, ,

Bakpao Isi Unti Kelapa Durian

5:26 PM


































Resep ini late post banget sebenernya. Seingat saya, saya membuat bakpao ini di pertengahan tahun 2014 deh kalo gak salah dan ajaibnya baru sekarang punya kesempatan untuk diposting di sini. Yah apalagi alasannya kalo bukan kena virus males. Tapi untungnya saya langsung dokumentasiin bakpaonya beberapa jam setelah keluar dari kukusan jadi biar pun late post begini, tetep bisa dipamerin ke anda sekalian seolah saya bikin bakpao nya baru tadi pagi. Biar terkesan saya bagai ibu rumah tangga yang rajin dan agar bisa disejajarkan juga dengan ketenaran mbak Astri Nugraha sebagai role mode ibu rumah tangga sakses yang serba bisa meskipun aslinya mah saya males banget. 
. *dijewer mbak Astri* 

Jadi kuncinya, jangan pernah males moto! Foto aja dulu, publish nya mah belakangan. Kan bisa kapan ajah.... *plak!* Ngajarin pembaca gak bener.


Mari kembali lagi ke mbak Astri. Loh kok mbak Astri bukan bakpao? iya, karena resep bakpao nya saya ambil dari blog miliknya mbak Astri, resepnugraha.net yang saat ini sedang dalam maintenance, jadi saya gak bisa bikin link nya.

Karena waktu itu saya lagi kepengen banget makan bakpao kampung yang isinya unti kelapa, jadilah saya bikin isian bakpao ini dengan parutan kelapa muda dengan gula merah. Tapi yang bikin bakpao kampung saya ini rasanya gak kampungan, saya menambahkan daging durian ke dalam unti kelapanya. 

 Resep bakpao nya saja yang saya ambil dari blog mbak Astri sementara untuk isiannya saya ngarang ngarang aja sendiri. Mudah mudahan dan Inshaallah saya gak lupa sama resep unti kelapa duriannya. Tapi kalo emang rasanya ada yang kurang, mohon dimaafkan ya... namanya juga resep ngarang.





Yuk! cekidot resepnya....




Bakpao Isi Unti Kelapa Durian



Bahan Bakpao :

400 gram terigu protein sedang
1 sdt baking powder
11 gram ragi instan
200 ml air hangat
150 gram gula pasir
50 gram mentega putih (shortening)


Bahan Isi :

1 butir kelapa yang sedang tuanya, kupas kulit arinya dan parut memanjang.
4 gelundung gula jawa, sisir halus
Gula pasir secukupnya (jika kurang manis)
Garam secukupnya
Air secukupnya
Daging buah durian secukupnya.


Cara membuat isi :

Campur bahan isi menjadi satu dan masak hingga semua bahan tercampur rata. Terakhir tambahkan daging buah durian beberapa menit sebelum diangkat. Sisihkan.



Cara membuat bakpao :

- Campur dalam satu wadah tepung terigu dan baking powder, aduk rata dan sisihkan.

- Dalam wadah yang lain, campur air hangat, gula pasir dan ragi instan, aduk dan tunggu hingga berbuih kurang lebih 15 menit.

- Masukan campuran ragi ke dalam wadah berisi terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan tercampur rata. Pada tahap ini adonan terasa agak lengket di tangan. Teruskan menguleni hingga adonan tidak lengket lagi.

- Setelah kalis, bentuk adonan menjadi bulatan besar dan diamkan dalam baskom sambil tutup dengan plastik wrapping. Diamkan kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

- Setelah mengembang tambahkan garam dan mentega putih lalu uleni kembali hingga kalis dan tercampur rata.

- Ambil adonan @ 30 gram lalu masukkan adonan isi kedalamnya kemudian bentuk bulatan dan alasi kertas roti yang telah dipotong kecil kecil pada bagian bawahnya. Diamkan kembali selama 15 menit.

- Selanjutnya kukus bakpao yang telah diisi dalam kukusan yang telah beruap panas dengan api sedang selama 15 menit sampai matang.

- Sajikan hangat.





Jangan percaya tahun 2015 yang saya cantumkan dalam watermark di foto karena sudah pasti itu ngawur. Tapi percayalah kalo saya bilang jika bakpao isi unti kelapa ini rasanya enak banget. Barangkali penambahan daging durian yang membuat bakpao ini rasanya bikin beda. Saya aja sampe abis banyak makannya. *gak heran*

Tapi sayang anak anak kurang begitu suka dengan segala sesuatu yang beraroma durian.  Jadi yang makan cuma saya sama pak suami doang. Tapi Adel dan Aya saya buatkan juga bakpao yang diisi cokelat meises. Haahh....! syukurlah, jadi saya gak punya saingan untuk ngabisin bakpao sendirian. Pak suami gak masuk itungan karena dia lebih suka mengalah dan senang kalo istrinya gendut. 







You Might Also Like

1 comments