Spaghetti Panggang Mozarella

2:03 PM




Menu sarapan kali ini sebenarnya dalam rangka menghabiskan pasta yang tersisa. Ceritanya nih, izin sakit Adel dan Aya sudah berakhir dan mereka mau gak mau, suka gak suka, harus balik lagi ke habitatnya masing-masing hehehe... (~‾▿‾)~ bara bara bara... (~‾▿‾)~ bere bere bere... (~‾▿‾)~ <~ nih emak perasaan seneng banget anaknya mau balik ke asrama :P. 

Jadi, pagi-pagi sekali saya udah masakin mereka spaghetti untuk dibawa ke asrama dan dimakan sama teman-teman mereka masing-masing. Satu bungkus besar spaghetti saya masak sekaligus, rupanya setelah saya masukkan ke dalam 2 tempat wadah plastik, mie spaghettinya tetep masih bersisa, yah ada sih kira-kira masih seporsi gitu deh. Padahal yah, udah saya ndet ndet pas masukinnya, **maaf, bahasa alien saya keluar** tapi tetep aja gak bisa ketampung juga. Yaaah memang nasib si spaghetti kali ya, gak bisa ikut ke asrama bareng anak-anak. Dan karena buru-buru udah mau berangkat, yaudah akhirnya mie spaghetti sisanya saya letakan dalam wadah tertutup trus masukin lemari es.

Besok paginya waktu buka kulkas saat nyari sesuatu yang bisa dimakan, eh tau-tau saya liat ada seporsi mie spaghetti. Mau dimakan gitu aja gak enak, karena saus spaghettinya kemarin dihabisin dua anak santri sampe gak bersisa. Mau dibuang, sayang dooonngg... mubajir buang-buang makanan meski cuma sedikit juga. Yah, memang harus dikaryakan kalo gak mau pap buang muka begitu di sodorin sepiring spaghetti tanpa saus sebagai sarapan paginya. (˘▽˘┐) 




Yuk deh, kita buka freezer... hm, daging sapi cincang udah saya habisin kemarin pas bikin saus spaghetti, tapi saya masih punya daging ayam cincang dan  sosis ayam, yaudah pake itu aja. Saya juga punya keju mozarella dan masih ada 2 butir telur tersisa di kulkas. Baiklah, mari kita bikin spaghetti panggang. Spaghetti panggang ini sebenernya ide saya sendiri, gak tau juga deh apakah di luaran sana emang ada atau gak makanan dengan judul spaghetti panggang mozarella ini.

Spaghetti panggang ini sebenernya beda-beda tipis sama macaroni schotel yang pernah saya bikin dulu, atau malah sama? ah gak tau deh... yang penting baik spaghetti maupun macaroni adalah sama-sama pasta, jadi sepengetahuan saya cara mengolahnya juga hampir-hampir serupa. Lagi pula sah-sah aja lah, biar kumpulan resep saya makin banyak dan ada yang bisa saya posting di sini, setuju kan? 



Karena resep ini hasil ngarang, jadi pas masak saya gak pake takaran. Semua asal cemplung. Tapi demi anda, saya akan tuliskan resepnya disini (˘⌣˘) tapi kira-kira yaaa.... 


Spaghetti Panggang Mozarella
By : saya sendiri


Bahan-bahan :

1 genggam spaghetti
*kenapa selalu pake genggam? namanya juga resep kira-kira, jeng.... yaah kurang lebih setara dengan 150 gram*

100 gram daging ayam cincang

2 buah sosis ayam, potong bulat

1/2 buah bawang bombay, cincang kasar

2 siung bawang putih, cincang halus

1/2 sdt lada bubuk

1/4 sdt pala bubuk

1 sdt kaldu bubuk (optional)

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

1 sdm susu bubuk

250 ml susu cair

2 sdt oregano

50 gram keju cheddar parut

2 butir telur

2 sdm mentega untuk menumis

Keju mozarella secukupnya




Cara membuat :

- Rebus spaghetti dengan sedikit minyak dan garam. Rebus hingga al dente atau lihat petunjuk memasak pada kemasan dan tiriskan.

- Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang hingga harum.

- Masukkan daging ayam cincang hingga berubah warna dan matang.

- Masukkan sosis ayam, aduk rata.

- Masukkan lada bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk, garam, gula pasir, aduk rata.

- Masukkan spaghetti, aduk rata. Lalu tuangkan susu cair, keju cheddar parut, dan susu bubuk dan oregano, aduk kembali hingga rata dan cicipi rasanya.

- Matikan api dan dinginkan sebentar. Kemudian masukkan telur, aduk rata dengan cepat dan jangan sampai telur menggumpal.

- Tata dalam pinggan tahan panas / ramekin. Taburi keju mozarella atasnya.

- Panggang spaghetti selama 20 menit dalam oven yang telah dipanaskan lebih dahulu sebelumnya.

- Sajikan hangat dengan saus botolan. 






Gimana? ternyata makanan sisa tetap bisa disulap jadi makanan yang enak kan? Selain hemat karena memanfaatkan bahan makanan yang tersisa, juga sehat. Ya iyalah, gimana gak sehat karena terbuat dari bahan-bahan segar dan mengandung unsur gizi yang lengkap juga dimasaknya dengan cara dipanggang hingga minim pemakaian minyak. Penggemar gorengan yang suka beli bakwan, tempe goreng dan tahu isi, tinggalin tuh kebiasaan makan yang berminyak-minyak. *umpetin jamur krispi di bawah meja dan elap mulut berminyak pake punggung tangan*

Ini serius! saya pernah baca bahaya akibat terlalu sering makan makanan berminyak, dan nanti ketika usia sudah diatas 40, penyakit pada antri. Untuuuunngg saya baru 25an. Hiiihh.. pokoknya ngeri lah! mari sama-sama kita ketok meja tiga kali sambil bilang amit-amit deh... 




Nah gimana, gak susahkan bikinnya?

HAH?! (۳º̩̩́_º̩̩̀)Û³  ya ampuuuunn.... itu kamu dipojok sana yang masih bilang susah, mau jadi apa kamu?! Cukup sudah para lelaki di dunia ini yang kini menguasai kerjaan perempuan. Mau ditaruh dimana muka Kartini kalo lihat sekarang banyak perancang busana,  laki-laki... hair Stylist, laki laki... make up artist, laki-laki... koki restoran dan hotel,  laki-laki juga... lalu perempuan dapet apaaaahh?! Awas kalo ada yang bilang dapet suami, saya suruh ngunyah merica kamu nanti!. **pembaca pada kabur**

You Might Also Like

2 comments

  1. hahahahahaha..ke sindir sayah!! *kabuurrr ke dapurr ahh..qiqiqiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hei, berhenti! jangan kabur kamu... (╯҂ ‵□′)╯

      Delete