,

puding pelangi

10:35 AM



Rencananya Sabtu sore besok, saya ingin menjenguk Adel dan Aya di asramanya. Menjenguk kali ini, agak istimewa, kenapa? bukan karena saya merubah jadwal menjenguk mereka, tapi karena kesempatan menjenguk kali ini bertepatan dengan bulan puasa. Itu juga sebabnya saya merubah waktu menjenguk dari Minggu pagi menjadi Sabtu sore.

Mengingat sejak puasa pertama kami belum pernah berkesempatan berbuka puasa bareng, maka dikesempatan ini saya memang sudah mempersiapkan makanan2 buka puasa sesuai kegemaran mereka. Ada yang minta dibuatiin rendang, ayam goreng, sop buah, puding sampai pempek. Akhirnya, sejak semalam saya mulai buat satu persatu permintaan mereka. Saya mulai dari memasak rendang, pempek (resep saya tulis menyusul) kemudian puding.

Awalnya sempat bingung mau buat puding apa. Mau buat puding caramel seperti yang biasa saya buat, kok takut mereka bosan. Eh, pas lagi kebingungan, mendadak saya baca resep puding pelangi ini di sebuah tabloid  boga. Wah! kelihatannya enak juga nih... apa lagi penampakannya warna warni gitu, bikin makin napsu mau makannya. :)

Baiklah ini dia resepnya dengan sedikit saya modifikasi.


Puding Pelangi

Bahan A :

2 bungkus agar2 bubuk (bening, tanpa warna)
200 gram gula pasir
1.400 ml air
Pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya.


Bahan B :

2 bungkus agar2 bubuk (bening, tanpa warna)
200 gram gula pasir
1.400 ml susu cair (boleh diganti santan)
Pewarna merah, jingga, kuning hijau, biru dan ungu secukupnya.


Cara membuatnya :


  1. Adonan A : Campur semua bahan (kecuali pewarna), masak hingga mendidih, angkat.
  2. Adonan B : Campur semua bahan (kecuali pewarna), masak hingga mendidih. 
  3. Jangan matikan api! Gunakan api kecil agar kedua bahan terus mendidih supaya tidak beku.
  4. Ambil adonan puding A sebanyak 100 ml, tambahkan pewarna merah, aduk rata dan tuang dalam gelas saji. Tunggu sebentar hingga permukaan puding beku. Lalu ambil adonan puding B sebanyak 100 ml, tambahkan pewarna merah, aduk rata dan tuangkan kembali diatasnya. Biarkan agak sedikit beku lalu tuang lagi dengan adonan A dan B secara berselang seling dengan menggunakan pilihan warna yang lain.
  5. Ulangi melapis hingga adonan puding habis dan diamkan hingga beku.

Vla/Saus Puding Vanilla

Bahan :

500 ml susu cair
100 gram gula pasir (bisa ditambah jika kurang manis)
2 butir kuning telur
11/2 sdm tepung custard / maizena
1 sdt vanilla esens
1 sdt rum esens (optional)

Cara membuatnya:

  1. Masukkan semua bahan dalam panci kecuali rum esens. Aduk rata menggunakan baloon whisk. Lalu masak dengan api sedang sambil terus diaduk2 hingga adonan mengental dan meletup2.
  2. Matikan api kemudian masukkan rum esens dan aduk rata kembali. 
  3. Setelah dingin, tuang vla ke atas puding lalu masukkan dalam lemari es, lalu sajikan setelah beku dan dingin. 



You Might Also Like

0 comments