, , ,

Tuna Melt Pizza [Homemade]

4:29 PM




Barangkali gak cuma saya, sebagian dari anda juga pasti bakal mengiyakan jika saya bilang, pizza is one of family favourite!  ....especially my teenager girls. :)) apalagi kota saya hingga kini masih rajin diguyur hujan deras, hingga membuat Adel dan Aya yang kebeneran sedang ada di rumah, merengek minta kudapan. Eh, pas banget juga, beberapa minggu yang lalu saya baru liat foto seloyang pizza homemade yang diupload seorang teman yang otomatis bikin saya terbakar iri. Ya sudah, saya putuskan untuk membuatkan Adel dan Aya seloyang pizza untuk mereka.

Sebenarnya proyek membuat pizza kali ini bukanlah yang pertama kali untuk saya, beberapa kali saya sudah pernah mencobanya. Tapii... biasanya saya selalu menggunakan roti pizza siap pakai yang dijual di supermarket. Jadi saya gak usah repot-repot menguleni adonan roti, hanya tinggal menyiapkan toppingnya saja, olesi diatas roti, taburi keju mozzarella, lalu panggang, jadi deeeh!




Namun jujur, menggunakan roti pizza siap pakai, kelezatannya tidak bisa menggantikan roti pizza yang sesungguhnya yang diadon dan diuleni hingga kalis dan elastis meski selezat apapun topping yang anda pakai. Dan sebaliknya, jika adonan roti pizzanya sudah lezat, maka topping apapun yang ada gunakan, saya bisa pastikan jika tak ada satu pun anggota keluarga yang bakal menolak potongan kedua pizza buatan anda. 

Gak percaya? Yuk, mari mencobanya dan berikut resepnya yang saya ambil dari berbagai sumber serta sedikit modifikasi saya.




Tuna Melt Pizza [Homemade]


Bahan Pizza Crust :

300 gram terigu protein tinggi ~> saya pakai merk cakra kembar
1 sdt ragi instan, fermipan misalnya ~> saya pake ragi merk saf-instant
20 gram gula pasir
165 ml air es
15 gram susu bubuk ~> boleh diskip, dan penggunaan air es dalam resep diganti dengan susu cair dingin dengan ukuran yang sama.
35 gram mentega putih
1 sdt garam


Bahan Saus Tomat :

2 buah tomat ukuran sedang, rebus, kupas kulitnya dan blender hingga halus. ~> saya langsung menghaluskan tomat dalam kondisi segar tanpa direbus dan tanpa dikupas kulitnya.
4 sdm saus tomat atau pasta tomat
1 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
3/4 sdt garam ~> saya menggantinya dengan 1 cube maggie rasa sapi.
1 sdt gula pasir
1 sdt oregano
1/2 sdt basil ~> saya skip karena gak punya.
1 sdm minyak sayur


Bahan Topping Tuna Mayonaise :

1 kaleng daging tuna kalengan ~> saya pake daging tuna in soyabean oil merk bottan.
100 gran mayonaise


Bahan Pelengkap :

Jagung manis segar, dipipil.
1/2 buah bawang bombay, diiris bulat
1/2 buah paprika merah, iris sesuai selera
150 gran keju mozzarella, parut kasar
Keju cheddar secukupnya untuk pinggiran pizza.

----





Cara membuat Saus Tomat :

- Tumis bawang putih cincang hingga harum lalu masukkan bawang bombay cincang dan tumis hingga layu.
- Masukkan tomat yang sudah dihaluskan, masak hingga mendidih. Masukkan saus tomat, garam, gula pasir. Masak hingga mengental dan air menyusut.
- Masukkan oregano dan basil, aduk rata lalu angkat dan dinginkan.


Cara membuat Topping Tuna Mayonaise :

- Campur daging tuna kalengan dengan mayonaise dalam wajan kemudian panaskan sebentar sambil diaduk-aduk hingga rata. Usahakan mengaduknya perlahan agar potongan daging tuna tidak hancur semua.


Cara membuat Pizza Crust :

- Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan susu bubuk dalam baskom lalu tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

- Masukkan mentega dan garam, uleni kembali hingga elastis. Setelah elastis, bulatkan adonan, letakan dalam baskom dan tutup baskom dengan plastik wrap atau serbet lembab dan diamkan selama 1 jam hingga mengembang. 

- Setelah 1 jam, kempiskan adonan. Pipihkan adonan dalam loyang menggunakan tangan. Tarik-tarik adonan perlahan hingga memenuhi seluruh permukaan loyang. Beri keju cheddar di sekeliling pinggiran adonan kemudian tutup potongan keju dengan adonan dengan cara ditarik kemudian dilipat hingga keju berada di dalam dan tertutup adonan. Lakukan pada seluruh pinggiran adonan hingga selesai. Diamkan kembali 10 menit.




Penyelesaian :

- Setelah adonan diistirahatkan selama 10 menit, olesi permukaan adonan dengan saus tomat hingga rata. Oleskan kembali di atasnya dengan tuna mayonaise. Beri jagung pipilan, paprika dan irisan bawang bombay di atasnya. Terakhir taburi keju mozzarella.

- Panggang pizza dalam oven dengan suhu 200'C selama 15 s.d 20 menit hingga matang. Angkat, sajikan hangat dengan saus botolan. 







Memang agak sedikit merepotkan dan butuh sedikit kesabaran dalam proses pembuatannya, namun segala kerepotan itu seketika terbayar sudah saat melihat semua anggota keluarga lahap menyantapnya. Makanya, urungkan niat anda untuk mendial nomor pizza delivery order, gulung lengan baju dan mulailah membuatnya sendiri. Selain rasanya gak kalah lezat, dan sungguh! memberikan anda kepuasan yang tak bisa tergantikan oleh pizza delivery se-top apapun. Just try and enjoy!   





You Might Also Like

0 comments