,

pancake

10:48 AM



Minggu pagi, saya agak bingung mau bikin apa buat sarapan. Begitu saya liat di lemari persediaan, ternyata saya bener2 gak punya bahan yang bisa saya masak buat dijadiin sesuatu, mengingat dua minggu ini saya gak pernah belanja. Tapi tiba2 Aliya ngasih ide. "Buat pancake aja, Nda". Aha! Iya, ya... kenapa gak bikin pancake aja. Saya pun mulai ngacak2 lemari. Dan ternyata bahan2 untuk membuat pancake tersedia. Pasti kalian terus berujar, "katanya udah dua minggu gak belanjaaaaa..." gitu kan? Nah, itu diaaa...! Saking mudah untuk membuat hidangan ini, hingga bahan2nya pun mudah di beli di warung dekat rumah. Malahan nih, saya aja pake 1 butir telur terakhir yang tersisa di lemari es saya. :)


Hah, masih gak percaya? Baiklah, kita liat aja langsung bahan2nya sekalian cara bikinnya, oke? Saking gampangnya bahkan para pria pun dengan mudah bisa bikin pancake ini. Eh, gak percaya lagi? Coba deh tanya sama Bara Patirajawane atau Edwin Lau... kalo gak sama itu tuh... Chef Juna Rorimpandey. Tuh kaaaann... mereka aja pada ngangguk setuju. :))


Ini dia bahannya...





Bahan :
125 gram / 1 cup tepung terigu.
1 sdt baking powder
1 butir telur.
240 ml / 1 cup susu cair.
2 sdt gula pasir.
1 sdm minyak (saya pake olive oil)
sedikit garam.


 Cara membuatnya :


1. Campur hingga rata tepung terigu, baking powder dan garam. Biarkan.





2. Pisahkan kuning dan putih telur. Lalu campur kuning telur dengan gula dan susu cair. Kocok sebentar hingga tercampur dan tambahkan minyak.



3. Masukan terigu sedikit demi sedikit ke dalam campuran kuning telur (point2) dan kocok perlahan hingga merata dan tak ada tepung yang menggumpal.

4. Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku (lebih cepat pakai mixer).


5. Campur putih telur ke dalam adonan dan aduk hingga merata.






____adonan siap di masak____

6. Panaskan pan teflon anti lengket dengan api kecil. Setelah cukup panas, tuang 1 sendok sayur adonan hingga membentuk bulatan sempurna.














Lakukan hingga semua adonan habis.








Penyajiannya tinggal pilih sesuai selera. Jika suka menyantapnya pada saat hangat, olesan mentega butter kemudian menyiramkan madu di atas pancake, bisa saya rekomendasiin. Dan yang seneng menyantap nya dingin, nih... saya siapin buat kalian.



____nah, kebeneran punya sisa es krim di kulkas____



Tambahkan satu scop es krim di atas dua tangkup pancake lalu tambahkan selai stawberry di atasnya.


Jadi deehh........




Masak beginian bikin perut saya tambah laper. Saya cobain dulu yah.....







Wuaaahh..... bagaimana rasanya gak bisa saya jelas kan dengan kata2 deh. Pokoknya cuma satu saran buat kalian, you must try this at home!





____alhamdulillah...____


You Might Also Like

2 comments

  1. hai bunda..salam kenal.. saya mau tanya.. biasanya sy bikin pancake ga pernah ngembang.. pdhl sudah saya diamkan adonannya. ternyata perbedaan step dg punya bunda adalah memisahkan kuning dan putih telurnya, putihnya harus dimixer dulu ya.. apa itu yg bikin pancake saya ga bisa endut yaaa... trmksh

    ReplyDelete
  2. Saya gak tau pasti apa yang menyebabkan pancake buatan mbak Rina gak mau mengembang karena saya tidak tau pasti komposisi bahan dan cara membuatnya.

    Memisahkan antara kuning dengan putih telur dan mengocok putih telur hingga mengembang sebelum dicampurkan ke adonan pancake memang adalah salah satu cara untuk membuat hasil akhir pancake mengembang ketika dimasak. Tapi hal tersebut bukan satu satunya cara untuk mendapatkan pancake yang empuk dan mengembang.

    Beberapa waktu lalu saya baru mencoba membuat pancake dengan kuning dan putih telur tidak perlu dipisah dan putih telur juga tidak perlu dikocok kaku. Hasilnya, pancake empuk dan mengembang juga kok.

    Jadi saran saya kalo mbak Rina mau coba lagi bikin pancake yang empuk menul menul, mbak bisa coba resep buttermilk pancake yang ini http://dapur48.blogspot.com/2015/02/buttermilk-pancakes.html

    Semoga penjelasan ini membantu ya... dan salam kenal juga dari saya... *ngomong sambil tutup mulut pake sapu tangan*

    ReplyDelete