,

Mooncake

1:35 PM




Bukan lantaran latah karena masih deket deket perayaan Imlek, lantas saya --yang telah sekian lama jeda panjang dari ngeblog ini-- mendadak muncul dan bikin Mooncake trus dipamerin di sini. Jujur aja, sebenarnya keinginan membuat Mooncake ini sudah ada sejak lama tapi baru bisa dieksekusi sekarang. Semua ini gara gara akibat gelap mata waktu beli Lotus paste di Ingredient 5 bulan yang lalu. Padahal saat memutuskan beli Lotus paste itu, saya sama sekali belum tau bagaimana dan apa saja yang diperluin untuk membuat Mooncake. Satu satunya bahan utama pembuat Mooncake yang saya tau, ya cuma si Lotus paste itu aja sebagai isian Mooncake. Pikiran saya waktu itu simpel aja sih; 

"ah, yang penting dibeli dulu laaahh, cara bikin Mooncakenya bagaimana itu belakangan, gampang ituuu...". 




Namun rupanya pikiran saya itu ternyata gak sesimpel ketika saya mengucapkannya.

Begitu searching resep Mooncake di internet, seketika itu juga saya bingung dengan 2 bahan dasar kue yang sering disajikan saat Perayaan Kue Bulan atau Mooncake Festival pada tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek ini. Dua bahan itu adalah Golden syrup dan Air abu. Setelah saya cari lebih lanjut, ternyata Golden syrup bisa dibuat dengan memasak air dan gula pasir dengan takaran tertentu hingga mengental. 

Tapi bagaimana dengan air abu? Imajinasi saya mendadak liar. Jangan jangan Air abu yang dimaksud di sini adalah air abu jenazah!!!<~ begini nih akibat kebanyakan nonton film vampir cina. 

Gak menyerah, kembali saya cari apa yang dimaksud  dengan air abu. Ketemu sih... cuma sama sekali gak ngebantu. Saya temukan Air abu itu sama dengan air alkaline. 
Uh! gak mungkin juga kan, kalo itu maksudnya air rendaman batu batere? 




Berbulan bulan Lotus paste itu teronggok beku di pojokan chiller lemari pendingin menanti kadaluarsa. Sama sekali tak terlihat karena tertutup tumpukan keju dan butter. Sengaja sih sebenernya, biar saya gak makin merasa berdosa kalo ngelihatnya. Ssstt!! apalagi sampai ketauan sama pak suami kalo saya beli bahan makanan yang kemudian saya sia siakan. 

Hingga kemudian menjelang Imlek kemarin, keberuntungan menghampiri saya. Tanpa sengaja saya dipertemukan dengan resep Mooncake di sebuah blog yang ternyata bahan bahannya very very simple dan gak pake air abu/alkaline sama sekali. Keberuntungan berikutnya, rupanya dalam waktu 2 minggu lagi Lotus paste yang saya beli akan masuk masa expired.Ugh! legaaa....langsung deh saya praktekin.

Yuk ah! langsung aja biar cepet... demikian resepnya.



Mooncake
Source : resepmasakanku.com


Bahan Kulit :

A. 100 gram gula palem
       50 ml air
       50 gram madu

B. 100 gram terigu
       85 gram minyak goreng

C. 175 gram terigu, ayak.
         1 sdt baking powder

Bahan Isi :

300 gram lotus paste 



Cara membuat :

- Rebus gula palem, air dan madu sampai mendidih.

- Masih dalam kondisi panas, masukkan 100 gram tepung terigu yang terdapat pada bahan B, kemudian aduk hingga tercampur rata dan diamkan selama 30 menit.

- Setelah 30 menit, masukkan tepung terigu yang terdapat dalam bahan C, uleni hingga adonan tercampur rata.

- Tuang minyak goreng dan kembali uleni hingga kalis dan lembut.

- Diamkan adonan selama 2 jam sebelum diisi dan dibentuk.

- Timbang dan bentuk bulat bahan isian masing masing seberat 20 gram.

- Timbang dan bentuk bulat adonan kulit masing masing seberat 30 gram. Kemudian pipihkan adonan kulit lalu isikan dengan adonan isi di tengahnya, lalu bungkus bahan isi dengan bahan adonan kulit hingga tertutup seluruhnya dan kembali dibentuk bulat. Kemudian bentuk adonan kulit yg telah diisi tadi dengan cetakan Mooncake.

- Letakan adonan Mooncake dalam loyang yang telah dioles sedikit minyak.

- Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 10 menit lalu keluarkan dari dalam oven dan biarkan dingin selama 15 menit. Jangan abaikan ini untuk menghindari permukaan Mooncake retak.

- Setelah Mooncake dingin, olesi permukaan Mooncake dengan kuning telur lalu panggang kembali selama 15 menit hingga permukaan Mooncake berwarna kuning kecoklatan.

- Angkat Mooncake dan letakan dalam cooling rack hingga benar benar dingin.

- Simpan Mooncake dalam wadah kedap udara dan tunggu 2 hingga 3 hari sebelum disajikan agar kulit Mooncake bertekstur lembut.





Meski rasanya gak kalah sama Mooncake yang pernah saya makan, tapi jujur, eeemm...bentuk Mooncake nya kurang cantik hehehe.... Ini karena saya gak punya cetakan Mooncake yang atasnya ada motif motifnya gitu. Jadi saya hanya memakai cetakan cookies cutter untuk mencetaknya. Beberapa kali saya pernah cari cetakan Mooncake di toko bahan kue langganan, tapi selalu dibilangnya habis melulu, jadilah saya memanfaatkan apa yang ada di rumah saja dari pada keinginan untuk membuat Mooncake jadi surut lagi trus Lotus paste nya keburu kadaluarsa, gimana coba? Iya kan? iya kan?



You Might Also Like

1 comments