,

Donat Kentang

9:55 AM




Lagi kepengen banget bikin donat nih!. Rasanya kok lamaaa banget gak pernah bikin. Kalo dinget inget, terakhir kali bikin ya waktu anak anak masih pada kecil. Waduh kemana aja saya ya? sampe sampe, anak anak saya baru sekali doang makan donat bikinan bundanya. 


Nah, kebetulan masih punya 4 buah kentang sisa bikin isian risoles, jadi saya kepengen bikin donat kentang aja aaahh.... dari pada kentangnya lama gak kepake trus busuk dan dibuang. Dan kebetulan pula, begitu kentang dikukus lalu saya timbang, eh pas banget beratnya 500 gram sesuai dengan berat kentang yang dibutuhin untuk bikin donat. Wih, semesta mendukung nih! jadi deh bikin donat.





Ada beberapa trik yang perlu diperhatiin agar donat yang anda buat berhasil, yaitu dengan tidak mencampur ragi bersama garam atau pun margarin atau mentega karena mengakibatkan ragi akan  mati dan adonan tidak mau mengembang. Jadi selalu masukkan garam dan mentega setelah adonan setengah kalis.

Kentang halus dimasukan ketika benar benar telah dingin agar ragi tidak mati dan tak berfungsi terkena panas.

Dan yang paling penting nih... gunakan ragi yang masih benar benar bagus. 
Jangan lupa yah!




DONAT KENTANG
Source : catatan-nina.blogspot.com


Bahan :

500 gram kentang, kukus dan lumatkan.
500 gram tepung terigu
175 gram gula pasir
  11 gram ragi instan
    2 butir telur, kocok lepas
125 gram margarin
1/2 sdt garam



Cara membuat :

- Dalam satu wadah campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata.

- Tambahkan telur dan kentang kukus. Aduk hingga rata dan uleni hingga kalis.

- Masukkan margarin dan garam. Teruskan mengulei hingga kalis dan elastis. Jika terasa adonan terlalu lengket, tabur tangan dengan terigu secukupnya. Jangan terlalu banyak.

- Diamkan adonan selama kurang lebih 30 s.d 45 menit dengan ditutupi lap bersih atau plastic wrapping hingga adonan mengembang 2 kali lipat dari adonan semula.

- Setelah mengembang sempurna, kempiskan adonan dan bagi adonan menjadi bulatan bulatan. Diamkan lagi selama kurang lebih 10 menit.

- Panaskan minyak goreng, lalu lubangi bagian tengah adonan dan goreng dengan api sedang sambil diputar putar bagian tengah lubang menggunakan sumpit. Goreng hingga matang dan berwarna cokelat keemasan.

- Angkat dan tiriskan. Beri taburan gula halus ketika akan disajikan.








Satu resep yang saya buat ini menghasilkan kurang lebih 25 atau 30 buah donat gitu deh...hehehe abis gak ngitung sih... yang penting ukurannya tidak terlalu besar.


Hasilnya enak banget. Aroma kentangnya terasa. Meski cuma ditaburi gula bubuk, donat nikmat banget disantap pas masih hangat. Sambil ngegoreng aja saya habis 4 buah. *elap mulut belepotan gula bubuk*

Donat juga terasa empuk banget. Beneran deh! Bahkan hingga esok harinya ketika saya makan donat yang tersisa, masih empuk dan gak keras sama sekali.

Trus dapat donat segitu banyak, bikin anak anak seneng dan puas makan donat dong? Hehe... gak juga sih, sebab anak anak udah pada kembali ke sekolahnya setelah sempat pulang ke rumah 4 hari karena sakit. Donat yang segitu banyak saya bagi bagi aja ke tetangga dan ke montir yang kebeneran dateng ke rumah ngerjain mobil. Saya cuma nyisain 6 buah aja buat saya dan pak suami yang komposisinya dua dimakan pak suami dan saya sisanya.


Akhir kata, saya sungguh bahagia. Bukan, bukan cuma bahagia bisa bikin donat yang empuk menul menul... tapi juga bahagia karena akhirnya bisa moto pake efek gelap gelapan gitu kaya fotonya photografer profesyenel gitu...



You Might Also Like

4 comments

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. Ini sama sekali ga pake air ya mba?

    ReplyDelete