,

bolu kukus (sungguh! kali ini benar2 merekah)

1:03 PM





Masih ingat dengan 'dendam' saya pada bolu kukus tempo hari kan?
Nah, sisa liburan kemarin akhirnya saya mencoba untuk menaklukannya. 

Bolu kukus sendiri sebenarnya merupakan penganan yang sederhana saja. Memakai bahan2 yang juga sederhana. Cara buatnya? sebenarnya sederhana juga, tapi entah mengapa banyak sekali yang gagal saat mencoba membuat bolu kukus ini, hingga ada istilah 'kutukan bolu kukus' bagi yang gagal meski telah berkali2 mencobanya.

Maka setelah blogwalking ke beberapa blog dan membaca trik2 agar berhasil membuat si bolu kukus bisa tertawa, saya pun akhirnya siap untuk menaklukan si bolu kukus.

Kali ini saya pakai resep yang berbeda dari resep bolu kukus yang sebelumnya pernah saya buat. Kali ini resepnya menggunakan air minuman bersoda. Barangkali ini yang membuat kerja baking powder lebih maksimal hingga membuat si bolu kukus bisa mekar merekah.

Setelah mengukusnya selama 15 menit, dengan berdebar saya kemudian membuka tutup kukusan yang terbungkus kain serbet. Dalam hati saya membathin, 'ah, kalo kali ini gagal juga, berarti saya benar2 terkena kutukan bolu kukus'

Tapi begitu tutup kukusan terbuka....

Voila!

Bolu kukus saya tertawa lebar sekali :)


Berikut resepnya yang saya ambil dari blog funntasty.

Bolu Kukus
Source : Fatma Bahalwan


Bahan :

250 gram tepung terigu
225 gram gula pasir
2 butir telur
150 ml air bersoda
1 sdt emulsifier
1 sdt vanili ekstrak
1 sdt baking powder

Cara membuat :

- Alasi cetakan bolu kukus dengan papercup
- Panaskan kukusan
- Campurkan semua bahan dan kocok selama 10 menit sampai adonan kental.
- Ambil sebagian adonan di mangkuk kecil dan beri pewarna sesuai selera.
- Tuang adonan putih 3/4 penuh lalu sendokan adonan berwarna.
-Kukus selama 15 menit.


Nah, tunggu apalagi.... silakan dicoba. Pasti berhasil.
Happy cooking :)


You Might Also Like

6 comments

  1. Hari ini saya mencoba untuk kesekian kalinya... Dan memang tidak merekah,kalo rasa sih mungkin boleh lah ya...Sepertinya akan mencoba saat ini juga... Terima kasih semangatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bolu kukusnya gak pernah merekah, gimana kalo buat yang gundul aja? bolu kukus yang sengaja dibikin mingkem gak ketawa. sama-sama dikukus, sama-sama enak rasanya dan sama cantiknya. resepnya bisa lihat disini --> http://dapur48.blogspot.com/2013/09/bolu-kukus-polkadot.html

      Delete
  2. mba delfa,
    tolong jelaskan yang dimaksud dengan air bersoda contohnya apa? spt sprite betul?
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mbak... contohnya sprite. Minuman bersoda yg lain juga boleh kok, hanya saja adonan bolkusnya jadi berwarna. Selamat mencoba ya, mbak... :)

      Delete
  3. mbak itu ngocoknya harus pake mixer kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak, mengocoknya menggunakan mikser hingga adonan kental. selamat mencoba :)

      Delete