Churros

1:46 PM



Kali ini saya pengen posting Churros. Dan bagi anda yang belum tau apa itu Churros, mari saya jelaskan sedikit. Churros adalah makanan ringan yang sangat terkenal di Spanyol yang terbuat dari adonan dasar choux dan dimasak dengan cara digoreng dalam minyak banyak. Choux sendiri adalah merupakan adonan dasar untuk membuat kue sus yang terdiri dari mentega, air, tepung terigu dan telur.

Di negaranya sendiri, Churros biasanya disantap sebagai sarapan pagi dengan cara mencelupkan sepotong Churros pada minuman coklat panas sebelum dikonsumsi. Yah beda-beda tipislah sama kebiasaan orang-orang tua jaman dulu yang kerap mencelupkan sekeping biskuit ke dalam secangkir teh atau pun susu panas sebelum memakannya. Ah, atau jangan-jangan anda masih sering melakukan kebiasaan tersebut? :)

Untuk membuat Churros sangat mudah, saking mudahnya, saya saja membuatnya dalam kondisi kurang fit saat itu. Ceritanya, di bulan Maret yang lalu saya terkena campak untuk yang kesekian kali. Iya, kesekian kalinya :(. Saya sendiri heran kenapa saya bisa terjangkit penyakit ini lagi, padahal kalo saya ingat ingat, saya sudah pernah mengalaminya saat kanak-kanak dulu, selain itu, belum lama berselang, tepatnya di bulan September tahun lalu, saya juga baru saja terinveksi virus murbella ini. Saya masih ingat sekali bagaimana rasa gatal di sekujur badan yang timbul seiring munculnya bintik-bintik kemerahan di kulit. Duh! saat itu saya sampe kesel karena rasa gatalnya gak hilang hilang meskipun saya sudah menggaruknya dengan berbagai cara. 

Oia ada satu lagi yang bikin kesel, karena campak, saya jadi harus total istirahat di rumah selama seminggu penuh. Dan itu artinya saya harus berdiam diri di rumah sendirian dan baru punya temen ngobrol [baca: pap pulang kerja] menjelang jam 10/11 malam setiap hari. Bukan disegaja juga sih, karena gara-gara takut ketularan campak saya, tapi emang waktu itu bertepatan aktifitas kerja Pap sedang tinggi-tingginya dan besoknya harus berangkat kerja pagi-pagi sekali. Uh! jadi jangan harap deh saya bisa ngusel ngusel manja sambil minta dielus-elus punggungnya sama suami.

Dari pada bete sendiri, akhirnya saya coba menyibukan diri aja. Bukannya kenapa kenapa, badan rasanya pada pegel semua karena berhari-hari kerjaan saya cuma tidur, nonton tivi, baca buku dan internetan. Nah, makanya... begitu liat resep Churros yang nampaknya mudah ini, lantas saya pun mencobanya.

Well, pasti anda sudah bosan mendengar cerita saya, sekarang mari kita lihat bahan dan proses pembuatannya aja ya...




Churros
By : Ricke Indriani


Bahan-bahan :

Churros :
250 ml air
50 gram butter/margarine
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang, ayak
1/4 sdt vanila
1 butir telur ukuran besar atau 2 butir ukuran kecil, kocok lepas
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros.


Chocolate Dipping Sauce :

150 gram dark cooking chocolate, potong-potong
250 ml whipped cream
1 sdm butter



Cara membuat :

Churros :
- Masak air, butter/margarine, gula dan garam hingga mendidih dan butter meleleh. Matikan api. Masukkan terigu dan vanila, aduk cepat. Nyalakan kembali api, aduk-aduk kembali hingga adonan licin dan kalis dan tidak menempel di panci. Matikan api dan biarkan hingga agak hangat.

- Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu.

- Masukkan adonan ke dalam plastik piping bag/plastik segitiga, gunting ujung plastiknya lalu beri spuit bintang. Pilih spuit bintang dengan ukuran besar agar adonan nantinya tidak terlalu sulit untuk dicetak.


Sebenarnya sampai pada tahap ini adonan sudah bisa digoreng dengan cara dispuitkan langsung ke dalam minyak panas, namun karena adonan Churros yang lunak, sehingga dengan cara ini membuat bentuk Churros jadi gak beraturan. Biar bentuknya bagus, saya menspuitkan adonan Churros pada loyang yang telah ditaburi sedikit terigu kemudian membekukannya sebentar dalam freezer. Setelah membeku, lepaskan Churros yg telah dibentuk lalu goreng segera dalam minyak panas. Selain Churros bisa tetap mempertahankan bentuk, dengan cara ini anda juga bisa mencetak adonan Churros dengan bentuk hati ataupun bentuk yang lain. 




- Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Spuitkan adonan dengan panjang ±10 cm. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan.




Chocolate Dipping Sauce : 
- Panaskan whipped cream dengan api kecil, cukup hingga berbuih-buih kecil pada pinggiran panci. Matikan api.
- Masukkan potongan coklat dan butter, aduk-aduk hingga mencair.





Churros hangat siap disantap dengan taburan gula halus dan campuran kayu manis bubuk. Ada juga yang menyantapnya dengan chocolate dipping sauce seperti yang saya buat ini, namun jika ingin lebih praktis, anda bisa mengucurinya dengan susu kental manis coklat. Hmm... yummy!. Oia, Churros beku juga bisa disimpan dalam freezer kok!. Anda tinggal menggorengnya saat butuh kudapan untuk keluarga. Praktis bukan? :)

You Might Also Like

1 comments

  1. Saya pernah beli churros tp bau amis telur, bun..
    Jadi kapok beli churros lagi.hehee
    Coba cari2 resep bwt nikin sendiri

    ReplyDelete