,

Bubur Ayam

8:30 AM


____tangan diperagakan oleh model____


Selamat pagi. Sudah sarapan kah anda hari ini? Bagaimana bila sarapan semangkuk bubur ayam pagi ini? Hm... yummy kan... Semoga postingan saya hari ini bisa membangkitkan ide anda untuk coba membuat bubur sebagai sarapan anda besok pagi.

Pada awalnya ide untuk membuat bubur ini gara-gara anak-anak pada sakit. Sakit Aya yang beberapa hari lalu itu rupanya belum sembuh benar, belakangan ketahuan Aya kena campak dan Adel amandelnya bengkak. Setelah kami jemput, akhirnya mereka diizinkan untuk istirahat dua hari di rumah. Sampe di rumah setelah jemput mereka, rupanya udah menjelang pukul 12 malam. Sebenernya pengen banget langsung naik tempat tidur begitu nyampe rumah, tapi karena inget besok gak punya apa-apa untuk sarapan apalagi ada si sakit, akhirnya saya putar otak harus bikin apa buat sarapan kami berempat besok pagi.

Aha! kenapa saya gak buat bubur aja. Saya ingat, saya kan punya asisten pribadi yang bisa masak bubur sementara saya tidur. Ya, apalagi kalo bukan slow cooker. Kalo dulu mah, denger kata 'bikin bubur' aja ini badan rasanya langsung meriang mendadak, apalagi mau bikinnya.




Ngomongin bubur, jadi inget ketika Adel bayi harus mulai diperkenalkan dengan makanan padat dan itu artinya saya harus membuatkan Adel bubur saban pagi. Uh, kiamat rasanya. Bikinnya dikit tapi masakanya berjam-jam. Apalagi harus selalu diaduk dan ditungguin, kalo gak pasti berkerak. Otomatis saya gak bisa ngapa-ngapain kecuali harus berdiri lama di depan kompor. Dan untuk itu saya juga jadi musti bangun lebih pagi biar bisa buat semangkuk bubur untuk Adel dan tetap gak telat masuk kantor.




Ya, tapi itu adalah masa lalu saya. Sekarang sudah jauh beda. Kalo dulu saya harus menghabiskan waktu lama di depan kompor, sekarang saya bisa melakukan aktifitas lain sementara slow cooker memasak, seperti krimbat, luluran, maskeran, nonton drama korea bagi yang suka atau bobo bobo cantik bagi pemalas kaya saya. :) Kalo dulu saya selalu rela antri di warung bubur ayam di jalan meruya yang rame banget di jam-jam pulang kerja, sekarang dengan bangga saya menyiarkan ke seluruh penjuru dunia jika saya udah bisa bikin bubur sendiri yang rasanya endang gulindang nendang. :)




Sekali lagi, gak rugi deh punya slow cooker. Saya aja nih, semenjak punya slow cooker, jadi rajiiiinn banget masak makan. Juga, jadi kepengen lagi punya bayi! Hihihi... biar bisa masakin bubur tiap hari. :))

Oia, bubur yang dimasak dengan slow cooker juga beda jauh hasilnya sama bubur yang dijual abang bubur pagi-pagi. Bubur yang dimasak dengan slow cooker hasilnya lebih kental dan legit. Teksturnya padat dan bubur juga gak gampang berair meskipun sudah dingin. 




Karena untuk membuat bubur ini saya gak pake resep apa-apa dan bener-bener asal cemplung aja, maka saya pake resep kira-kira aja ya... inshaallah enak kok. Demikian resepnya.


Bubur Ayam
By : saya sendiri

Bahan :
2 genggam beras. 
Wah pasti pada langsung bingung nih ngira-ngira seberapa besar telapak tangan saya, ya kan? Berhubung telapak tangan saya cukup besar dan mantep banget buat nabok orang, jadi saya ambil kesimpulan banyaknya kira-kira 1 cangkir. Cuci bersih beras dan tiriskan
1 liter air
1 batang serai
1 sdt kaldu bubuk (optional)
1 sdt garam
2 sdm minyak wijen

Pelengkap :

Chicken golden fillet merk Bellfood, goreng, tiriskan dan potong-potong.
Daun seledri cincang
Bawang goreng
Merica bubuk
Sambel dan kecap asin botolan

Cara membuat :

- Masukkan beras, air, serai, kaldu bubuk, garam dan minyak wijen ke dalam mangkuk keramik. Aduk rata.

- Setting suhu rendah dan masak selama 8 s.d 10 jam.

- Setelah 8 s.d 10 jam bubur akan terlihat kental. Aduk-aduk sebentar, cicipi rasanya lalu sajikan dengan pelengkap.




Biasanya jika saya sedang gak punya persediaan daging ayam olahan seperti chicken golden filletnya Bellfood ini, saya akan menaburkan abon ikan tuna sebagai teman makan bubur. Wuih, pokoknya gak kalah enak kok. Sayangnya bubur ayam saya kali ini minus emping. Udah keburu laper soalnya, jadi gak sempet buat menggorengnya. :)

Dan untuk sambelnya sendiri saya pakai hot chili sauce merk DG Master Chef. Awalnya saya beli gak sengaja malah. Saya pikir sambel ini jenisnya macam saus sambal pada umumnya yang sering jadi teman makan mie instant atau ayam dan kentag goreng, ternyata bukan sodara-sodara. Sambal produksi tetangga jiran ini rasanya cendrung asin, gurih tanpa ada rasa manisnya sama sekali dan tentu saja sesuai judulnya, HOT! Sempet kepikiran sih, jika sambal dalam kemasan botol ini pasti selanjutnya akan menjadi penghuni tetap lemari es sampai tanggal kadaluarsa membuat saya punya alasan untuk membuangnya. Awalnya, saya mengira jika sambal ini sangat cocok sekali untuk makan bakmi ayam dan bakso. Ternyata saya salah! ak cuma untuk kedua jenis makanan tersebut, ternyata sambel ini juga cocok banget untuk disantap dengan semangkuk bubur.




Baiklah, sudah terlalu banyak saya berceloteh nampaknya, selamat membuat bubur sendiri di rumah. Ingatlah, biarkan slow cooker bekerja, anda tinggal makan enak setelahnya hehe... :D

Oia, setelah kemaren saya secara tiba-tiba kepengen jualan jamur krispi gara-gara berhasil bikin jamur kriuk yang garing, renyah dan enak, entah mengapa sekarang saya mendadak jadi pengen jual bubur ayam di pinggir jalan gituh...?! :)) 



You Might Also Like

5 comments

  1. resepnya untuk berapa porsi y mb?

    ReplyDelete
  2. buburnya untuk berapa porsi mb? ditunggu resep lainnya karna baru pemula nih mo pake slow cooker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira 4 sampai 5 porsi gitu deh mbak, lupa saya... udah lama banget gak bikin bubur soalnya :)

      Nah itu dia... udah lama saya gak nyenggol nyenggol slow cooker, jadi belum sempat eksekusi resep slow cooker yang lain, maklum lagi punya hobi baru. :)) Tapi mudah mudahan segera ada resep slow cooker baru yang kelak saya posting ya.... doakan.

      Salam :*

      Delete
  3. Mba, kalau slow cooker merek Takahi bagus ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu sih raja nya slow cooker mbak.... ;)

      Delete