebenernya gak hanya menjahit, pada dasarnya saya suka dengan segala keterampilan dan kerajinan tangan. Mulai dari macrame sampe decoupage saya coba kerjain. Udah lama sebenernya saya pengen menekuni keterampilan kerajinan tangan ini, hanya saja dulu waktu masih bekerja dan punya keterbatasan waktu, saya gak bisa lakuin itu. Sekarang, setelah saya bebas mau ngelakuin apa aja, saya ngerasa waktu 24 jam sehari itu gak cukup rasanya. Waktu cepat banget berlalu. Perasaan baru ngaduk ngaduk cat akrilik  sebentar, eh tau tau udah sore. Baru motong motong bahan buat dibikin sarung bantal, eh  taunya udah maghrib aja. Ya , doing something that you love itu emang beda banget. Enjoy banget ngerjainnya. Gak ada paksaan dikit pun. Hingga gak sadar waktu sehari itu jadi singkat banget.

Sejauh ini sih pak suami ngedukung banget degan apa yang saya kerjain. Malah dia yang semangat banget. Beliin saya segala sesuatu yang saya butuhin, sampe rela ngater saya kemana mana di sela sela waktu liburnya. Tapi belakangan pak suami rada protes. Bukan, bukan protes sama kerjaan saya. Bukan juga protes karena saya jadi gak punya waktu buat dia, melainkan kata pak suami saya itu tipikal orang yang gak bisa bagi waktu. Kalo udah fokus sama satu kerjaan, kerjaan yang lain terbengkalai. Sampe sampe saya disuruh bikin skala prioritas segala atas mana mana aja yang harus saya kerjain dulu dalam sehari.

Mendasar sih alasan pak suami bilang begitu. Salah satu contohnya, saya jadi males masak kalo udah berkutat sama kuas dan cat. Saya jadi gak mau ngapa ngapain kalo udah pegang gunting dan nginjek pedal dinamo mesin jahit. Akibatnya ketika sudah jam waktunya makan siang, saya jadi lupa makan. Eh tau tau udah sore aja...eh tau tau pak suami udah pulang kerja...eh tau tau perut keroncongan karena seharian belum makan.

Pak suami gak ngewajibin saya harus masak sih, menurutnya paling gak kalo sudah waktunya makan siang, saya stop segala kegiatan trus pergi makan keluar. Tapi lagi lagi saya ngerasa sayang waktunya kebuang banyak kalo saya harus pergi keluar cuma untuk makan.

Gak cuma perkara makan, terbengkalainya blog ini juga karena apa coba? Sadar sadar pas saya liat perolehan penghasilan atas iklan yang saya pasang di blog kok ya gak nambah nambah? Ya terang aja...males update tulisan baru sih.

Ketika saya mengeluhkan hal ini, lagi lagi pak suami bilang kalo saya kudu bikin skala prioritas, kapan saya harus menjahit, kapan saya harus ngecat, kapan saya harus nyoba resep masakan dan kapan saya harus nulis agar semua gak terbengkalai.

Sampe tiga hari yang lalu saya masih ngerasa gak terbebani dengan cara saya yang gak bisa ngebagi waktu, sampe suatu hari sesusai sholat maghrib saya pergi ke dapur, nyalain kompor dan merebus daging karena besok pagi pagi sekali rencananya kami mau menjenguk Adel dan Aya. Setelah itu saya kembali melanjutkan menjahit. Gak lama Aya sms kalo minta dibeliin kaus dalam. Karena saya pikir besok gak bakal sempet lagi untuk beli pesanan Aya, jadilah malam itu saya dan pak suami nyari yang dimaksud ke supermarket terdekat. Judulnya sih dekat, tapi tetep aja pulang sampai rumah jam setengah sepuluh malam. Begitu menginjakkan sebelah kaki keluar mobil, udah kecium bau gosong yang gak enak banget. Sampe situ saya masih gak inget kalo saya ninggalin sekilo daging yang saya rebus sejak maghrib tadi. Tapi begitu buka pintu rumah, MasyaAllah...asap tebal udah menuhin seisi rumah. Alhamdulillah gak kenapa napa...cuma panci yang dipake buat ngerebus jadi item item gak bisa ilang gitu sama aroma bau gosong yang belum hilang dari dalam rumah sampe sekarang. Semoga itu jadi peristiwa pertama dan terakhir. Beneran saya tobat bat bat!!






Kembali lagi ke topik utama sesuai judul. di atas.  Semenjak kejadian horor tersebut, saya jadi horor juga mau kembali bergaul sama kompor. Bawaannya takut kelupaan. Takut kejadian lagi kaya kemaren. Tapi kalo gak makan siang lagi nanti saya diomelin sama pak suami, jadilah hari ini masak yang simpel simpel aja buat makan siang.


Aglio e olio dalam bahasa Itali berarti bawang putih dan minyak. Spaghetti aglio e olio alah satu menu tradisional Italia yang rasanya lebih ringan dibandingkan spaghetti dengan saus bolognese yang lebih populer di Indonesia. Meski rasanya lebih light karena pemakanan bumbu yang minimalis, namun Spaghetti aglio e olio bisa jadi salah satu pilihan makanan yang mengenyangkan dengan waktu memasak yang singkat. Cocok sekali disajikan sebagai menu sarapan pagi bagi keluarga.




Spaghetti Aglio E Olio



Bahan :

200 gram pasta spaghetti, rebus hingga al dente (matang namun tidak terlalu lembek), angkat dan tiriskan.
2 sdm olive oil
3 siung bawang putih, memarkan
3 lumbar smoke beef, potong memanjang
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt lada hitam
1/2 sdt parsely cincang



Cara membuat :

- Panaskan olive oil, tumis bawang putih hingga harum.

- Masukkan smoke beef, aduk hingga rata. Bumbui dengan garam, gula pasir, lada hitam dan parsely cincang.

- Masukkan pasta spaghetti, aduk aduk hingga rata. Tes rasa.

- Angkat, sajikan panas panas dengan taburan keju permesan parut di atasnya.





Dengan kejadian ini semoga saya bisa belajar kembali menempatkan segala sesuatu dalam porsinya. Semoga juga hobi menulis ini gak terlupakan oleh hobi hobi saya yang lain. Semoga juga tulisan ini bisa nular ke blog blog saya yang lain. Doakan ya....


"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah".
~ Pramoedya Ananta Toer, Rumah Kaca.



Akhir kata, saya cuma mau bilang kalo saya tak cantik, saya pun tak pandai setinggi langit, tapi saya yakin saya bisa menulis. 







You Might Also Like

0 comments