,

Buttermilk Pancakes

3:52 PM




Sarapan saya pagi tadi, Buttermilk Pancakes.

Ini bukan kali pertama saya menyajikan pancake untuk sarapan pagi. Biasanya jika Adel dan Aya sedang ada di rumah, sekali waktu di antara sekian hari libur, mereka selalu minta dibuatkan pancake untuk makan pagi. Pada dasarnya bahan utama membuat pancake yang pernah saya posting beberapa waktu lalu di sini, tidak berbeda jauh dengan bahan pancake yang akan saya share. Mengganti penggunaan susu cair dalam resep dengan buttermilk ternyata membuat pancake yang saya buat pagi ini agak berbeda dari biasanya. 

Lalu apa itu buttermilk?

Buttermilk adalah susu cair yang dibuat asam. Teksturnya lebih kental dari susu biasa. Rasa asam buttermilk terjadi karena hasil fermentasi. Biasanya buttermilk dicampurkan dalam adonan muffin, cake dan pancake. Kegunaannya untuk membuat tekstur pancake lebih lembuh dan moist meski menggunakan minim lemak. Sayangnya di Indonesia sendiri buttermilk agak sulit ditemui kecuali di supermarket - supermarket yang menjual bahan makanan import. Itu pun sudah bisa ditebak jika  harganya pasti maharani bikin sakit hati alias mahal bingits.

Namun begitu, ternyata buttermilk bisa digantikan penggunaannya dengan yoghurt dan sour cream dalam jumlah yang sama dalam resep. Tapi lagi lagi sour cream agak sulit dijumpai karena tidak dijual di mini market dekat rumah. Meski yoghurt banyak tersedia di alf* dan ind*mart, akan lain ceritanya jika tiba tiba yoghurt tidak tersedia di rumah saat diperlukan, mengingat masyarakat kita tidak terlalu familiar untuk mengkonsumsi yoghurt sebagai makanan sehari hari meski kita tau besar manfaatnya.

Tapi jangan khawatir trus lantas ngambek dan gak jadi buat pancake... Buttermilk bisa dibuat sendiri kok. Ada beberapa cara mudah membuat buttermilk yaitu :

- Campur 1 cup (240ml) susu cair dengan 2 sdm air perasan jeruk nipis/lemon.

- Campur 1 cup (240ml) susu cair dengan 2 sdm cuka.

atau...

- Campur 1 cup (240ml) susu cair dengan 1 3/4 sum cream of tar tar.

Setelah mencampurkan susu dengan salah satu bahan di atas, selanjutnya diamkan susu selama 5 s.d 10 menit hingga susu mengental dan menggumpal.

Dan Voila! Buttermilk siap digunakan.



Sekarang langsung aja saya tuliskan resep buttermilk pancake nya...


BUTTERMILK PANCAKES
Source : joyofbaking.com



Bahan :

1 cup (130 gram) tepung terigu serba guna

1 sdt baking powder

1/2 sdt baking soda

1/4 sdt garam

2 sdm gula pasir

1 butir telur, kocok lepas

1 cup (240 ml) buttermilk

3 sdm mentega, cairkan.



Cara membuat :

- Campur jadi satu dalam wadah tepung terigu, baking powder, baking soda, garam dan gula pasir.

- Campur jadi satu dalam wadah lain, buttermilk, telur yang telah dikocok lepas dan mentega yang telah dicairkan.

- Buat lubang di tengah tengah terigu, tuang bahan cair sambil diaduk hingga asal rata saja. Jangan mengaduk adonan terlalu lama. Tak mengapa jika adonan masih bergerindil.

- Panaskan wajan teflon. Tuang satu sendok sayur adonan. Jika adonan telah mengeluarkan gelembung gelembung, balik dan masak hingga pancake berwarna kuning kecoklatan.

- Angkat adonan dan sajikan selagi hangat dengan butter, madu, selai atau es krim sesuai dengan selera anda.





Intinya untuk membuat pancake yang bertekstur ringan dan lembut triknya adalah dengan memisahkan bahan kering dengan bahan basah, kemudian baru dicampur menjadi satu dan usahakan mengaduknya seminim mungkin dan asal tercampur rata saja.

Nah sekarang percaya kan kalo buttermilk bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang mudah di dapat? Pokoknya hanya butuh susu cair, lemon/jeruk nipis, cream of tar tar atau cuka untuk membuat buttermilk. Tinggal anda buktikan sendiri lezatnya menyantap buttermilk yang fluffy, yummy dan menul menul membal gitu...

Apa? Anda tak punya susu cairnya?! Ah, kalo itu masalahnya, lebih baik anda kembali lagi ke kamar, tarik selimut dan tidur lagi dan bangun hingga menjelang siang. Biar makannya dirapel aja sama makan siang.


You Might Also Like

0 comments