,

Egg Roll

2:50 PM




Sebenernya udah lama banget lihat resep Egg Roll ini di beberapa blog yang saya sambangi, tapi baru kesampean bikinnya sekarang. Bukan, bukan perkara males, tapi karena saya memang gak punya cetakannya. Pernah sesekali nyari di pasar tradisional, tapi kata ibu yang punya toko, cetakan kue semprong, demikian cetakan yang saya cari ini lebih dikenal, jarang jarang tersedia di tokonya. Apalagi alasannya kalo bukan karena tak banyak orang yang beli. Akhirnya, saya harus memendam dalam dalam keinginan untuk bisa membuat Egg Roll ini entah sampai kapan.

Nah, bermula sejak kedatangan mbak Titi, suami dan anak anaknya, ke rumah saya dalam rangka silaturahmi lebaran kemarin, Mbak Titi cerita kalo dia berhasil mencoba bikin Egg Roll sebagai suguhan kue lebaran. Fyi nih, mbak Titi ini tetangga saya waktu kami masih sama sama ngontrak di Kebun jeruk dulu. "Ih, keren banget!" kata saya waktu itu, padahal sih dalam batin saya mendadak iri. Gimana gak, saya yang udah lama mengimpi impikan bisa membuat Egg Roll eh, bisa kalah start dari mbak Titi. Trus saya tanya beli dimana cetakannya? Kata mbak Titi dibeliin suaminya di pasar Kebayoran Lama. Wuaah... jadi pengen minta dibeliin juga, ngg...nitip maksudnya, mbak Titi.

Beberapa minggu setelah itu, lewat bb message saya iseng iseng beraniin diri untuk nyoba minjem cetakan kue semprong ke Mbak Titi. Ada dua kabar baik, kabar baik pertama Mbak Titi dengan senang hati mau minjamin cetakan kue semprongnya ke saya. Kabar baik kedua, Mbak Titi juga yang mau nganterin langsung ke rumah saya. HOREEE....! nikmat mana lagi yang harus saya dustakan kalo sudah begini. Ntar kalo udah selesai pakenya saya telepon mbak Titi lagi ah, suruh ambil ke rumah. *dijawil pembaca*

Gak menunggu lama, saya pun mulai eksekusi resep Egg Roll yang lama telah saya bookmarked setelah cetakan kue semprong sampai di tangan.

Berikut resepnya...  




Egg Roll
Source : NCC


Bahan A :

4 btr telur
150 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier 

Bahan B :

150 gr tepung terigu
2 sdm tepung sagu
1 sdt baking powder
1 sdm susu bubuk

Bahan C :

100 gr margarine, lelehkan.


Cara Membuat:

- Kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B aduk rata, lalu tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.

- Panaskan cetakan Egg Roll, tuang 1 sdm adonan dibagian tengah, segera tutup cetakan dan biarkan kurang lebih 5 menit hingga adonan matang.

- Buka cetakan, lalu gulung cake dengan bantuan sumpit.

- Angkat biarkan dingin, lepaskan dari sumpit. 

- Lakukan hingga adonan habis.

- Kemas dalam toples rapat.




Bahan bahannya mudah, simpel banget pokoknya. Cuma butuh telur, gula, susu bubuk dan mentega. Mengolah adonannya juga gak butuh waktu lama. Cuma butuh dikocok sebentar, adonan sudah mengembang dan kental. Cobaan baru datang ketika saya sampai pada tahan memasaknya menggunakan cetakan di atas kompor. Ternyata gak semudah membalikan telapak tangan. ~>tangannya tangan gajah.

Begitu adonan saya tuang di tengah tengah cetakan lalu dijepit, eh itu adonan langsung keluar dari samping kiri kanan dan atas bawah cetakan. Sekalinya berhasil gak bleber kemana mana, etapi adonannya hangus karena kelamaan diangkat. Belom lagi masalah adonan yang lengket di salah satu sisi cetakan hingga harus saya olesi minyak goreng lagi permukaan loyang yang lengket.




Setelah mengalami trial and error dalam percobaan pertama, akhirnya saya jadi ngerti sekarang bagaimana triknya mencetak adonan dengan kue semprong. Istilah Practice makes perfect itu bener banget loh... Ini buktinya, Egg Roll percobaan saya yang kedua. Hasilnya ya, lumayan laaahh... dari pada beli di supermarket yang dijual dalam kemasan kaleng dengan harganya kian melangit tapi isinya sedikit itu.

Tapi sekarang saya justru kecewa sama hasil foto yang saya ambil. Entah karena kurang pencahayaan karena gambar saya ambil malam malam begitu Egg Roll matang, atauuu... karena kamera yang saya pakai adalah kamera saku baru pemberian temannya Pap sebab kamera yang biasa saya pakai mendadak habis baterai bagitu mau saya pake. Jadi niat pengen bikin Egg Roll lagi kapan kapan trus difoto yang cantik. Ah, nampaknya penasaran saya pada Egg Roll akan terus berlanjut deh, tapi sebelum itu, yang pasti saya harus berburu cetakan kue seprong lebih dulu kalo gitu.

You Might Also Like

0 comments