,

pempek palembang

12:43 PM



Sesuai janji, maka kali ini saya akan memposting resep pempek yang saya buat beberapa hari yang lalu. Ini adalah kali kedua saya membuat penganan terbuat dari ikan ini. Pertama kali membuatnya sudah lama sekali. Saking lamanya, bagaimana cara membuatnya, resepnya, apalagi rasanya, sama sekali udah lupa. Pokoknya yang saya inget cuma saat buatnya yang ribet. Dan pempeknya, keras pula. Ugh!.

Nah begitu liat resep pempek di blog just try and taste, saya pun tertarik untuk mencobanya kembali. Apalagi seingat saya, saya masih punya stock ikan tenggiri di freezer. Selain itu, kebayang deh gimana senangnya dua anak dara yang bakal saya jenguk besoknya sambil dibawain pempek buat buka puasa. :)

Yuk mari dilihat resepnya mbak Endang yang telah sedikit saya modifikasi.



Pempek Palembang

Bahan Pempek :

- 500 gram daging ikan tengiri yang masih segar.
- 200 ml air es
- 1/2 sdm garam
- 3 siung bawang putih
- 300 gram tepung sagu (saya pakai sagu Tani)

Cara Membuat  Pempek :
  1. Masukkan daging ikan tengiri, bawang putih, garam, dan air es ke dalam food processor. Proses hingga halus.
  2. Tuang daging ikan yang telah halus ke dalam baskom, lalu tambahkan tepung sagu, aduk dan uleni hingga kalis. Oia, jangan mengaduknya terlalu keras seperti mengaduk adonan roti ya! karena akan mengakibatkan pempek ketika sudah matang akan menjadi keras dan alot. Aduk cukup menggunakan ujung jemari saja. Jika masih lengket tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu. Terus uleni hingga adonan tidak lengket di tangan.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan besar sebesar bola pingpong. Lalu buat cekungan di tengah adonan. Tekan2 dengan ujung jari hingga membentuk kantung yang memanjang.
  4. Pecahkan telur di gelas ukur (yang ujungnya membentuk corong) agar mudah memasukkan telur ke dalam adonan, tuangkan telur ke dalam cekungan yang telah dibuat, kemudian rapatkan ujung kantung yang terbuka hingga benar2 rapat.
  5. Masukkan pempek ke dalam air yang sebelumnya telah kita rebus hingga mendidih dan ditambah dua sendok makan minyak goreng, lalu rebus hingga pempek mengapung di permukaan air. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga semua bahan habis.
  6. Goreng pempek dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
Bahan Cuko :

- 5 buah cabai merah keriting, haluskan
- 4 buah cabai rawit, haluskan
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 2 sdm ebi, rendam dalam air panas kemudian haluskan
- 500 ml air
- 150 gram gula merah, sisir
- 50 gram gula pasir
- 25 gram garam
- 3 sendok makan cuka

Cara Membuatnya :

Masukkan semua bahan saus ke dalam panci, rebus hingga mendidih dan gula larut. Cicipi rasanya. Jika sudah sesuai rasa asam, manis, pedas dan sedikit asin, matikan api lalu angkat dan saring.



Hasilnya? Wuiiiihh....mantap! Rasanya lebih mantap dari pada pempek yang kita beli di luar. Rasa gurih pempeknya benar2 keluar dari daging ikan bukan dari bahan penyedap tambahan, dan yang terpenting nih.... gak keras sama sekali. Mungkin ini karena komposisi pemakaian daging ikan yang lebih banyak dari pada tepung sagunya ya...

Gak percaya? cobain deh buat sendiri di rumah. Selain terjamin kebersihan dan kesegaran bahan baku pembuatannya, juga kita terhindar dari bahan pengawet dan pemutih yang biasa ditambahkan dalam pembuatan pempek.

Dan satu hal yang paling membahagiakan adalah ketika melihat Adel dan Aya lahap banget makannya. Sampai2 temannya Aya bilang;

"Bunda Aliya, ini Bunda Aliya yang bikin ya?" yang kemudian saya jawab dengan anggukan sambil tersenyum.

"Kok bisa sih?" tanyanya lagi sambil kebingungan, yang kemudian saya jawab dengan tertawa saling pandang dengan Aya.


You Might Also Like

0 comments