, ,

Apple Pie

2:32 PM



Hiruk pikuk kehidupan yang menyita waktu saya membuat blog ini terbengkalai hingga beberapa waktu. Mencoba resep baru, mengabadikan hasilnya dalam sebuah foto dengan komposisi yang baik agar terlihat indah dan menarik --meski hingga kini saya tak kunjung bisa menghasilkan karya foto yang artistik :( -- dan kemudian menuangkannya dalam sebuah tulisan di blog, kini terasa makin butuh perjuangan untuk mewujudkannya. Hal ini dikarenakan banyak waktu tercurah untuk melakukan kegiatan yang kini menjadi salah satu hobi yang sedang saya tekuni dan alhamdulillah sedikit sedikit mulai menghasilkan yaitu menjahit. Barakallah.


Namun begitu, hobi memasak yang lebih dulu ada tak lantas surut begitu saja. Di sela kesibukan menjahit dua belas sprei pesanan, saya masih menyempatkan diri libur menjahit seharian segaja untuk membuat sajian spesial ini. Apple Pie.




Dulu, saya sudah pernah posting resep Apple Pie di blog ini. Tapi untuk Apple Pie kali ini saya menggunakan resep yang berbeda dengan resep sebelumnya. Saya menggunakan resep Apple Pie nya mbak Ricke-OrdinaryKitchen. Filling apelnya lebih enak yang ini menurut saya. Asam manis seger gimana gitu. Makanya disarankan untuk menggunakan buah apel yang bercita rasa asam seperti apel Granny Smith si apel import itu. Namun karena gak tahan sama harganya yang kurang bersahabat, maka saya menggunakan apel lokal yang punya rasa masam manis yang sama seperti si hijau Granny Smith yaitu apel Malang. 

Rasa asam segar pada filling didapat dari penambahan air perasan jeruk lemon dan sudah barang tentu, rasa asam dari buah apel itu sendiri. Tak hanya itu, kehadiran kismis menyumbang rasa asam dan manisnya hingga terasa makin kuat. Sementara itu penggunaan gula merah, butter dan bubuk kayu manis pada filling juga membuat rasa isian Pie Apel ini kaya akan perpaduan tradisional sekaligus mewah, maka jangan pernah meng-skip penggunaan kayu manis dalam tiap resep Apple Pie anda, percayalah.





Di negara Amerika, Belanda dan Perancis, masing masing punya resep Pie Apel versi sendiri sendiri. Nah yang saya buat ini versi Amerikanya, sementara di Belanda Apple pie biasanya dibuat dengan menambahkan scumble pada bagian atas untuk menutupi filling, sedangkan Apple Pie yang memakai dua lapisan isi yaitu filling dan irisan apel yang disusun melingkar menutupi filling, banyak ditemui di negara Perancis.

Dari bentuk, Apple Pie juga bermacam macam. Ada yang dibuat dalam loyang pie ukuran besar dan ada juga memakai loyang pie ukuran mini. Tak jarang ada juga yang menggunakan kulit puff pastry yang dibentuk setengah lingakaran, persegi atau segitiga dengan isi filling di dalamnya. Lain waktu saya mau coba ah Apple Pie yang menggunakan puff pastry ini, mengingat saya masih punya stok dua kotak puff pastry di freezer.

Cukup informasi mengenai Apple Pie nya, yuk cap cus langsung aja dilihat resepnya;





Apple Pie
By. Ricke Ordinary Kitchen


Bahan Pie Crust :

500 gram terigu
300 gram margarine/butter, dingin
3 kuning telur
2 sdm gula halus
1/2 sdt garam
1 sdt vanili


Bahan Isi :

6 buah apel malang
1 sdm air jeruk lemon
100 gram gula pasir
2 sdm gula air/gula merah
1/4 sdt garam
2 sdt kayu manis bubuk
2 sdm maizena
50 gram kismis


Olesan :

2 kuning telur
1 sdt minyak goreng



Cara :

- Kupas apel, buang biji dan potong potong dadu kecil. Tempatkan ke dalam wadah. Beri air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan gula aren/gula merah, garam dan kayu manis, aduk rata. Masukkan maizena, aduk rata kembali. Masak di atas kompor sambil diaduk aduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Panas panas masukkan mentega, aduk hingga mentega meleleh. Terakhir masukkan kismis, aduk rata kembali dan dinginkan.

- Campur bahan kulit. Margarin/mentega, kuning telur, gula halus, garam dan vanila. Aduk rata. Masukkan terigu, aduk menggunakan pisau pastry/2 buah garpu/2 buah pisau hingga adonan berbulir bulir dan tercampur rata. Satukan dan padatkan adonan kemudian bulatkan. Bungkus dengan plastik wrapping dan simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 30 menit hingga 1 jam.

- Oles cetakan pie dengan margarin tipis tipis. Ambil adonan secukupnya dan cetak dalam cetakan pie sambil ditekan tekan.

- Isi kulit dengan apel filling.

- Gilas tipis sisa adonan untuk anyaman dan bentuk anyaman di atas adonan pie yang sudah diisi filling tadi. Olesi kuning telur permukaannya.

- Panggang dalam oven suhu 170 - 180 derajat Celsius selama 30 s.d 50 menit hingga permukaaannya kuning kecoklatan dan matang.

- Angkat pie dan diamkan 15 menit dalam cetakan hingga agak hangat kemudian keluarkan dari cetakan dan dinginkan.







Demikianlah Apple Pie yang resepnya recommended untuk dicoba ini hadir kehadapan anda. Jika ditanya mana yang lebih saya suka diantara memasak dan menjahit? Please, jangan pernah meminta saya untuk memilih diantara keduanya. Untuk saat ini saya cinta dua duanya. Mending mari kita menyanyi saja, “Jangan pernah memilih, aku bukan pilihan....” *gitaran ala Iwan Fals


You Might Also Like

0 comments