, ,

apple pie

2:02 PM



 Pulang mudik lebaran kemarin, diam2 rupanya ibu mertua menyisipkan 10 buah apel selain segudang oleh2 lain buat saya. Jangan ditanya! Ibu memang gemar sekali membawakan saya apa saja sebagai buah tangan, entah saat ibu datang mengunjungi saya atau ketika saya datang ke rumah ibu.  Tapi karena saya memergokinya sebelum kotak oleh2 ditutup ibu dengan lakban, akhirnya saya mengurangi dan hanya mengambil 4 buah saja. Pertimbangannya karena saya tau apel bukan buah favorit bagi Adel dan Aya. Dan ternyata dugaan saya benar. 4 buah apel pemberian ibu tak berkurang dan sama sekali tak pernah disentuh oleh seluruh penghuni rumah setelah hampir seminggu menghuni lemari es.

Mau gak mau 4 buah apel ini harus dikaryakan agar tak terbuang percuma.

Kali ini mau saya buat jadi apple pie. Resepnya sendiri hasil gabungan dari dua blog yaitu blog mbak Hesty dan mbak Yulyan. Ini dia resepnya.


Apple Pie
Source : hesti-myworkofart & dapur-eeyand

Bahan-bahan:

Kulit Pie

300 gram tepung terigu
150 gram margarine/ butter
5 sdm gula halus
1/2 sdt garam
2 kuning telur
5 sdm air es

Apple Filling

4 buah apel. diiris tipis
75 gram gula pasir
1/4 sdt garam
2 butir cengkeh
5 cm kayu manis
2 sdm tepung terigu
2 sdm butter

Cara membuat :

Apple Filling

- Masak air bersama gula pasir.
- Masukkan irisan apel lalu tambahkan kayu manis, cengkeh, butter dan garam. Masak hingga apel layu namun tidak hancur.
- Setelah air menyusut, masukkan 2 sdm tepung terigu lalu masak hingga meletup2. Angkat dan dinginkan.


Kulit Pie

- Tuang dalam wadah dan aduk rata terigu, gula dan garam.
- Masukkan butter dan aduk menggunakan spatula atau sendok kayu hingga berbutir2.
- Tuang telur, aduk rata.
- Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diaduk menggunakan ujung jari hingga membentuk adonan.
- Istirahatkan adonan di dalam kulkas selama 15 s.d 30 menit.
- Giling tipis adonan setebal 1/2 cm. Letakan dalam loyang pie. Ratakan menyeluruh pada dasar hingga dinding loyang.
- Sisakan adonan untuk penutup pie.
- Tuang adonan filling kedalam loyang.
- Gilling tipis sisa adonan, lalu potong2 selebar kurang lebih 1 cm, dan atur di atas loyang hingga membentuk pola lattice.
- Olesi permukaan lattice dengan kuning telur.
- Oven dengan suhu 175'C selama 45 s.d 60 menit.


You Might Also Like

0 comments