,

Sayur Lodeh

9:17 AM





Sudah tiga bulan ini, semenjak udah gak kerja lagi, entah kenapa saya jadi males banget buat masak. Bawaannya pengen ngerjain yang saya suka aja seharian. Akibatnya, saya jadi sering telat makan siang karena begitu saya merasa lapar tapi saya gak tersedia nasi dan lauk pauk yang bisa dimakan. Padahal tiap hari sebelum berangkat kerja, pak suami selalu nyaranin saya untuk masak dulu pagi pagi sebelum saya mengerjakan kesibukan yang lain biar ketika saya sudah lapar ada sesuatu yang bisa dimakan, etapi saya nya aja badung. Saya lebih suka menganjal lapar dengan makan biskuit dan minum air.  Akhirnya seminggu  kemaren badan rasanya gak karuan. Deman menjelang malam dan nyeri kepala setiap siang.

Gejala typus akhirnya mampir juga menyapa. Pulang dari dokter pak suami bilang kalo saya aneh, karena saat udah gak kerja kok malah kena typus. *suami geleng geleng*


Sekarang sih udah enggak. Sebisa mungkin saya masak untuk saya makan sendiri. Tapi masaknya ya cuma itu itu aja. Yang gampang dan praktis. Kalo gak goreng telor ya goreng tahu atau tempe. Kalo gak mie rebus ya mie goreng. 



Ups, keceplosan! Ssstt....untuk yang terakhir itu jangan diaduin ke suami saya yah!. 


Masakan yang lain juga saya lebih milih yang praktis dan gak mau yang susah susah. Saya segaja milih masak sayur yang bumbunya gak musti saya ulek tapi cuma diiris iris aja. Jadi kalo gak bikin tumis tumisan ya saya bikin sayur bayam atau sayur lodeh yang bumbunya diiris kaya gini. <~ bukan karena alasan simpel, padahal emang baru cuma bisa masak itu doang tapi Alhamdulillah biar segitu juga udah suka dipamerin di blog kok. Wek!


























Sejak kecil saya taunya sayur lodeh buatan mama saya itu bumbunya diulek halus kemudian ditumis. Makanya jangan heran kalo sayur lodeh adalah sayur yang jarang mampir di rumah saya sejak saya menikah. Tapi begitu kenal sama sayur lodeh resep ibu mertua dengan bumbu diiris begini, saya jadi akrab bener dengan sayur lodeh. Sedikit sedikit masak sayur lodeh, bentar bentar menunya sayur lodeh. Makanya gak heran kalo Adel mabok sayur lodeh abis sejak kecil dikasih makan ginian melulu.

Kalo saya bilang sayur lodeh ini perpaduan antara sayur asem dan sayur sop karena sayuran yang ada di kedua masakan itu ada disini semua. Oia jangan lupa sama terong karena sayur lodeh lekat sekali dengan sayur yang satu ini. Tapi saya sendiri sih jarang banget pake terong di sayur lodeh yang saya buat, bukan kenapa napa juga, ya karena saya kurang suka aja terong dibuat sayur begini. Saya lebih suka jika terong dibalado. Kebalikan dari saya, justru pak suami suka banget sama sayur terong.

Ngomong ngomong tentang terong, saya punya kisah yang gak bakal saya lupa. Dulu gak lama setelah nikah, saya dan pak suami pulang ke rumah ibu mertua. Seperti biasa ibu nanya ke saya dan pak suami mau dimasakin apa. Langsung aja pak suami bilang "jangan terong". Saya yang emang gak suka langsung spontan ngangguk dan ikutan bilang " iya bu, jangan terong". Tapi begitu mau kan siang, sayur terong tersaji sepanci besar di atas meja. Belakangan saya baru tau kalo kata jangan dalam bahasa jawa pengertiannya adalah sayur. Tapi tetep waktu itu sayur terongnya saya makan seolah saya sukaaa banget sayur terong. Dan kisah lucu ini baru saya ungkap ke suami setelah belasan tahun kami menikah yang kemudian ditimpali suara ngakak tawa pak suami.




Sayur Lodeh
Cap ibu mertua



Bahan :

5 utas kacang panjang, potong sepanjang ruas jari
1 buah wortel, kupas dan iris serong
200 gram labu siam, kupas kulitnya dan potong potong
200 gram pepaya muda, kupas kulitnya dan potong potong
1 buah jagung manis, potong potong
Buah dan daun melinjo, secukupnya
1 batang daun bawang, potong potong serong
1 papan petai, kupas
1 buah terong ungu, potong potong (saya gak pake)
1000 ml santan
250 ml air


Bumbu :

2 buah cabe merah, iris serong
5 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
2 lembar daun salam
Seruas jari lengkuas, geprek
Garam dan gula secukupnya
Penyedap secukupnya (optional)



Cara membuatnya :


- Rebus 250 ml air dalam panci hingga mendidih.

- Masukkan semua bumbu yang diiris juga daun salam dan lengkuas. Dilanjutkan masukkan jagung, wortel, labu siam, pepaya muda dan buah melinjo. Masak hingga mendidih dan setengah matang.

- Tuang santan, aduk aduk agar santan tidak pecah.

- Selanjutnya masukkan sayuran sisannya; kacang panjang, daun melinjo, terong, petai dan daun bawang.

- Bumbui dengan garam, gula dan bumbu penyedap. Cicipi hingga rasanya pas. Masak hingga semua sayuran matang lalu segera matikan api.

- Sayur lodeh siap dihidangkan.





Kembali lagi ke sayur lodeh. 
Kalo ditanya gimana rasa sayur lodeh cap ibu mertu bikinan saya? Yah, jawabannya tergantung pada siapa pertanyaan tersebut ditujukan. Kalo pada suami, sudah pasti dia lebih ngacungin jempol untuk sayur lodeh buatan ibunya. Kalo pada Adel, spontan pasti dia bilang tidak karena seperti sudah saya ceritakan tadi kalo Adel udah mabok sayur lodeh sejak kecil akibatnya sekarang dia bener bener gak suka banget sama sayur lodeh. Pada Aya, saya yakin banget Aya bakal balik nanya ke saya "ada semur jengkol gak, bun?". Nah lebih baik bertanyanya pada saya, karena sudah pasti saya bilang sayur lodeh bikinan saya paling endes seendonesiyah. Yuk makan!







You Might Also Like

1 comments

  1. cieee....ada yang nawarin ikut contest chef nih..cieeee..., dah lama aku gak mampir di sini yaa..kangeeeennnnn

    ReplyDelete