Egg Taart

9:50 PM





Ceritanya nih.... gara gara khawatir resep Egg Taart ini tercecer kemudian hilang karena kelamaan menghuni rak buku, dan lantaran aneh juga kalo saya mencatat resep Egg Taart ini di blog tanpa disertakan foto sebagai bukti kalo saya emang benar benar sudah mencobanya, akhirnya saya pun mempraktekan resep yang saya dapet saat ikut kursus demo masak di Ingredient beberapa waktu yang lalu ini dan memamerkannya pada anda semua.

Tapi ya beginilah, kalo niat ngebaking tapi didasari alasan takut kehilangan resep dan cuma buat dapet fotonya doang, bukan karena emang bener bener pengen menambah ilmu perbakingan. Hal ini makin diperparah lagi dengan sifat jelek saya yang menganggap sebuah resep yang sudah pernah saya lihat demonya pasti gampang lah untuk saya lakukan sendiri di rumah.

Waktunya tiba. Bahan bahan yang diperluin untuk membuat Egg Taart udah siap semua di atas meja. Udah rapi juga saya timbangin. Step by step membuat Egg Tart dalam resep cuma saya baca sekenanya trus resep saya tutup dan saya kembaliin lagi ke dalam rak buku buat nanti saya salin pas nulis resep di blog. Saya pun mulai membuat Egg Tart tanpa melihat resep kecuali hanya ketika menimbang bahan bahan yang diperluin.




EGG TAART
By : Chef Lanny Soechan



Bahan Kulit :

150 gram unsalted butter

1 butir telur

1 sdm susu cair

65 gram gula halus

1/2 sdt garam

1/2 sdt vanili

1 sdm custard powder

300 gram tepung terigu protein sedang ~> (tambahkan 50 gram lagi jika adonan masih belum bisa dibentuk)



Cara membuat kulit :

Campur semua bahan kulit dalam sebuah baskom, aduk rata menggunakan sendok kayu. 

Istirahatkan adonan selama 1/2 jam dalam lemari es sebelum dicetak.



Bahan Filling :

1000 ml susu cair ~> (boleh dicampur dengan whipping cream dengan perbandingan 50 : 50)

125 gram gula pasir

1 sdm butter cair

7 butir telur

1 sdm custard powder



Cara membuat filling :

Campur semua bahan dan aduk rata lalu disaring. 

Masak sebentar dengan api kecil hingga agak mengental.



Penyelesaian :

Cetak dan bentuk kulit dalam cetakan pie.

Isi dengan filling.

Panggang dalam oven dengan temperatur 160 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit.

Angkat, lepaskan dari cetakan dan dinginkan sebelum dihidangkan.






Dan Taraaaaaaaa.....!!!

Jadi sih jadi Egg Taart nya. Cuma ada satu tahap yang seharusnya kulit Egg Taart setelah dicetak dalam cetakan pie langsung dituang filling kemudian dipanggang, eh justru bahan kulit saya panggang duluan dan setelah kulit matang baru saya kasih filling trus kemudian dipanggang lagi. Sungguh gak praktis sama sekali kan.... Hasil akhir filling Egg Taart buatan saya juga jadi gak cantik dan tenggelam gitu deh.

Kalo boleh saya analogikan kejadian ini seperti halnya saya sedang belajar naik sepeda tapi saya udah sok pake lepas tangan segala di jalan yang menurun. Padahal yah, patuh ngeliat resep aja kue buatan saya kadang jadi kadang enggak... *ngumpet*


You Might Also Like

0 comments